APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN BENUA DAN SAMUDRA PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

research
  • 01 Sep
  • 2020

APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN BENUA DAN SAMUDRA PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

 

 

Ahmad Abdul Majid (12150033), Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Benua dan Samudra padaSekolah Menengah Pertama

 

 

Proses kegiatan belajar mengajar di sekolah memerlukan media pembelajaran yang tepat agar dapat menunjang pemahaman konsep sehingga tercapai tujuan pembelajaran. Kegiatan belajar dan mengajar di sekolah masih memiliki banyak kekurangan salah satunya yaitu penggunaan media buku cetak yang kurang menarik perhatian siswa. Aplikasi berbasis Android Studio dan Algoritma Linier sebagai media pembelajaran pada konsep Benua dan Samudra dapat membantu pemahaman konsep tentangg Benua dan Samudra yang sulit dibayangkan siswa. Android adalah sistem operasi untuk smartphone selular berbasis linux sebagai kernelnya. Algoritme Linier atau sering disebut dengan sequential search adalah algoritma pencarian yang sangat sederhana. Dalam jenis pencarian ini, pencarian sekuensial  dibuat berdasarkan semua item satu per satu.

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

xii


 

 

Ahmad Abdul Majid (12150033), Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Benua dan Samudra padaSekolah Menengah Pertama

 

 

The process of teaching and learning activities in schools requires appropriate learning media in order to support learning so as to achieve learning objectives. Teaching and learning activities in schools still have many shortcomings, one of which is the use of print media that does not attract students' attention. Android Studio based applications and Linear Algorithms as learning media on the concepts of Continents and Oceans can help understand the concepts of Continents and Oceans that are difficult for students to imagine. Android is an operating system for Linux-based smart phones as the kernel. Linear algorithm or often called sequential search is a very simple search algorithm. In this type of search, a sequential search is made based on all items one at a time.

 

 

Keywords: Learning Media, Smartphone, Android, Linear Algorithm.

 

 

 

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

Adam, S., Kom, S., Msi, M., Syastra, M. T., Kom, S., & Si, M. (2015). Steffi Adam, S.Kom., M.MSI. Dan Muhammad Taufik Syastra S.Kom., M.SI. 2015. 3(2), 78– 90.

Adhiwibowo, W., & Daru, A. F. (2017). Model Pengembangan Aplikasi Pembayaran Angsuran Pinjaman Online Menggunakan Php-Mysql Dengan Metode Object Oriented Programming. Jurnal Informatika Upgris, 3(2), 92–98. https://doi.org/10.26877/jiu.v3i2.1802

A. haris. (2015). Teknologi. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8, 25–30. https://doi.org/10.6027/9789289336048-6-da

Dimpo, S. (2019). APLIKASI ENKRIPSI DAN DEKRIPSI DENGAN METODE VIGENERE CIPHER BERBASIS ANDROID. 10(1), 115–132.

Fery, W. (2015). Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis. 12(1), 46–60.

Hariyadi, D., & Huda, A. A. (2015). Laron: Aplikasi Akuisisi Berbasis SNI 27037:2014 pada Ponsel Android. Indonesia Security Conference 2015, (September), 1–10. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.3819.9520

Ikhsan, J., & Yogyakarta, U. N. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA. (May 2016).

https://doi.org/10.21831/jipi.v2i1.10289

Juansyah, A. (2015). PEMBANGUNAN APLIKASI CHILD TRACKER BERBASIS ASSISTED   –   GLOBAL   POSITIONING   SYSTEM    A-GPS    DENGAN

PLATFORM ANDROID Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika ( KOMPUTA

).

Lubis, H., & Rianti, S. (2019). Pengembangan Sistem Informasi Rute Bus Transjakarta yang Terintegrasi Pada Google Maps Menggunakan Metode Rapid Application Development. 6(1), 112–133.

Maulana, G. G., Studi, P., & Mesin, T. (2017). PEMBELAJARAN DASAR ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN MENGGUNAKAN EL-GORITMA BERBASIS WEB. 06(2), 69–73.

Munawar. (2018). ANALISIS PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML.

Mustaqbal, M. S., Firdaus, R. F., & Rahmadi, H. (2015). Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis. Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus : Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN), I(3), 34.

Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran


Biologi Abstrak. 6(2301), 79–83.

Natsir, M., Laurin, M. S., & Rahman, H. (2015). Implementasi Prototype Sistem Kendali Kunci Pintu Dengan Smartphone Ansroid Berbasis Microcontroller AVR ATMEGA 328 dan Fuzzy Logic. Jurnal PROSISKO, 2(1).

Nicky, K. H. & S. P. S. (2016). Culture is a way of life that developed and shared by a group of people , and inherited from one technology as a competitive sector that can added value to the business processes that run . The development of information and communication technology make. 9(1), 9–18.

Pascapraharastyan, R. A., Supriyanto, A., & Sudarmaningtyas, P. (2014). Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Arsip Rumah Sakit Bedah Surabaya Berbasis Web. Sistem Informasi, 3(1), 72–77.

Ramadhani, D., & Lestari, I. (2018). PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LISTRIK MAGNET BERBASIS ANDROID DI PROGRAM STUDI. 7(1), 107– 117.

Yudhanto, Y., & Ardhi, W. (2019). Yuk Berbisnis dengan Laravel dan Android.