ANALISIS TINGKAT KEBERHASILAN SISTEM INFORMASI WEBSITE PADA PT MANULIFE INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL DELONE AND MCLEAN

research
  • 27 Aug
  • 2020

ANALISIS TINGKAT KEBERHASILAN SISTEM INFORMASI WEBSITE PADA PT MANULIFE INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL DELONE AND MCLEAN

ABSTRAK

 

 

Sandy Mulya Pratama Herudy (11145360), ANALISIS TINGKAT KEBERHASILAN SISTEM INFORMASI WEBSITE PADA PT MANULIFE INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL DELON AND MCLEAN

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keberhasilan sistem informasi pada website PT Manulife Indonesia dengan menggunakan teori Model yang dikembangkan oleh Delone & Mclean. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitas sistem, kepuasan pengguna, kualitas informasi dan kualitas layanan. Objek dari penelitian ini adalah sistem informasi website yang dimiliki oleh PT Manulife Indonesia dan subjek dari penelitian ini adalah karyawan / nasabah, dengan jumlah populasi sebanyak 9.000 karyawan dan 2,3 juta nasabah. Penyelesaian masalah menggunakan teori yang dikemukakan oleh Delone & Mclean (2003) tentang kesuksesan sistem informasi. Pengambilan data penilaian karyawan / nasabah dengan menggunakan kuesioner dan pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis korelasi product moment Pearson. Berdasarkan hasli penelitian ini menunjukan bahwa persepsi karyawan / nasabah terhadap sistem informasi website menunjukan cukup baik dan semua hipotesis yang di uji terhadap semua variabel diterima. (1) terdapat hubungan positif dan signifikasi antara kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna, (2) terdapat hubungan positif dan signifikasi antara kualitas sistem terhadap kepuasan pengguna, (3) bahwa terdapat hubungan positif dan signifikasi antara kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna.

 

 


Unduhan

  • 11145360.pdf

    SKRIPSI

    •   diunduh 508x | Ukuran 175 KB

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

 

 

 

Wijaya, Z. S. (2015). Penerapan Sistem Informasi Berbasis Komputer Pada Aplikasi Monitoring Keuangan Dan Aset ( Terkait Penatausahaan Piutang Tuntutan Ganti Kerugian Negara ). 14(1), 1–10.

 

Putri, D. G. D., & Santoso, S. B. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Jasa, Nilai Yang Dirasakan, Citra Merek Melalui Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada PT. Pos Indonesia (Persero)). 7(1), 1–13.

 

Sofiyan, R. (2018). Lingkungan Kerja Dan Kepuasan Kerja Berpengaruh Terhadap Kualitas Pelayanan. 2(1), 172. https://doi.org/10.25157/jmr.v2i1.1119

 

Marlius, D. (2017). Pengaruh dimensi kualitas pelayanan website. 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

 

Raidah, R. A., & Wibowo, S. F. (2019). Analisis Pengaruh E-Service Quality Dan Perceived Service Value Terhadap Kepuasan Pelanggan Tokopedia. 10(1), 148–

166. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrmsi/article/view/11008/6887


 

Putra, D. S. H. (2019). Penerapan Path Analysis Kualitas Informasi terhadap Kepuasan Pengguna dan Intensitas Pengguna dengan Metode Delone & Mclean Di Rumah Sakit Paru Jember Tahun 2017. 5(3), 129–137. https://doi.org/10.25047/j-kes.v5i3.32

 

Absharina, E. D., & Anwar, S. (2019). Analisis Kesuksesan Sistem Informasi E-KKN LP2M UIN Raden Fatah Palembang dengan Menggunakan Model Delone dan Mclean. 7(2), 217–227. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v7i2.2905

 

Muhamad Fuad Asnawi. (2017). Muhamad Fuad Asnawi, 2(1), 157–162.

 

 

Abdul Kadir, 2014: 71-72. (n.d.). Abdul Kadir, 2014 : 71-72, 5(1), 98–106.