ANALISA PENERIMAAN MASYARAKAT TERHADAP FINTECH SEBAGAI ALAT TRANSAKSI ELEKTRONIK MENGGUNAKAN METODE TAM

research
  • 27 Aug
  • 2020

ANALISA PENERIMAAN MASYARAKAT TERHADAP FINTECH SEBAGAI ALAT TRANSAKSI ELEKTRONIK MENGGUNAKAN METODE TAM

Juliari Alfredo Sitepu (11152841) “ANALISA PENERIMAAN MASYARAKAT TERHADAP FINTECH SEBAGAI ALAT TRANSAKSI ELEKTRONIK MENGGUNAKAN METODE TAM”.

 

Metode Technology Acceptance Model (TAM) ialah salah satu model yang dibangun untuk menganalisis dan memahami faktor‐faktor yang mempengaruhi diterimanya penggunaan teknologi komputer. Dengan pendekatan Tecnology Acceptance Model (TAM) dapat mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan pengguna. Aplikasi OVO merupakan objek peneliti. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui prilaku masyarakat yang sudah menggunakan aplikasi OVO sebagai alat transaksi. Dalam penelitian ini data di kumpulkan melalui kuesioner dengan menggunakan skala likert terhadap 100 responden pengguna aplikasi OVO. Untuk Uji Intrumen meliputi Uji validitas dan uji reliabilitas. Uji Asumsi Klasik meliputi Uji Normalitas Kolmogorov Sminov dan Uji Multikolinearitas. Analisis regresi linear berganda digunakan untuk mengetahui pengaruh antara variabel independen dengan variabel dependen. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel (X1, X2, dan X3) secara simultan (bersama-sama) berpengaruh terhadap variabel (Y) sebesar 27,6%.

Kata kunci : Fintechl, Aplikasi OVO, Technology Acceptance Model (TAM)

 

 

 

 

 

 

 

 

Unduhan

 

REFERENSI

Amalia, S. N. A. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Individu Terhadap Financial Technology (Fintech) Syariah (Paytren) Sebagai Salah Satu Alat Transaksi Pembayaran (Technology Acceptance Model TAM) dan Theory Of Planned Behavior (TPB). Iqtishaduna, 8(1), 57–73. Retrieved from http://journal.uinmataram.ac.id/index.php/iqtishaduna/article/view/687

Anduril. (2018, November 5). OVO, Dompet Digital yang Praktis dan Banyak Untungnya. Retrieved from U Jural apps: http://www.UJurnalapps.com

Ar-Robi, M. R., & Wibawa, B. M. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan dan Performa pada Merchant OVO di Surabaya. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 8(1). https://doi.org/10.12962/j23373520.v8i1.41646

Devi, N. L. N. S., & Suartana, I. W. (2014). Analisis Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Penggunaan Sistem Informasi Di Nusa Dua Beach Hotel & Spa. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 6(1), 167–184. Retrieved from http://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/7797

Kusuma, Y. (2018, juli 1). Keterkaitan Antara Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan Tipologi Perkembangan Masyarakat. Retrieved from binus malang: http://www.binus.ac.id

Mahendra, I. (2015). Analisa Penerimaan Pengguna Sistem Informasi Koperasi Pada Koperasi Karyawan Budi Setia Jakarta Dengan Technology Acceptance Model. Jurnal Pilar Nusa Mandiri2, XI, No. 1(1978–1946), 70–80. Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/pilar/article/view/139/126

Muhson, A., & Pd, M. (2013). Hipotesis. (c), 1–9.

Muslihudin, M., Kurniawan, D., & Widyaningrum, I. (2017). Implementasi Model Fuzzy SAW Dalam Penilaian Kinerja Penyuluh Agama. Jurnal TAM ( Technology Acceptance Model ), 8(1), 39–44.

Muzdalifa, I., Rahma, I. A., & Novalia, B. G. (2018). Peran Fintech Dalam Meningkatkan Inklusif Keuangan Pada Umkm Di Indonesia. Masharif Al- Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 3(1), 1–24.

Roy franedia. (2018). No Title. Retrieved January 10, 2018, from cnbc indonesia website: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20180110145800-37-1126/ini- dia-empat-jenis-fintech-di-indonesia

Sultan, R. R., Haryanti, T., & Kurniawati, L. (2019). Analiis Technology Acceptance Model Generasi Millenial Jakarta Terhadap Penggunaan E-Money. 15(1), 133– 140.