PENERAPAN DATA MINING UNTUK MENGETAHUI POLA PENJUALAN VITAMIN PADA IBU HAMIL DI PMB SRI HELMI DENGAN ALGORITMA APRIORI

research
  • 01 Sep
  • 2020

PENERAPAN DATA MINING UNTUK MENGETAHUI POLA PENJUALAN VITAMIN PADA IBU HAMIL DI PMB SRI HELMI DENGAN ALGORITMA APRIORI

ABSTRAKSI

Irna Leni Rahmawati (11152816), Penerapan Data Mining Untuk Mengetahui Pola Penjualan Vitamin  Pada Ibu Hamil Dengan Algoritma Apriori.

PMB Bidan Sri Helmi Y.H merupakan sebuah tempat kesehatan atau pengobatan yang khusus menangani pasien ibu dan anak yang menjual berbagai merk vitamin untuk ibu hamil. Dengan pemeriksaan yang tepat, maka dokter bisa membantu merekomendasikan vitamin kehamilan yang tepat untuk Anda.  Setiap penjualan atau vitamin yang terjual dicatat secara manual. Akan tetapi pihak PMB Sri Helmi tidak mengetahui pasangan merk vitamin yang sering terbeli secara bersamaan. Sehingga dibutuhkan suatu metode untuk mempermudah menggali informasi dalam sebuah data penjualan yaitu dengan algoritma apriori dan bantuan tool rapidminer. Dengan menggunakan perhitungan algoritma apriori akan menghasilkan aturan asosiasi keterkaitan yang kuat antar itemset pola penjualan vitamin sehingga bisa memberi rekomendasi merk vitamin yang sering terjual secara bersamaan sehingga dapat membantu pihak PMB Sri Helmi untuk menyedialan stok vitamin dan pola tersebut bisa digunakan untuk mempermudah dalam penataan atau penempatan barang yang kuat berkaitan saling ketergantungan.


 

 

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

Adinugroho, S., & Sari, Y. A. (2018). Implementasi Data Mining Menggunakan Weka.

Badrul, M. (2016). Algoritma Asosiasi Dengan Algoritma Apriori Untuk Analisa Data Penjualan, (2), 121–129.

Husin, A. I., & Mulyaningsih, F. (2015). Penerapan Metode Data Mining Analisis Terhadap Data Penjualan Pakaian Dengan Algoritma Apriori, 45–56.

Kusrini, & Luthfi, E. T. (2009). Algoritma Data Mining. (T. A. Prabawati, Ed.). Yogyakarta.

Lestari, N. (2017). Penerapan Data Mining Algoritma Apriori Dalam Sistem Informasi Penjualan, 2.

Muflikhah, L., Ratnawati, D. E., & Putri, R. R. M. (2018). Data Mining. Malang.

Nafi’iyah, N., & Wardhani, R. (2017). Analisa Pola Transaksi Penjualan Ikan di Tpi Brondong Lamongan, 9(2), 14–17.

Nofriansyah, D. (2014). Konsep Data Mining Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta.

Nofriansyah, D., & Nurcahyo, G. W. (2015). Algoritma Data Mining Dan Pengujian. Yogyakarta.

Purnia, D. S., & Warnilah, A. I. (2017). Implementasi Data Mining Pada Penjualan Kacamata Menggunakan Algoritma Apriori, 2(2), 31–39.

Rahmawati, F., & Merlina, N. (2018). Metode Data Mining Terhadap Data Penjualan Sparepart Mesin Fotocopy Menggunakan Algoritma Apriori, d(1), 9–20.

Santoso, H., Hariyadi, I. P., & Prayitno. (2016). Data Mining Analisa Pola Pembelian Produk Dengan Menggunakan Metode Algoritma Apriori, 6–7.

Sikumbang, E. D. (2018). Penerapan Data Mining Penjualan Sepatu Menggunakan Metode Algoritma Apriori, 4(1), 156–161.

Silalahi, M. (2018). Analisis Clustering Menggunakan Algoritma K-Means Terhadap Penjualan Produk Pada PT Bata Mas Niaga Jaya, 02, 20–35.

Siregar, A. M., & Puspabhuana, A. (2017). Data Mining Pengolahan Data Menjadi Informasi Dengan Rapid Miner. Surakarta.

Ulvah. (2018). Implementasi Algoritma Apriori Aturan Keterkaitan Data Untuk Analisa Keranjang Belanja Sistem Persediaan Obat Pada Apotek Perdos Farma Makassar, 3.

Yanto, R., & Khoiriah, R. (2015). Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Obat, Vol. 2, No(ISSN: 2354-5771), 102–113. https://doi.org/2354-5771