ABSTRAKSI
Irna Leni Rahmawati (11152816),
Penerapan Data Mining Untuk Mengetahui Pola Penjualan Vitamin Pada Ibu Hamil Dengan Algoritma Apriori.
PMB Bidan Sri Helmi Y.H merupakan sebuah tempat
kesehatan atau pengobatan yang khusus menangani pasien ibu dan anak yang
menjual berbagai merk vitamin untuk ibu hamil. Dengan pemeriksaan yang tepat,
maka dokter bisa membantu merekomendasikan vitamin kehamilan yang tepat untuk
Anda. Setiap penjualan atau vitamin yang
terjual dicatat secara manual. Akan tetapi pihak PMB Sri Helmi tidak mengetahui
pasangan merk vitamin yang sering terbeli secara bersamaan. Sehingga dibutuhkan
suatu metode untuk mempermudah menggali informasi dalam sebuah data penjualan
yaitu dengan algoritma apriori dan bantuan tool rapidminer. Dengan menggunakan
perhitungan algoritma apriori akan menghasilkan aturan asosiasi keterkaitan
yang kuat antar itemset pola penjualan vitamin sehingga bisa memberi
rekomendasi merk vitamin yang sering terjual secara bersamaan sehingga dapat
membantu pihak PMB Sri Helmi untuk menyedialan stok vitamin dan pola tersebut
bisa digunakan untuk mempermudah dalam penataan atau penempatan barang yang
kuat berkaitan saling ketergantungan.
Lembar Judul
Daftar Isi
Daftar Pustaka
Abstrak
DAFTAR
PUSTAKA
Adinugroho, S., & Sari, Y. A. (2018). Implementasi
Data Mining Menggunakan Weka.
Badrul, M. (2016). Algoritma Asosiasi Dengan Algoritma
Apriori Untuk Analisa Data Penjualan, (2), 121–129.
Husin, A. I., & Mulyaningsih, F. (2015). Penerapan Metode
Data Mining Analisis Terhadap Data Penjualan Pakaian Dengan Algoritma Apriori,
45–56.
Kusrini, & Luthfi, E. T. (2009). Algoritma Data Mining.
(T. A. Prabawati, Ed.). Yogyakarta.
Lestari, N. (2017). Penerapan Data Mining Algoritma Apriori
Dalam Sistem Informasi Penjualan, 2.
Muflikhah, L., Ratnawati, D. E., & Putri, R. R. M.
(2018). Data Mining. Malang.
Nafi’iyah, N., & Wardhani, R. (2017). Analisa Pola
Transaksi Penjualan Ikan di Tpi Brondong Lamongan, 9(2), 14–17.
Nofriansyah, D. (2014). Konsep Data Mining Sistem
Pendukung Keputusan. Yogyakarta.
Nofriansyah, D., & Nurcahyo, G. W. (2015). Algoritma
Data Mining Dan Pengujian. Yogyakarta.
Purnia, D. S., & Warnilah, A. I. (2017). Implementasi
Data Mining Pada Penjualan Kacamata Menggunakan Algoritma Apriori, 2(2),
31–39.
Rahmawati, F., & Merlina, N. (2018). Metode Data Mining
Terhadap Data Penjualan Sparepart Mesin Fotocopy Menggunakan Algoritma Apriori,
d(1), 9–20.
Santoso, H., Hariyadi, I. P., & Prayitno. (2016). Data
Mining Analisa Pola Pembelian Produk Dengan Menggunakan Metode Algoritma
Apriori, 6–7.
Sikumbang, E. D. (2018). Penerapan Data Mining Penjualan
Sepatu Menggunakan Metode Algoritma Apriori, 4(1), 156–161.
Silalahi, M. (2018). Analisis Clustering Menggunakan
Algoritma K-Means Terhadap Penjualan Produk Pada PT Bata Mas Niaga Jaya, 02,
20–35.
Siregar, A. M., & Puspabhuana, A. (2017). Data Mining
Pengolahan Data Menjadi Informasi Dengan Rapid Miner. Surakarta.
Ulvah. (2018). Implementasi Algoritma Apriori Aturan
Keterkaitan Data Untuk Analisa Keranjang Belanja Sistem Persediaan Obat Pada
Apotek Perdos Farma Makassar, 3.
Yanto, R., & Khoiriah, R. (2015). Implementasi Data
Mining dengan Metode Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Obat, Vol.
2, No(ISSN: 2354-5771), 102–113. https://doi.org/2354-5771