ANALISA POLA PENJUALAN OBAT MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA APRIORI PADA APOTEK ZAM-ZAM FARMA BOGOR

research
  • 31 Aug
  • 2020

ANALISA POLA PENJUALAN OBAT MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA APRIORI PADA APOTEK ZAM-ZAM FARMA BOGOR

Apotek merupakan suatu tempat untuk melakukan pembuatan, pengolahan, peracikan, penyimpanan dan penyaluran obat-obatan kepada masyarakat secara bebas maupun resep dari dokter. Peran apotek sangat penting bagi masyarakat, namun dengan adanya perkembangan teknologi dan sistem informasi yang begitu pesat, menuntut apotek untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi guna memenuhi kebutuhan masyarakat secara cepat dan tepat. Banyak yang belum tahu jika laporan yang dihasilkan dari sistem informasi dapat dimanfaatkan untuk mencari pola kecenderungan pembelian obat dengan menggunakan Data Mining. Data Mining memiliki banyak metode, salah satunya adalah Algoritma Apriori. Algoritma Apriori adalah suatu metode untuk mencari pola hubungan antar satu atau lebih item dalam suatu dataset. Dengan mencari pola kecenderungan pembelian obat, maka akan didapatkan informasi mengenai obat apa saja yang banyak dibeli dan yang sering dibeli secara bersamaan oleh konsumen. Dengan diketahui obat yang sering dibeli, maka Apotek Zam-zam Farma Bogor dapat mengembangkan strategi pemasaran, mengatur stok obat agar tidak terjadi penumpukan obat maupun kekosongan obat dan mengatur tata letak penyimpanan obat yang sering dibeli secara bersamaan untuk mempermudah apoteker dalam mencari obat yang dibutuhkan guna mengoptimalkan pelayanan.

Unduhan

 

REFERENSI

Badrul, M. (2016). Algoritma asosiasi dengan algoritma apriori untuk analisa data penjualan, (2), 121–129. Diambil dari  http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/pilar/article/view/169

 

Cahya. (2017). Permenkes Nomor 9 tahun 2017 Tentang Apotek. Retrieved from https://mediskripta.com/2017/02/14/permenkes-nomor-9-tahun-2017-tentang-apotek/

 

Febrian, R., Dzulfaqor, F., Lestari, M. N., Romadhon, A. A., & Widodo, E. (2018). Analisis pola pembelian obat di apotek uii farma menggunakan metode algoritma apriori, 49–54. Diambil dari https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia.article/view/2056

 

Hutahaean, H. D., Sinaga, B., & Rajagukguk, A. A. (2016). ANALISA DAN PERANCANGAN APLIKASI ALGORITMA APRIORI UNTUK KORELASI PENJUALAN PRODUK ( STUDI KASUS : APOTIK DIORY FARMA ), 1(1), 7–13. Diambil dari http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/JIPN/article/view/149

 

JUD. (2016). Kursus Singkat & Cepat MS. EXCEL. Yogyakarta: CV Jubilee Solusi Enterprise.

 

Nofriansyah, D. (2014). Konsep Data Mining Vs Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Deepublish.

 

Rahmawati, D. A., & Indrianti, K. (2018). Association Rule Mining Dengan Algoritma Apriori Untuk Penjualan Produk Verkol Lubricantes, 2(2), 105-114. Diambil dari http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/ITBI/article/view/862

 

Salam, A., & Nuswantoro, U. D. (2018). Implementasi Algoritma Apriori untuk Mencari Asosiasi Barang yang Dijual di E-commerce OrderMas, 17(2), 158–170. Diambil dari http://garuda.ristekdikti.go.id/journal/article/691569

 

 

 

Salamah, E. N., & Ulinnnuha, N. (2016). Analisis Pola Pembelian Obat dan Alat Kesehatan di Klinik Ibu dan Anak Graha Amani dengan Menggunakan Algoritma Apriori. Inform, 2(xx), 1–6. Diambil dari https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/inform/article/view/401

 

Siregar, S. R. (2014). IMPLEMENTASI DATA MINING PADA PENJUALAN TIKET PESAWAT MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI ( Studi Kasus : Jumbo Travel Medan ), 152, 152–156. Diambil dari https://konferensi.nusamandiri.ac.id/proceeding/index.php/KNIT/article/view/8/8

 

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (MIX Methods). Bandung: Alfabeta.

 

 

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

 

Suhadya, A. (2018). Perancangan Website Sebagai Media Promosi dan Informasi. Journal Of Informatic Pelita Nusantara, 3(1), 82–86. Diambil dari http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/JIPN/article/view/306

 

Sujaini, H. (2016). Analisis Asosiasi pada Transaksi Obat Menggunakan, 1(1). Diambil dari http://jurnal.untan.ac.id/index.php/justin/article/view/13872

 

Sumawardani, Minarsih M Pmaria, M. M. W. (2016). PENINGKATAN PENJUALAN DI PERCETAKAN Teaching Factory Gradasi Semarang, 2(2). Diambil dari https://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/591

 

Tri Vulandari, R. (2017). Teori dan Aplikasi Rapiminer. Yogyakarta: GAVA MEDIA.

 

Widiati, W. (2016). Pengukuran Tingkat Kepuasan Mahasiswa dalam Penggunaan Sistem Informasi Akademik Menggunakan Pieces Framework (Studi Kasus: STMIK Nusa Mandiri Kampus Depok). Paradigma, XVIII(2), 81–88. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/paradigma/article/view/1185

 

Widiati, W. (2018). Sistem Pendukung Keputusan untuk Seleksi Penerimaan Siswa Baru dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Jurnal Bianglala Informatika, 6(1), 1–8. Retrieved from http://jurnalbianglala.web.id/jurnal/index.php/bianglala/article/view/50

 

Yanto, R., & Khoiriah, R. (2015). Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Obat, 2, 102–113. Diambil dari https://ojs.amikom.ac.id/index.php/citec/article/view/366