ANALISA PEMANFAATAN e-PUSKESMAS DI LOKET PENDAFTARAN PADA PUSKESMAS KECAMATAN PADEMANGAN DENGAN METODE PIECES

research
  • 27 Aug
  • 2020

ANALISA PEMANFAATAN e-PUSKESMAS DI LOKET PENDAFTARAN PADA PUSKESMAS KECAMATAN PADEMANGAN DENGAN METODE PIECES

e-Puskesmas merupakan aplikasi layanan kesehatan yang multiuser untuk pencatatan dan pendataan pasien pada pelayanan dasar kesehatan masyarakat. Di Puskesmas Kecamatan Pademangan khususnya di Loket Pendaftaran pada penerapannya ada beberapa kendala seperti gangguan jaringan internet dan gangguan bridging dengan Pcare BPJS. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kepuasan pengguna atau petugas terhadap pemanfaatan e-Puskesmas dengan menerapkan metode PIECES (Perfomance, Information, Economic, Control, Efficiency & Service). Pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, studi pustaka, dan analisa pengolahan data dilakukan dengan menggunakan skala Likert. Hasil analisa menggunakan metode PIECES dapat menggambarkan bahwa e-Puskesmas sangat bermanfaat dan berperan penting di Loket Pendaftaran, namun pada beberapa kendala yang terjadi seharusnya pihak Puskesmas dapat lebih berkoordinasi dengan development dari e-Puskesmas sehingga apabila terjadi kendala dapat segera diselelsaikan secara langsung.

Unduhan

 

REFERENSI

Agustina, N. (2018). Evaluasi Penggunaan Sistem Informasi ERP Dengan Metode Pieces Framework. Jurnal Informatika, 5(2), 278–286. https://doi.org/10.31311/ji.v5i2.3897

 

Alfian, R., & Putra, P. M. A. (2017). Jurnal Ilmiah Ibnu Sina, 2 (2), 176-183 Riza Alfian. Jurnal Ilmiah Ibnu Sina, 2(September), 176–183.

 

Arifin, Z. (2017). Kriteria Instrumen dalam suatu Penelitian. Jurnal Theorems (the Original Research of Mathematics), 2(1), 28–36.

 

Asbar, Y., & Saptari, M. A. (2018). Analisa Dalam Mengukur Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode PIECES. Jurnal Visioner & Strategis, 6(2), 39–47.

 

Devid, L., Mardiawati, D., & Sari, D. (2018). ANALISIS PEMANFAATAN E-PUSKESMAS DENGAN METODE PERFOMANCE, INFORMATION, EKONOMI, CONTROL, DAN EFISIENSI, SERVICE (PIECES) DI PUSKESMAS KOTA PADANG. Ensiklopedia, 1(1), 17–26. Retrieved from http://jurnal.ensiklopediaku.org

 

Dewi, A. R. (2018). Analisis Sistem Informasi Pengolahan Data Nilai Mahasiswa Menggunakan PIECES pada Prodi Sistem Informasi. 5341(October), 37–46.

 

Junaidi, E., Hadisaputra, S., & Al Idrus, W. S. (2018). KAJIAN PELAKSANAAN PRAKTIKUM KIMIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KABUPATEN LOMBOK BARAT INDONESIA. J. Pijar MIPA, 1(1), 45–50. https://doi.org/10.29303/jpm

 

Kristy, R. D., & Kusuma, W. A. (2018). MALANG. ANALISIS TINGKAT KEPUASAN DAN TINGKAT KEPENTINGAN PENERAPAN SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG Rellanti, 2, 17–24.

 

Putra,  hendra nusa. (2018). Analisis Pelaksanaan Sistem E-Puskesmas Dengan Menggunakan Metode Pieces Di Puskesmas Pemancungan Padang Tahun 2018. Ensiklopedia, 1(1), 244–247.

 


Supriyatna, A. (2015). Analisis Dan Evaluasi Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Dengan Menggunakan Pieces Framework. None, 11(1), 43–52.

 

Tullah, R., & Hanafri, M. I. (2014). Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Pada Politeknik LP3I Jakarta Dengan Metode Pieces. Jurnal Sisfotek Global, 4(1), 22–28. Retrieved from journal.stmikglobal.ac.id/index.php/sisfotek/article/download/36/37

 

Wedianto, A., Sari, H. L., & H, Y. S. (2016). Analisa Perbandingan Metode Filter Gaussian , Mean Dan Median Terhadap Reduksi Noise. Jurnal Media Infotama, 12(1), 21–30.