ABSTRAK
Prasnia Chandra Devi (11152835),
Animasi Interaktif Pembelajaran Bahasa
Inggris Untuk Siswa Kelas 1 Pada
Sekolah Dasar Negeri Larangan 9
Tujuan dari pembuatan media
pembelajaran ini adalah untuk membuat animasi interaktif Bahasa Inggris untuk
siswa kelas 1 SD. Rumusan ide pembuatan media pembelajaran ini adalah penulis
terdorong untuk membuat animasi pembelajaran Bahasa Inggris untuk membantu guru
dalam mengajar. Metode yang digunakan dalam pembuatan media pembelajaran ini
adalah wawancara dengan guru dan murid, studi lapangan atau observasi, studi
pustaka melalui jurnal dan buku. Pada tahap analisis dilakukan beberapa tahap
yaitu studi pustaka dan wawancara, dan pada tahap perancangan meliputi
perancangan storyboard dan pembuatan user interface. Software
yang digunakan penulis dalam pembuatan media pembelaran ini adalah Adobe
Illustrator CS6 dan Adobe Flash CS6. Media pembelajaran yang dibuat
penulis berupa animasi interaktif pembelajaran Bahasa Inggris berbasis
multimedia yang dapat digunakan oleh siswa kelas 1 SD. Dalam animasi interaktif
pembelajaran Bahasa Inggris ini terdapat beberapa materi, latihan, serta
puzzle. Kesimpulan yang didapat adalah animasi interaktif Bahasa Inggris ini
dapat membantu guru dan murid dalam proses belajar mengajar, meningkatkan minat
belajar pada siswa kelas 1 SD, siswa juga dapat belajar sambil bermain.
Kata Kunci: Media Pelmbelajaran,
Animasi Interaktif, Pembelejaran Bahasa
Inggris, Multimedia
DAFTAR
PUSTAKA
Annisa, N., Saragih, A. H.,
& Mursid, R. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA
PELAJARAN BAHASA INGGRIS, 5(2), 210–222.
Ayuningtyas,
I., Fadhilah, M. A., & Arifin, R. W. (2018). Media Pembelajaran Mengenal
Hewan Dalam Bahasa Inggris Berbasis Multimedia Interaktif, 6(1), 85–94.
Bernard, M. (2014).
MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATTIK SISWA SMA MELALUI GAME ADOBE FLASH
CS 4, 2, 205–213.
Devi, A. A., Saputro, S., &
S, A. N. C. (2014). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF ELEKTROLIT, 3(2),
45–50.
Dwi, A., Merdekawati, C., &
Saputro, S. (2014). PENGEMBANGAN ONE STOP LEARNING MULTIMEDIA MENGGUNAKAN
SOFTWARE ADOBE FLASH PADA MATERI BENTUK MOLEKUL, 3(1), 95–103.
Enterprise, J. (2018). Otododak
Adobe Illustrator. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Ingsih, K., Ratnawati, J., Nuryanto,
I., & Astuti, S. D. (2018). Pendidikan Karakter:
Alat Peraga Edukatif Media
Interaktif. Sleman: DEEPUBLISH.
Kharisma, R. S., Kurniawan, R., & Wijaya, A. C. (2015). PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN
BERHITUNG BERBASIS MULTIMEDIA FLASH Pendahuluan Tinjauan Pustaka Hasil dan
Pembahasan. Jurnal Ilmiah DASI, 16(02), 1–6.
Khuzaini, N. (2014).
Pengembangan Multimedia Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash CS3 Pembelajaran
Matematika Siswa SMA Kelas X Semester II Materi Pokok Trigonometri. Jurnal
AgriSains, 5(2), 192–209.
Maesaroh, S., & Malkiah, N.
(2015). Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris Pengenalan Huruf &
Membaca Berbasis Multimedia untuk Sekolah Dasar.
Jurnal
Sisfotek Global, 5(1). Retrieved from https://stmikglobal.ac.id/journal/index.php/sisfotek/article/view/71/73
Maryani, D. (2014). Pembuatan
Media Pembelajaran Interaktif Bangun Ruang Matematika, 6(2), 18–24.
Maturidi,
A. D. (2014). Metode Penelitian Teknik Informasi. Yogyakarta: CV. BUDI
UTAMA.
Maulana, Y. (2018). Jenius
Membuat Mobile Edukasi Android. CV. Mobidu Sinergi.
Putra,
S. D. (2017). Belajar Mandiri Adobe Flash CS6 Memahami Antarmuka Flash &
Penerapannya. Medan.
Soentoyo, P. (2017). Animasi 2D.
Jakarta.
Utami, F. H., & Asnawati.
(2015). Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: CV.
BUDI UTAMA.
Wijayanto, R. (2014). Perancangan Animasi Interaktif
Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Kelas 2 pada MI Nurul Falah Ciater. Evolusi,
2(1), 1–11.