PENGARUH KUALITAS LAYANAN SISTEM SLIK ONLINE (OJK) di PT UOBI TERHADAP KEPUASAN RELATIONSHIP MANAGER DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0

research
  • 31 Aug
  • 2020

PENGARUH KUALITAS LAYANAN SISTEM SLIK ONLINE (OJK) di PT UOBI TERHADAP KEPUASAN RELATIONSHIP MANAGER DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0

Pertumbuhan teknologi baru memotivasi beberapa sektor bisnis yang dilakukan online atau pun offline. Wajib hukumnya untuk para penyelenggara memitigasi bisnis dengan mengembangan sistem credit scoringsendiri menggunakan teknologi termutakhir demi memastikan nasabah mereka pinjami adalah orang yang tepat. Terlebih mereka bukan lembaga jasa keuangan yang diwajibkan OJK untuk terdaftar sebagai pelapor sistem layanan informasi keuangan (SLIK) atau dikenal SID Checking (dulu BI Checking). Slik adalah infrastruktur penting dalam industri keuangan untuk memitigasi risiko, terutama risiko kredit sehingga dapat menunkan tingkat kredit macet. Berdasarkan metode webqual 4.0 yang terdiri dari 3 variabel yaitu kegunaan, kualitas informasi dan kualitas interaksi terhadap kepuasan konsumen. Data yang digunakan adalah data primer, yaitu dengan menyebar kuisioner menggunakan skala likert dengan 22 pertanyaan kepada 109 responden. Data yang diperoleh dan diolah menggunakan SPSS dan dengan menggunakan teknik analisis Regresi Linier Berganda. Berdasarkan hasil penelitian. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna Slik (OJK). Berdasarkan variabel webqual 4.0 hasil analisis baik secara parsial maupun simultan dimensi kualitas slik (OJK) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan relationship manager di PT. UOBI

Unduhan

 

REFERENSI

Al Rasyid, Harun. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Pemanfaatan Teknologi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Go-Jek. Jakarta : Jurnal Ecodemica, Vol. 1 No.2 September 2017.

Erica, Denny & Harum Al Rasyid. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Jasa Transportasi Online Di Jakarta. Jakarta : AMIK BSI JAKARTA. Vol XVI No.2 2018

 

Fitrayana, Winnedi Mochamad, Bambang Hariadi dan Endra Rahmawati. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan WebsiteDPRD Provinsi Jawa Timur Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan Metode Webqual 4.0 Modifikasi. Surabaya : JSIKA. Vol. 7, No. 1 2018

Furkodin, Emi Suryadi dan Darmanto. (2016). Evaluasi Kualitas Layanan WebsiteE- commerceBLIBLI.COM Menggunakan Metode Webqual 4.0 Terhadap Keputusan Pembelian Online. Yogyakarta : Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia 2016

Grace, Diana. (2017). Analisis Pengaruh Automatic teller Machine Dan Short Message Service Banking Terhadap Kepuasan Nasabah. Palu : Jurnal Elektronik Sistem Informasi Dan Komputer. Vol. 3 No. 1 2017

 

Hanadia, Naufal, Sri Rahayu dan Djuznimar Zultilisna. (2017). Pengatuh Kualitas Sistem, Perceived Usefulness, Dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna : Studi Kasus Terhadap Sistem Dashboard PDAM Raharja 2017. Bandung : e-Proceeding Of Management. Vol. 4, No. 3 2017

 

Hadi, Pratama Andhika, Sulistiowati dan Rudi Santoso. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas WebsiteTerhadap Kepuasan Pengguna Berdasarkan MetodeWebqual 4.0 Pada Website Kemahasiswaan Institut Bisnis Dan Informatika STIKOM Surabaya. Surabaya : JSIKA Vol.06, No.7. 2017

 

Kharisma, Mala & Sita Anggraeni. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan BJB NET Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BJB Rasuna Said Menggunakan Metode Webqual4.0. Jakarta

: Jurnak Techno Nusa Mandiri Vol. 15, No. 1 2018

 

Maslan, Andi. (2014). Pengukuran Kualitas Layanan Website Pemerintah Kota Batam Menggunakan Metode Webqual 4.0. Batam : Jurnal Ilmiah Informatika. Vol. 1 No. 3 2014


Nur Fauziah, Deva & Dewi Ayu Nur Wulandari. (2018). Pengukuran Kualitas Layanan Bukalapak.com Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Metode Webqual 4.0. Jakarta : Jurnal Ilmu Pengerahuan Dan Teknologi Komputer. Vol. 3. No. 2 2018

 

 

Ramdhani, Muhammad & Nanda Agustina. (2017). Hubungan Antara Tayangan Ibu Pintar Dengan Sikap Orangtua Dalam Mendidik Anak : Studi Korelasional Mengenai Hubungan Antara Tayangan Ibu Pintar di Trans TV Dengan Sikap Orang Tua Siswa Dalam Mendidik anak di PAUD Pelangi Rengasdengklok. Rengasdengklok : Jurnal Politikom Indosiana. Vol. 2 No. 2 2017

 

Tjodi, Andi Muujung, David Paul Elia Saerang dan Meily Yoke Betsy Kalalo. (2017). Analisis Sistem Pengendalian Internal Piutang Usaha Pada PT. Bank Sulutgo KCP Ranotana. Manado : Jurnal EMBA Vol.5 No.2 Juni 2017, Hal 857-866

Wijaya, Hendri, Irfan Syauqi Beik dan Bagus Sartono. (2017). Pengaruh Kualitas layanan Perbankan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank Syariah XYZ. Jakarta : Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen. Vol. 3 No. 3 2017

Wawoluamaya, Edelwy Apriliana, Dewiyani Sunarto dan Sri Hariani Eko Wulandari. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pengguna Berdasarkan Metode Webqual 4.0 Pada Universitas Narotama. Surabaya : JSIKA. Vol. 5 No. 2 2017

Yulianto, Ardhitya Dwi. (2017). Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Unutuk Mengurangi Perilaku Agresif Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Weru Tahun Pelajaran 2017/2018. Sukoharjo : Jurnak Ilmiah Konseling. Vol. 17 No. 1 2017