CV Agam gembira aktivitas transaksi dan pelayanan
terhadap konsumen setiap harinya semakin lama semakin tinggi, sehingga tanpa
disadari dapat menimbulkan tumpukan data yang semakin besar. tentu keadaan ini
menjadi faktor penghambat dalam meningkatkan pelayanan seiring semakin
banyaknya transaksi dan jenis item dan itemset transaksi yang terjadi dan
tersimpan dalam kurun waktu tertentu, sehingga menyulitkan pihak perusahaan
dalam menganalisa jenis item dan itemset barang mana yang paling diminati atau
tidak diminati konsumen. Dengan demikian perlu adanya suatu sistem yang dapat
mendukung perusahaan dalam mengambil keputusan, secara cepat dan juga tepat,
oleh karena itu diperlukan suatu sistem pengolahan database melalui aplikasi
data mining dengan metode Algoritma Apriori yang bekerja dengan cara mencari
dan menemukan pola– pola yang berasosiasi diantara produk-produk yang
dipasarkan. Hasil dari penelitian ini adalah jika membeli Lakban Bening 2 Inc
Daimaru, maka akan membeli Masker Kain (Sensi Koyo) dengan nilai Support 30% dan nilai Confidence 50%. Lalu jika membeli Lakban
Bening 2 Inc Daimaru, maka akan membeli Shoes Cover Trasti dengan nilai Support 30% dan nilai Confidence 50%. Maka ini produk yang
paling banyak terjual.
NURAINI PAUZIAH 11180183
Amrin. (2017). Data Mining Dengan
Algoritma Apriori untuk Penentuan Aturan Asosiasi Pola Pembelian Pupuk. Paradigma, XIX, 74–79.
Badrul, M. (2016). Algoritma
Asosiasi Dengan Algoritma Apriori Untuk Analisa Data Penjualan. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, XII(2), 121–129.
Hernawati. (2018). ANALISIS MARKET BASKET
DENGAN ALGORITMA APRIORI ( STUDY KASUS TOKO ALIEF ), 2(1), 13–17.
Hermawati,
F. A. (2013). Data Mining.
Yogyakarta: Penerbit Andi.
Husin, A. I., & Mulyaningsih,
F. (2015). Penerapan Metode Data Mining Analisis Terhadap Data Penjualan
Pakaian Dengan Algoritma Apriori. Sniptek,
45–56.
Iqbal, M., & Muatin. (2017). Analisa
Keranjang Belanja Konsumen Pada Data Penjualan Bulan Ramadhan Menggunakan
Algoritma Apriori ( Studi Kasus : Distro Coffepark Clothes Pekanbaru ). Seminar Nasional Teknologi Informasi
Komunikasi Dan Industri (SNTIKI),
18–19.
Marthasari, G. I. (2016).
Menggunakan Pendekatan Data Mining. Jurnal
Simantec, 5(3), 165–172.
Mulyana, H. (2014). Pemakaian
Metode Asosiasi dalam Data Mining untuk Penjualan lebih dari Satu Jenis Produk
pada Perusahaan. Pilar Nusa Mandiri, X(1), 47–56.
Nursikuwagus, A., & Hartono, T. (2016). Implementasi algoritma
apriori untuk analisis penjualan dengan berbasis web. Jurnal SIMETRIS, 7(2),
701–706.
Rahmawati, F., & Merlina, N.
(2018). Metode Data Mining Terhadap Data Penjualan Sparepart Mesin Fotocopy
Menggunakan Algoritma Apriori. Penelitian
Ilmu Komputer, System Embedded &
Logic, (1), 9–20.
Rodiyansyah,
S. F. (2015). Algoritma Apriori untuk Analisis Keranjang Belanja pada
Data Transaksi Penjualan. Infotech,
36–39. Retrieved from
http://jurnal.unma.ac.id/index.php/infotech/article/view/42.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Ummi, K. (2015). Analisa Data
Mining Dalam Penjualan Sparepart Mobil Dengan Menggunakan Metode Algoritma
Apriori ( Studi Kasus : di PT . IDK 1 MEDAN). CSRID Journal, 8(3),
155–164.