ABSTRAK
Musliadi (11180145), Pengaruh Kegunaan dan Kemudahan Aplikasi MY
SMARTFREN Terhadap Kepuasan Pelanggan
PT. Smartfren
Telecom, Tbk Menggunakan Metode TAM.
Dalam
penelitian ini, menggunakan teori Technology
Acceptance Model (TAM) yang di perkenalkan oleh Davis pada tahun 1989. TAM
menunjukkan kegunaan dan kemudahan penggunaan akan mempengaruhi niat individu
dalam menggunakan teknologi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji
secara empiris pengaruh prinsip Technology Acceptance Model (TAM) pada aplikasi
MY SMARTFREN terhadap kepuasan pelanggan PT. SMARTFREN TELECOM, Tbk. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Variabel Kegunaan
aplikasi MY SMARTFREN memiliki pengaruh yang
siginifikan terhadap Kepuasan pelanggan dimana hasil koefisien regresi variabel yang menunjukan angka (375,735) dan mempunyai signifikansi 0,000 (kurang dari 0,05), (2) Variabel Kemudahan
MY SMARTFREN memiliki pengaruh
yang signifikan terhadap Kepuasan pelanggan ditunjukan dengan koefisien regresi variabel yang
menunjukan angka (6,057) dan mempunyai signifikansi 0,000 (kurang dari 0,05). Didapat variabel independen (kegunaan dan kemudahan)
secara bersama-sama mempengaruhi variabel dependen (kepuasan pelanggan) sebesar
0,653 atau 65,3% yang berarti bahwa Kepuasan pelanggan dapat
dijelaskan oleh variabel Kegunaan dan variable Kemudahan adalah sebesar 6,53%.
DAFTAR PUSTAKA
Adi, S., &
Vivi, M. 2017. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi DJP Online
Pelaporan SPT Pajak. ISBN: 978-602-1180-50-1. Karawang
Amanda, T. R.,
& Arfhan, P. 2016. Analisis Pengaruh Kemudahan Penggunaan Sopp Terhadap
Kepuasan Kerja Pegawai Dengan Pendekatan TAM. Jurnal Sistem Informasi STIMIK Antar Bangsa. Vol. V, NO.2
Budiaji, 2013. Skala
Pengukuran Dan Jumlah Respon Skala Likert: Serang: Jurnal Ilmu Pertanian
dan Perikanan.ISSN 2302-6308. Serang. Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan Vol.
2: 127-133.
Castella,
2017. Pengaruh Penggunaan ZSMART Terhadap
Kepuasan Pada Karyawa PT. Smartfren Tbk Menggunakan Metode TAM. Jakarta. Sistem
Informasi.
Fatmawati,
2015. Technology Acceptance Model (TAM)
Untuk Menganalisis Penerimaan Terhadap Sistem Informasi Perpustakaan. Jurnal
Iqra’. Vol. 9, NO.01.
FIRLADI, 2017. Pengaruh Prinsip Technology Acceptance Model
(TAM) Pada Aplikasi Go-Jek Terhadap Kepuasan Pelanggan. Malang.
Nazaruddin,
2014. Modul Pembelajaran SPSS
(Statistical Package for the Social Sciences). Pusat Data dan Statistik
Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Ong &
Pambudi, 2014. Analisis Kepuasan Pelanggan
Dengan Importance Performance Analysis Di SBU Laboratory Cibitung PT Sucofindo
(Persero). Vol.IX, NO.1
Pramono, 2017, 03 17. Aplikasi My SMartfren. Retrieved 11 02, 2018,
from I-KNOW: http://10.1.35.7/SIPS/index.php/2017/03/17/aplikasi-my-smartfren-versi-5-3-0/
Rasyid, 2017.
Pengaruh Kualitas Layanan Dan Pemanfaatan Teknologi Terhadap Kepuasan Dan
Loyalitas Pelanggan Go-Jek. Jurnal
Ecodemica. Vol. 1, No.2
Sugiyono. 2014. Metode
Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: CV Alfabeta.
Yuliana,
Sanjaya, & Shobary, 2016. Analisis Kepuasan Pegawai Terhadap Layanan Unit
Sistem Informasi Menggunakan Technology Acceptance Model Di PT Kereta Api
Indonesia (Persero). Informatika. Vol