Ahmad Abdul Majid (12150033), Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan
Benua dan Samudra padaSekolah Menengah Pertama
Proses kegiatan belajar mengajar di sekolah memerlukan
media pembelajaran yang tepat agar dapat menunjang pemahaman konsep sehingga
tercapai tujuan pembelajaran. Kegiatan belajar dan mengajar di sekolah masih
memiliki banyak kekurangan salah satunya yaitu penggunaan media buku cetak yang
kurang menarik perhatian siswa. Aplikasi berbasis Android Studio dan Algoritma
Linier sebagai media pembelajaran pada konsep Benua dan Samudra dapat
membantu pemahaman konsep tentangg Benua dan Samudra yang sulit dibayangkan
siswa. Android adalah sistem operasi untuk smartphone
selular berbasis linux sebagai
kernelnya. Algoritme Linier atau
sering disebut dengan sequential search adalah
algoritma pencarian yang sangat sederhana. Dalam jenis pencarian ini, pencarian
sekuensial dibuat berdasarkan semua item
satu per satu.
xii
The process of teaching and
learning activities in schools requires appropriate learning media in order to
support learning so as to achieve learning objectives. Teaching and learning
activities in schools still have many shortcomings, one of which is the use of
print media that does not attract students' attention. Android Studio based
applications and Linear Algorithms as learning media on the concepts of
Continents and Oceans can help understand the concepts of Continents and Oceans
that are difficult for students to imagine. Android is an operating system for
Linux-based smart phones as the kernel. Linear algorithm or often called
sequential search is a very simple search algorithm. In this type of search, a
sequential search is made based on all items one at a time.
Adam,
S., Kom, S., Msi, M., Syastra, M. T., Kom, S., & Si, M. (2015). Steffi Adam, S.Kom., M.MSI. Dan Muhammad
Taufik Syastra S.Kom., M.SI. 2015. 3(2),
78– 90.
Adhiwibowo, W., & Daru, A. F. (2017). Model
Pengembangan Aplikasi Pembayaran Angsuran Pinjaman Online Menggunakan Php-Mysql
Dengan Metode Object Oriented Programming. Jurnal
Informatika Upgris, 3(2), 92–98.
https://doi.org/10.26877/jiu.v3i2.1802
A. haris.
(2015). Teknologi. Al-Tadzkiyyah: Jurnal
Pendidikan Islam, 8, 25–30.
https://doi.org/10.6027/9789289336048-6-da
Dimpo, S. (2019). APLIKASI
ENKRIPSI DAN DEKRIPSI DENGAN METODE VIGENERE CIPHER BERBASIS ANDROID. 10(1), 115–132.
Fery, W. (2015). Jurnal
Ilmiah Ekonomi dan Bisnis. 12(1),
46–60.
Hariyadi, D., & Huda, A. A. (2015). Laron: Aplikasi
Akuisisi Berbasis SNI 27037:2014 pada Ponsel Android. Indonesia Security Conference 2015, (September), 1–10.
https://doi.org/10.13140/RG.2.1.3819.9520
Ikhsan,
J., & Yogyakarta, U. N. (2017). PENGEMBANGAN
MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA. (May 2016).
https://doi.org/10.21831/jipi.v2i1.10289
Juansyah,
A. (2015). PEMBANGUNAN APLIKASI CHILD
TRACKER BERBASIS ASSISTED – GLOBAL
POSITIONING SYSTEM
(
A-GPS
)
DENGAN
PLATFORM
ANDROID Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika ( KOMPUTA
).
Lubis,
H., & Rianti, S. (2019). Pengembangan
Sistem Informasi Rute Bus Transjakarta yang Terintegrasi Pada Google Maps
Menggunakan Metode Rapid Application Development. 6(1), 112–133.
Maulana,
G. G., Studi, P., & Mesin, T. (2017). PEMBELAJARAN
DASAR ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN MENGGUNAKAN EL-GORITMA BERBASIS WEB. 06(2), 69–73.
Munawar. (2018). ANALISIS
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML.
Mustaqbal,
M. S., Firdaus, R. F., & Rahmadi, H. (2015). Pengujian Aplikasi Menggunakan
Black Box Testing Boundary Value Analysis. Pengujian
Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus :
Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN), I(3),
34.
Muyaroah,
S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan
Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS
6 pada Mata Pelajaran
Biologi Abstrak. 6(2301), 79–83.
Natsir, M., Laurin, M. S., & Rahman, H. (2015).
Implementasi Prototype Sistem Kendali Kunci Pintu Dengan Smartphone Ansroid
Berbasis Microcontroller AVR ATMEGA 328 dan Fuzzy Logic. Jurnal PROSISKO, 2(1).
Nicky,
K. H. & S. P. S. (2016). Culture is a
way of life that developed and shared by a group of people , and inherited from
one technology as a competitive sector that can added value to the business
processes that run . The development of information and communication
technology make. 9(1), 9–18.
Pascapraharastyan, R. A., Supriyanto,
A., & Sudarmaningtyas, P. (2014). Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen
Arsip Rumah Sakit Bedah Surabaya Berbasis Web. Sistem Informasi, 3(1),
72–77.
Ramadhani,
D., & Lestari, I. (2018). PERANCANGAN
MEDIA PEMBELAJARAN LISTRIK MAGNET BERBASIS ANDROID DI PROGRAM STUDI. 7(1), 107– 117.
Yudhanto, Y., & Ardhi, W. (2019). Yuk Berbisnis dengan Laravel dan Android.