Apotek merupakan suatu tempat untuk melakukan
pembuatan, pengolahan, peracikan, penyimpanan dan penyaluran obat-obatan kepada
masyarakat secara bebas maupun resep dari dokter. Peran apotek sangat penting
bagi masyarakat, namun dengan adanya perkembangan teknologi dan sistem
informasi yang begitu pesat, menuntut apotek untuk dapat mengikuti perkembangan
teknologi guna memenuhi kebutuhan masyarakat secara cepat dan tepat. Banyak
yang belum tahu jika laporan yang dihasilkan dari sistem informasi dapat
dimanfaatkan untuk mencari pola kecenderungan pembelian obat dengan menggunakan
Data Mining. Data Mining memiliki banyak metode, salah satunya adalah Algoritma
Apriori. Algoritma Apriori adalah suatu metode untuk mencari pola hubungan
antar satu atau lebih item dalam suatu dataset. Dengan mencari pola
kecenderungan pembelian obat, maka akan didapatkan informasi mengenai obat apa
saja yang banyak dibeli dan yang sering dibeli secara bersamaan oleh konsumen.
Dengan diketahui obat yang sering dibeli, maka Apotek Zam-zam Farma Bogor dapat
mengembangkan strategi pemasaran, mengatur stok obat agar tidak terjadi
penumpukan obat maupun kekosongan obat dan mengatur tata letak penyimpanan obat
yang sering dibeli secara bersamaan untuk mempermudah apoteker dalam mencari
obat yang dibutuhkan guna mengoptimalkan pelayanan.
SITI MARIANA 11180169
Badrul, M. (2016). Algoritma asosiasi dengan algoritma apriori untuk analisa data penjualan, (2), 121–129. Diambil dari http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/pilar/article/view/169
Cahya.
(2017). Permenkes Nomor 9 tahun 2017 Tentang Apotek. Retrieved from https://mediskripta.com/2017/02/14/permenkes-nomor-9-tahun-2017-tentang-apotek/
Febrian,
R., Dzulfaqor, F., Lestari, M. N., Romadhon, A. A., & Widodo, E. (2018).
Analisis pola pembelian obat di apotek uii farma menggunakan metode algoritma apriori,
49–54. Diambil dari
https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia.article/view/2056
Hutahaean, H. D.,
Sinaga, B., & Rajagukguk, A. A. (2016). ANALISA DAN PERANCANGAN APLIKASI
ALGORITMA APRIORI UNTUK KORELASI PENJUALAN PRODUK ( STUDI KASUS : APOTIK DIORY
FARMA ), 1(1), 7–13. Diambil dari http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/JIPN/article/view/149
JUD.
(2016). Kursus Singkat & Cepat
MS. EXCEL. Yogyakarta: CV Jubilee Solusi Enterprise.
Nofriansyah,
D. (2014). Konsep Data Mining Vs Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta:
Deepublish.
Rahmawati,
D. A., & Indrianti, K. (2018). Association Rule Mining Dengan Algoritma
Apriori Untuk Penjualan Produk Verkol Lubricantes, 2(2), 105-114. Diambil dari http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/ITBI/article/view/862
Salam,
A., & Nuswantoro, U. D. (2018). Implementasi Algoritma Apriori untuk
Mencari Asosiasi Barang yang Dijual di E-commerce OrderMas, 17(2), 158–170.
Diambil dari http://garuda.ristekdikti.go.id/journal/article/691569
Salamah,
E. N., & Ulinnnuha, N. (2016). Analisis Pola Pembelian Obat dan Alat Kesehatan
di Klinik Ibu dan Anak Graha Amani dengan Menggunakan Algoritma Apriori. Inform,
2(xx), 1–6. Diambil dari https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/inform/article/view/401
Siregar,
S. R. (2014). IMPLEMENTASI DATA MINING PADA PENJUALAN TIKET PESAWAT MENGGUNAKAN
ALGORITMA APRIORI ( Studi Kasus : Jumbo Travel Medan ), 152, 152–156.
Diambil dari https://konferensi.nusamandiri.ac.id/proceeding/index.php/KNIT/article/view/8/8
Sugiyono.
(2015). Metode Penelitian Kombinasi (MIX Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono.
(2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhadya,
A. (2018). Perancangan Website Sebagai Media Promosi dan Informasi. Journal
Of Informatic Pelita Nusantara, 3(1), 82–86. Diambil dari http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/JIPN/article/view/306
Sujaini,
H. (2016). Analisis Asosiasi pada Transaksi Obat Menggunakan, 1(1).
Diambil dari http://jurnal.untan.ac.id/index.php/justin/article/view/13872
Sumawardani, Minarsih M
Pmaria, M. M. W. (2016). PENINGKATAN PENJUALAN DI PERCETAKAN Teaching Factory
Gradasi Semarang, 2(2). Diambil dari https://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/591
Tri Vulandari, R.
(2017). Teori dan Aplikasi Rapiminer. Yogyakarta: GAVA MEDIA.
Widiati, W. (2016).
Pengukuran Tingkat Kepuasan Mahasiswa dalam Penggunaan Sistem Informasi
Akademik Menggunakan Pieces Framework (Studi Kasus: STMIK Nusa Mandiri Kampus
Depok). Paradigma, XVIII(2), 81–88. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/paradigma/article/view/1185
Widiati,
W. (2018). Sistem Pendukung Keputusan untuk Seleksi Penerimaan Siswa Baru
dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Jurnal Bianglala Informatika,
6(1), 1–8. Retrieved from http://jurnalbianglala.web.id/jurnal/index.php/bianglala/article/view/50
Yanto,
R., & Khoiriah, R. (2015). Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma
Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Obat, 2, 102–113. Diambil dari
https://ojs.amikom.ac.id/index.php/citec/article/view/366