ABSTRAK
Agus
Saifullah (12150015), Perancangan Sistem Informasi Layanan Perbaikan Mesin Electronic Data Capture.
Pada sebuah perusahaan khususnya dalam memberikan
pelayanan kepada toko pengguna mesin EDC
( Electronic Data Capture) perlu
adanya kecepatan pada penanganan setiap masalah yang sudah dilaporkan. EDC adalah sebuah mesin yang berfungsi sebagai
sarana penyedia transaksi dan alat pembayaran yang penggunaannya dengan cara
memasukkan atau menggesek kartu ATM, kartu debit maupun kartu kredit dalam
suatu bank maupun antar bank, serta dilengkapi dengan fasilitas pembayaran
lainnya yang terkoneksi secara realtime. Sehingga perlu adanya aplikasi
yang sistematis dalam penyelesaian masalah dilapangan. Semua penanganan
masalah, pencatatan laporan, serta perhitungan masalah yang masih dilakukan
secara manual. Untuk mengatasi masalah tersebut maka penelitian
dilakukan untuk merancang dan membuat suatu sistem informasi layanan pelaporan kerusakan yang
dinamis pada PT.Visionet Data Internasional
sehingga dapat mempermudah karyawan dalam melakukan pekerjaannya serta
dapat mengefesiensikan waktu pengerjaan. Perangkat lunak yang digunakan untuk
membuat program aplikasi ini diantaranya Xampp, Hypertext Prepocessor (PHP),
My Structure Query Language (MySQL), Macromedia Dreamweaver.
Dengan adanya aplikasi ini hasil yang ingin dicapai adalah untuk mempercepat setiap penanganan masalah dan
mempermudah karyawan dalam memberikan laporan sehingga dapat mengefesiensikan
waktu dalam proses pekerjaan juga membantu mencari dan mengetahui masalah yang
ada serta memberikan solusi alternative
terhadap permasalahan yang dihadapi.
ABSTRACT
Agus Saifullah (12150015), Design of
Information Systems Repair Services for Electronic Data Capture Machines.
In
a company, especially in providing services to store users of EDC machines
(Electronic Data Capture) there needs to be speed in handling any problems that
have been reported.. EDC is a machine that functions as a means of providing
transactions and payment instruments that use a way to insert or swipe an ATM
card, debit card or credit card at each bank or between banks, and is equipped
with payment facilities that are connected in realtime. A problem that needs an
application that is a problem in the field. All problem handling, report
recording, and problem calculation are still done manually. To overcome these
problems, research is conducted to overcome and create a service information
system about dynamic damage to PT.Visionet Data Internasional can facilitate
employees in doing their work and can streamline work time. Software used to
make this application program sought Xampp, Hypertext Prepocessor (PHP), My
Query Language (MySQL), Macromedia Dreamweaver. With this application the
results to be achieved is each time to correct a problem and facilitate the
company in providing reports that enable efficiency of time in the work process
also helps find and understand existing problems and provide alternative
solutions to the discussions needed.
Keywords: Design, Information Systems,
Services, EDC, MySQL
Skripsi_DAFTAR ISI.pdf
Skripsi_DAFTAR PUSTAKA.pdf
DAFTAR
PUSTAKA
Abraham Silberschatz, Henry F. Korth, S. S. (2011).
DATABASE SYSTEM CONCEPTS, SIXTH EDITION. In Disability and Rehabilitation
(Vol. 27). https://doi.org/10.1080/09638280500030605
Agus, P., & Safitri, Y. (2015). Pemanfaatan Sistem
Informasi Perpustakaan Digital Berbasis Website Untuk Para Penulis Agus
Prayitno 1) Yulia Safitri 2). Indonesian Journal on Software Engineering,
1(1), 1–10. Retrieved from
https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijse/article/viewFile/592/483
Amin, R. (2016). Sistem Informasi Helpdesk Berbasis
Web Pada Pt . Sisindokom Lintasbuana. 15–20. Retrieved from
https://konferensi.nusamandiri.ac.id/proceeding/index.php/KNIT/article/view/4
Cermati.com. (2019). Mesin EDC, Ini Cara Kerja dan
Tips Penggunaannya! Retrieved from www.cermati.com website:
https://www.cermati.com/artikel/mesin-edc-ini-cara-kerja-dan-tips-penggunaannya
Darmawan, D., & Senjaya, W. (2017). Sistem
Aplikasi Helpdesk Online Berbasis Web Pada Pt Xyz. Teknik Dan Ilmu Komputer,
07 No. 25(November 2017), 79–96.
https://doi.org/10.1523/JNEUROSCI.4432-12.2013
Ghofar Taufiq, Irmawati Carolina, Suhar Janti, R. K.
(2015). Rancang bangun aplikasi sistem informasi inventaris. 4(2),
171–176.
Gonius, N. (2013). Study Deskriptif Tentang
Customer Complaints Di Restoran Wok Noodles Di Galaxy Mall Surabaya. 2(1),
1–15. Retrieved from
https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&as_vis=1&q=Study+Deskriptip+Tentang+Customer+Complaints+Di+Restoran&btnG=
Irawan, A., & Setiyorini, N. K. (2017). Rancang
Bangun Aplikasi helpdesk Dengan Menggunakan Pendekatan Knowledge Management
System Pada Seksi Teknisi pt. Indah kiat pulp & paper tbk. Jurnal
ProTekInfo, 4.
Manopo, R. I., Wowor, H., & Lumenta, A. (2016).
Perancangan Aplikasi Help Desk Di UPT-TIK Unsrat. Teknik Informatika, 8(1).
Muhidin, R., Kharie, N. F., & Kubais, M. (2017).
Analisis dan Perancangan Sistem Informasi pada SMA Negeri 18 Halmahera Selatan
sebagai Media Promosi Berbasis Web. Indonesian Journal on Information System
(IJIS), 2(2), 56–68. Retrieved from
https://www.neliti.com/id/publications/260159/analisis-dan-perancangan-sistem-informasi-pada-sma-negeri-18-halmahera-selatan-s
nesabamedia.com.
(2019). Pengertian Apache Beserta Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Apache.
Retrieved from www.nesabamedia.com website:
https://www.nesabamedia.com/pengertian-apache/
![]() |
nesabamedia.com. (2019). Pengertian XAMPP Beserta
Fungsi dan Bagian-bagian Penting pada XAMPP. Retrieved from www.nesabamedia.com
website: https://www.nesabamedia.com/pengertian-xampp/
Nugroho, A., Safirman, M. R., Studi, P., &
Informatika, T. (2015). Perancangan sistem aplikasi rekam medik pada
puskesmas pakuan baru kota jambi. 10(1), 406–412. Retrieved from
http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/processor/article/view/93
Oloan, L. B., & Rosidin. (2017). Implementasi
Program Persediaan Barang pada CV . Ardho Teknik Bekasi. (2), 172–180.
Parastiti, D. E., Mukhlis, I., & Haryono, A.
(2015). Analisis Penggunaan Uang Elektronik Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi. Jurnal
Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 7(1), 75–82. Retrieved from
http://journal.um.ac.id/index.php/jesp/article/view/5319/1974
Rosa, A. ., & Shalahuddin, M. (2018). Rekayasa
Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.
sis.binus.ac.id. (2019). Macam-macam Framework Website
Yang Populer. Retrieved from http://sis.binus.ac.id website:
http://sis.binus.ac.id/2019/06/04/macam-macam-framework-website-yang-populer/
Siswanto, Zulita Leni, A., & Hari. (2012). SISTEM
INFORMASI KANTOR CAMAT RATU SAMBAN KOTA BENGKULU BERBASIS WEB. (2),
113–131. Retrieved from https://jurnal.unived.ac.id/index.php/jmi/article/view/84/78
Suhendar, A., & Sarifah, S. (2017). Healthcare
Facility Area Mapping (HEFAM) Sebagai Media Informasi Letak dan Fasilitas
Kesehatan. Prosiding Seminar Nasional Riset Terapan | SENASSET, 0(0),
42–46. Retrieved from
http://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/senasset/article/view/422/497
Syukron, A., & Hasanah, N. (2015). Perancangan
Sistem Informasi Rawat Jalan Berbasis Web Pada Puskesmas Winong. Jurnal
Bianglala Informatika, 3(1), 28–34. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/Bianglala/article/view/574
teknoowl.com. (2019). Pengertian dan Cara Menggunakan
Sublime Text. Retrieved from www.teknoowl.com website:
https://www.teknoowl.com/2019/03/pengertian-dan-cara-menggunakan-sublime.html
Verawati, L. (2018). Perangkat Lunak Helpdesk
Ticketing Berbasis Web Di Pt.Meprofarm Bandung. 11(2).