ABSTRAK
Sandy Mulya Pratama Herudy
(11145360), ANALISIS TINGKAT KEBERHASILAN SISTEM INFORMASI WEBSITE PADA PT
MANULIFE INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL DELON AND MCLEAN
Penelitian ini bertujuan untuk menguji keberhasilan
sistem informasi pada website PT
Manulife Indonesia dengan menggunakan teori Model yang dikembangkan oleh Delone
& Mclean. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitas
sistem, kepuasan pengguna, kualitas informasi dan kualitas layanan. Objek dari
penelitian ini adalah sistem informasi website
yang dimiliki oleh PT Manulife Indonesia dan subjek dari penelitian ini
adalah karyawan / nasabah, dengan jumlah populasi sebanyak 9.000 karyawan dan
2,3 juta nasabah. Penyelesaian
masalah menggunakan teori yang dikemukakan oleh Delone & Mclean (2003)
tentang kesuksesan sistem informasi. Pengambilan data penilaian karyawan /
nasabah dengan menggunakan kuesioner dan pengujian hipotesis menggunakan teknik
analisis korelasi product moment Pearson.
Berdasarkan hasli penelitian ini menunjukan bahwa persepsi karyawan / nasabah
terhadap sistem informasi website menunjukan
cukup baik dan semua hipotesis yang di uji terhadap semua variabel diterima.
(1) terdapat hubungan positif dan signifikasi antara kualitas layanan terhadap
kepuasan pengguna, (2) terdapat hubungan positif dan signifikasi antara
kualitas sistem terhadap kepuasan pengguna, (3) bahwa terdapat hubungan positif
dan signifikasi antara kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna.
Putri, D. G. D., & Santoso, S. B. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Jasa, Nilai Yang
Dirasakan, Citra Merek Melalui Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan
(Studi Pada PT. Pos Indonesia (Persero)). 7(1), 1–13.
Sofiyan, R. (2018). Lingkungan Kerja Dan Kepuasan Kerja Berpengaruh Terhadap Kualitas
Pelayanan. 2(1), 172.
https://doi.org/10.25157/jmr.v2i1.1119
Marlius, D. (2017). Pengaruh dimensi kualitas pelayanan website. 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Raidah, R. A., & Wibowo, S. F. (2019). Analisis Pengaruh E-Service Quality Dan
Perceived Service Value Terhadap Kepuasan Pelanggan Tokopedia. 10(1), 148–
166. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrmsi/article/view/11008/6887
Putra, D. S. H. (2019). Penerapan Path Analysis Kualitas Informasi terhadap Kepuasan Pengguna
dan Intensitas Pengguna dengan Metode Delone & Mclean Di Rumah Sakit Paru
Jember Tahun 2017. 5(3), 129–137.
https://doi.org/10.25047/j-kes.v5i3.32
Absharina, E. D., & Anwar, S. (2019). Analisis Kesuksesan Sistem Informasi E-KKN
LP2M UIN Raden Fatah Palembang dengan Menggunakan Model Delone dan Mclean. 7(2), 217–227. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v7i2.2905
Muhamad Fuad Asnawi. (2017). Muhamad Fuad Asnawi, 2(1), 157–162.
Abdul Kadir, 2014 : 71-72.
(n.d.). Abdul
Kadir, 2014 : 71-72, 5(1), 98–106.