PENGARUH KEGUNAAN DAN KEMUDAHAN APLIKASI MY SMARTFREN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT. SMARTFREN TELECOM, Tbk MENGGUNAKAN METODE TAM

research
  • 27 Aug
  • 2020

PENGARUH KEGUNAAN DAN KEMUDAHAN APLIKASI MY SMARTFREN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT. SMARTFREN TELECOM, Tbk MENGGUNAKAN METODE TAM

ABSTRAK

 

Musliadi (11180145), Pengaruh Kegunaan dan Kemudahan Aplikasi MY SMARTFREN Terhadap Kepuasan Pelanggan  PT. Smartfren Telecom, Tbk Menggunakan Metode TAM.

 

Dalam penelitian ini, menggunakan teori Technology Acceptance Model (TAM) yang di perkenalkan oleh Davis pada tahun 1989. TAM menunjukkan kegunaan dan kemudahan penggunaan akan mempengaruhi niat individu dalam menggunakan teknologi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh prinsip Technology Acceptance Model (TAM) pada aplikasi MY SMARTFREN terhadap kepuasan pelanggan PT. SMARTFREN TELECOM, Tbk. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Variabel Kegunaan aplikasi MY SMARTFREN memiliki pengaruh yang siginifikan terhadap Kepuasan pelanggan  dimana hasil koefisien regresi variabel yang menunjukan angka (375,735) dan mempunyai signifikansi 0,000 (kurang dari 0,05), (2) Variabel Kemudahan MY SMARTFREN memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan pelanggan ditunjukan dengan koefisien regresi variabel yang menunjukan angka  (6,057) dan mempunyai signifikansi 0,000 (kurang dari 0,05). Didapat variabel independen (kegunaan dan kemudahan) secara bersama-sama mempengaruhi variabel dependen (kepuasan pelanggan) sebesar 0,653 atau 65,3% yang berarti bahwa Kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh variabel Kegunaan dan variable Kemudahan adalah sebesar 6,53%.

 


 

 

 

 

 

 

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

Adi, S., & Vivi, M. 2017. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi DJP Online Pelaporan SPT Pajak. ISBN: 978-602-1180-50-1. Karawang

 

Amanda, T. R., & Arfhan, P. 2016. Analisis Pengaruh Kemudahan Penggunaan Sopp Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Dengan Pendekatan TAM. Jurnal Sistem Informasi STIMIK Antar Bangsa. Vol. V, NO.2

 

Budiaji, 2013. Skala Pengukuran Dan Jumlah Respon Skala Likert: Serang: Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan.ISSN 2302-6308. Serang. Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan Vol. 2: 127-133.

 

Castella, 2017. Pengaruh Penggunaan ZSMART Terhadap Kepuasan Pada Karyawa PT. Smartfren Tbk Menggunakan Metode TAM. Jakarta. Sistem Informasi.

 

Fatmawati, 2015. Technology Acceptance Model (TAM) Untuk Menganalisis Penerimaan Terhadap Sistem Informasi Perpustakaan. Jurnal Iqra’. Vol. 9, NO.01.

 

FIRLADI, 2017. Pengaruh Prinsip Technology Acceptance Model (TAM) Pada Aplikasi Go-Jek Terhadap Kepuasan Pelanggan. Malang.

 

Nazaruddin, 2014. Modul Pembelajaran SPSS (Statistical Package for the Social Sciences). Pusat Data dan Statistik Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

 

Ong & Pambudi, 2014. Analisis Kepuasan Pelanggan Dengan Importance Performance Analysis Di SBU Laboratory Cibitung PT Sucofindo (Persero). Vol.IX, NO.1

 

Pramono, 2017, 03 17. Aplikasi My SMartfren. Retrieved 11 02, 2018, from I-KNOW: http://10.1.35.7/SIPS/index.php/2017/03/17/aplikasi-my-smartfren-versi-5-3-0/

 

Rasyid, 2017. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Pemanfaatan Teknologi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Go-Jek. Jurnal Ecodemica. Vol. 1, No.2

 

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: CV Alfabeta.

 

Yuliana, Sanjaya, & Shobary, 2016. Analisis Kepuasan Pegawai Terhadap Layanan Unit Sistem Informasi Menggunakan Technology Acceptance Model Di PT Kereta Api Indonesia (Persero). Informatika. Vol