ABSTRAK
Fajar Adhinda Kusuma Wardani (11152830),
Implementasi Data Mining Penjualan Produk Kosmetik Pada PT. Natural Nusantara
Menggunakan Algoritma Apriori
Kehidupan
wanita tak lepas dari kosmetik. Selain untuk mempercantik diri, kosmetik juga
digunakan untuk tujuan kesehatan. Kosmetik pada dasarnya menjadi salah satu
kebutuhan dasar wanita. Setiap hari data transaksi penjualan di PT. Natural
Nusantara semakin bertambah banyak dan menyebabkan penyimpanan data yang sangat
besar. Kebanyakan data transaksi penjualan hanya
dijadikan arsip saja tanpa dimanfaatkan dengan baik. Seharusnya data tersebut
dimanfaatkan untuk melihat keterkaitan setiap barang yang dibeli oleh konsumen
secara bersamaan. Penelitian ini melakukan analisa data dengan menggunakan
metode algoritma apriori, dengan metode tersebut dapat diketahui produk
kosmetik yang dibeli secara bersamaan dan paling banyak terjual dengan melihat
nilai support dan confidence. Dalam proses pengolahan data
menggunakan perhitungan manual dan software
RapidMiner 5.3 untuk menganalisis dataset yang ada pada PT. Natural Nusantara.
Hasil dari penelitian ini menggunakan support
10% dan confidence 50%. Penelitian
ini menghasilkan 7 aturan association
rules.
DAFTAR PUSTAKA
Adha, N., Sianturi, L. T., & Siagian, E. R. (2017). Implementasi Data Mining Penjualan Sabun Dengan Menggunakan Metode Apriori ( Studi Kasus : PT.
Unilever). Majalah Ilmiah INTI, 12(2), 219–223.
Afdal, M., & Rosadi, M. (2019). Penerapan Association Rule
Mining Untuk Analisis. 5(1), 99–108.
Evadin, S., Nazir, A., Yusra, & Pizaini. (2017). Analisa Faktor Yang Mempengaruhi Kondisi Kesehatan Menggunakan Algoritma Frequent Pattern Growth. 1(1), 1–6.
Informasi, J. T., Studi, P., Informatika, T., & Malang,
P. N. (2017). Ridwan Rismanto 1 , Lucki Darmawan 2 , Arief Prasetyo 3. 04(02),
83–88.
Informatika, P. M. (n.d.). Keterkaitan Data Untuk Analisa Keranjang.
Junaidi, A. (2019). Implementasi
Algoritma Apriori dan FP-Growth Untuk Menentukan Persediaan Barang. 08, 61–67.
Kanti, S., & Indrajit, R. E. (2017). Implementasi Data Mining Penjualan Handphone
Oppo Store Sdc Tanggerang Dengan Algoritma Appriori. (November), 1–2.
Kusrini, & Taufiq, L. E. (2009). Algoritma
Data Mining. Yogyakarta.
Listriani, D., Setyaningrum, A. H., & Eka, F. (2019). Penerapan Metode Asosiasi Menggunakan Algoritma Apriori Pada Aplikasi Analisa Pola Belanja Konsumen (Studi Kasus Toko Buku
Gramedia Bintaro). Jurnal Teknik Informatika, 9(2), 120–127.
https://doi.org/10.15408/jti.v9i2.5602.
Masnur, A. (2015). Analisa Data Mining Menggunakan Market
Basket Analysis untuk Mengetahui Pola Beli Konsumen. SATIN-Sains Dan
Teknologi Informasi, 1(2), 32–40.
Muflikhah, L., Ratnawati, D. E., & Putri, R. R. M.
(2018). Data
Mining. Malang.
Nofriansyah, D., & Nurcahyo, G. W. (2015). Algoritma Data Mining dan Pengujian.
Yogyakarta.
Purnia, D. S., & Warnilah, A. I. (2017). Implementasi
Data Mining Pada Penjualan Kacamata Menggunakan Algoritma Apriori. IJCIT
(Indonesian Journal ON COmputr and Information Technologi), 2(2),
31–39. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijcit/article/view/2776.
Santoso, H., Hariyadi, I. P., & Prayitno. (2016). Data
Mining Analisa Pola Pembelian Produk Dengan Menggunakan Metode Algoritma
Apriori. Teknik Informatika. ISSN : 2302-3805, (1), 19–24. Retrieved
from http://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/download/1267/1200.
Sikumbang, E. D. (2018). Penerapan Data Mining Dengan
Algoritma Apriori. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI (JTK), 9986(September),
1–4.
Siregar, A. M., & Puspabhuana, A. (2017). Data Mining Pengolahan Data Menjadi Informasi dengan RapidMiner (A. K. Putra, ed.). Surakarta.
Ummi, K. (2016). Nalisa Data Mining Dalam Penjualan Sparepart
Mobil Dengan Menggunakan Metode Algoritma Apriori (Studi Kasus : Di Pt. Idk 1
Medan). CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal), 8(3),
155–164. https://doi.org/10.22303/csrid.8.3.2016.155-164
Wiratna, &
Sujarweni. (2014). Metodologi
Penelitian. Yogyakarta.