IMPLEMENTASI DATA MINING PENJUALAN PRODUK KOSMETIK PADA PT. NATURAL NUSANTARA MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI

research
  • 28 Aug
  • 2020

IMPLEMENTASI DATA MINING PENJUALAN PRODUK KOSMETIK PADA PT. NATURAL NUSANTARA MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI

ABSTRAK

Fajar Adhinda Kusuma Wardani (11152830), Implementasi Data Mining Penjualan Produk Kosmetik Pada PT. Natural Nusantara Menggunakan Algoritma Apriori

 

Kehidupan wanita tak lepas dari kosmetik. Selain untuk mempercantik diri, kosmetik juga digunakan untuk tujuan kesehatan. Kosmetik pada dasarnya menjadi salah satu kebutuhan dasar wanita. Setiap hari data transaksi penjualan di PT. Natural Nusantara semakin bertambah banyak dan menyebabkan penyimpanan data yang sangat besar. Kebanyakan data transaksi penjualan hanya dijadikan arsip saja tanpa dimanfaatkan dengan baik. Seharusnya data tersebut dimanfaatkan untuk melihat keterkaitan setiap barang yang dibeli oleh konsumen secara bersamaan. Penelitian ini melakukan analisa data dengan menggunakan metode algoritma apriori, dengan metode tersebut dapat diketahui produk kosmetik yang dibeli secara bersamaan dan paling banyak terjual dengan melihat nilai support dan confidence. Dalam proses pengolahan data menggunakan perhitungan manual dan software RapidMiner 5.3 untuk menganalisis dataset yang ada pada PT. Natural Nusantara. Hasil dari penelitian ini menggunakan support 10% dan confidence 50%. Penelitian ini menghasilkan 7 aturan association rules.

 


Unduhan

  • 11152830.pdf

    skripsi

    •   diunduh 1339x | Ukuran 329 KB

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

Adha, N., Sianturi, L. T., & Siagian, E. R. (2017). Implementasi Data Mining Penjualan Sabun Dengan Menggunakan Metode Apriori ( Studi Kasus : PT. Unilever). Majalah Ilmiah INTI, 12(2), 219–223.

Afdal, M., & Rosadi, M. (2019). Penerapan Association Rule Mining Untuk Analisis. 5(1), 99–108.

Evadin, S., Nazir, A., Yusra, & Pizaini. (2017). Analisa Faktor Yang Mempengaruhi Kondisi Kesehatan Menggunakan Algoritma Frequent Pattern Growth. 1(1), 1–6.

Informasi, J. T., Studi, P., Informatika, T., & Malang, P. N. (2017). Ridwan Rismanto 1 , Lucki Darmawan 2 , Arief Prasetyo 3. 04(02), 83–88.

Informatika, P. M. (n.d.). Keterkaitan Data Untuk Analisa Keranjang.

Junaidi, A. (2019). Implementasi Algoritma Apriori dan FP-Growth Untuk Menentukan Persediaan Barang. 08, 61–67.

Kanti, S., & Indrajit, R. E. (2017). Implementasi Data Mining Penjualan Handphone Oppo Store Sdc Tanggerang Dengan Algoritma Appriori. (November), 1–2.

Kusrini, & Taufiq, L. E. (2009). Algoritma Data Mining. Yogyakarta.

Listriani, D., Setyaningrum, A. H., & Eka, F. (2019). Penerapan Metode Asosiasi Menggunakan Algoritma Apriori Pada Aplikasi Analisa Pola Belanja Konsumen (Studi Kasus Toko Buku Gramedia Bintaro). Jurnal Teknik Informatika, 9(2), 120–127. https://doi.org/10.15408/jti.v9i2.5602.

Masnur, A. (2015). Analisa Data Mining Menggunakan Market Basket Analysis untuk Mengetahui Pola Beli Konsumen. SATIN-Sains Dan Teknologi Informasi, 1(2), 32–40.

Muflikhah, L., Ratnawati, D. E., & Putri, R. R. M. (2018). Data Mining. Malang.

Nofriansyah, D., & Nurcahyo, G. W. (2015). Algoritma Data Mining dan Pengujian. Yogyakarta.

Purnia, D. S., & Warnilah, A. I. (2017). Implementasi Data Mining Pada Penjualan Kacamata Menggunakan Algoritma Apriori. IJCIT (Indonesian Journal ON COmputr and Information Technologi), 2(2), 31–39. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijcit/article/view/2776.

Santoso, H., Hariyadi, I. P., & Prayitno. (2016). Data Mining Analisa Pola Pembelian Produk Dengan Menggunakan Metode Algoritma Apriori. Teknik Informatika. ISSN : 2302-3805, (1), 19–24. Retrieved from http://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/download/1267/1200.


Sikumbang, E. D. (2018). Penerapan Data Mining Dengan Algoritma Apriori. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI (JTK), 9986(September), 1–4.

Siregar, A. M., & Puspabhuana, A. (2017). Data Mining Pengolahan Data Menjadi Informasi dengan RapidMiner (A. K. Putra, ed.). Surakarta.

Ummi, K. (2016). Nalisa Data Mining Dalam Penjualan Sparepart Mobil Dengan Menggunakan Metode Algoritma Apriori (Studi Kasus : Di Pt. Idk 1 Medan). CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal), 8(3), 155–164. https://doi.org/10.22303/csrid.8.3.2016.155-164

Wiratna, & Sujarweni. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta.