: PT. Tiga Bintang Komunikasi)
PT. Tiga Bintang Komunikasi merupakan sebuah toko yang menjual berbagai macam merk handphone. Semakin banyak penjual handphone yang berkembang, menyebabkan para pengembang usaha melakukan strategi pemasaran agar omset penjualan terus meningkat. Olehkarena itu PT. Tiga Bintang Komunikasi harus mencermati pola pembelian yang dilakukan konsumen setiap bulannya. Seperti contoh permasalahan yang ada pada saat customer ingin membeli suatu merk handphone, sering sekali handphone yang diinginkan tidak ada atau habis karena penjual tidak mengamati transaksi yang sudah ada sebelumnya. Hal ini mengakibatkan customer kecewa dan penjual kehilangan pelanggan, dan untuk berkunjung kembali customer akan enggan, dikarenakan handphone yang tidak lengkap. Oleh karena permasalahan diatas, penulis membuat suatu penelitian dengan mengamati pola pelanggan, dengan membentuk association rule, dengan menggunakan algoritma apriori, data mining. Dengan algoritma apriori dapat ditemukan produk yang paling banyak terjual, yaitu Samsung, Realme, Xiaomi, Vivo, Huawei, dan advan. Dengan diketahuinya jenis merk HP yang paling sering dibeli PT.Tiga Bintang Komunikasi dapat mengatur stok barang agar tidak terjadi penumpukan barang yang mengakibatkan kerugian nantinya. Serta dapat menentukan strategi pemasaran untuk melakukan promosi terhadap merk yang kuranglaris.