SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN PRODUK YANG AKAN DIJUAL DENGAN METODE ANP (ANALYTIC NETWORK PROCESS)

research
  • 27 Aug
  • 2020

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN PRODUK YANG AKAN DIJUAL DENGAN METODE ANP (ANALYTIC NETWORK PROCESS)

ABSTRAK

            Fahrizal Ilham Saleh (11150639), Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Produk yang akan Dijual dengan Metode ANP (Analytic Network Process)

Studi  Kasus : PT. Solusi Perkakas Indonesia

 

            Banyak perusahan retail maupun non retail yang gagal dalam memasarkan produk yang mereka jual agar selalu menarik perhatian masyarakat untuk membelinya. Mereka harus mampu bersaing secara global dengan perusahaan lain yang terus berinovasi untuk memberikan yang terbaik kepada konsumennya. PT. SOLUSI PERKAKAS INDONESIA adalah salah satu perusahan ritel yang menyediakan berbagai produk penjualan alat perkakas dan stationery dengan total tiga puluh ribu item yang dijual guna memenuhi kebutuhan konsumen akan kebutuhan mereka. Namun segelintir produk yang ada masih terdapat kekurangan seperti kurangnya minat konsumen untuk memilih produk tersebut, harga produk yang dipasarkan masih kalah saing dibandingkan toko perkakas dan alat tulis konvesional yang ada, serta ketidaktahuan masyarakat tentang produk yang dijual dari segi kualitas produk tersebut. Untuk menyediakan produk terbaik bagi konsumen serta bersaing dengan kompetitornya PT. SOLUSI PERKAKAS INDONESIA harus memperhatikan pemilihan produk yang mempunyai kualitas yang baik, harga yang dapat bersaing, jumlah ketersediaan yang memadai, serta proses pengadaan barang yang tepat waktu. Untuk dapat melakukan pemilihan produk yang tepat perlu adanya kriteria dan alternatif yang dapat menjawab kebutuhan konsumen. Metode yang akan digunakan untuk pemilihan produk didalam penelitian ini adalah metode ANP(Analytical Network Process). Penilaian performansi dilakukan pada 4 produk yang dijual yaitu Tools, Stationary, Lighting, dan Sanitary. Penilaian terhadap keempat produk tersebut menghasilkan rekomendasi produk terbaik yaitu Tools dengan skor atau bobot sebesar 0,4337.

 


 

 

 

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

Abdillah, M., Ilhamsyah, & Hidayati, R. (2018). Penerapan Metode Analytic Network Process (Anp) Berbasis Android Sebagai Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Tempat Kos. Journal Coding, Rekayasa Sistem Komputer Untan, 6(03), 12–22.

 

Anastasia, U., & Nurendah, Y. (2014). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(7), 1–15.

 

Darmawan, D. P. (2018). Analytic Network Process (edisi pert). yogyakarta: expert.

 

Kusumawardani, D. M., & Sediyono, E. (2017). Sistem Informasi Manajemen Rantai Pasok Pariwisata Untuk Pembuatan Produk Wisata Pada Agen Tour dan Travel dengan Analisis Swot dan Metode Analytic Network Process ). Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 6(2), 177. https://doi.org/10.21456/vol6iss2pp177-185

 

Lukman, M. D. (2014). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen Produk Teh Botol Sosro Kemasan Kotak. Jurnal Administrasi Bisnis (2014), 10(1), 64–81. https://doi.org/ISSN:0216–1249

Nasution, A. B. (2018). PENERAPAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MEMILIH RUMAH SAKIT BERSALIN DENGAN METODE ANP, 2(1), 73–83.

Nofriansyah, D., & Saejon, D. (2017). Multi Criteria decision making (MCDM) pada sistem pendukung keputusan. (H. Ramdhani, Ed.). deepublish.

 

Puspitasari, N. B., & Yancadianti, K. H. (2016). Analisa Pemilihan Supplier Ramah Lingkungan Dengan Metode Analytical Network Process (Anp) Pada Pt Kimia Farma Plant Semarang. J@Ti Undip : Jurnal Teknik Industri, 11(1), 1–8. https://doi.org/10.12777/jati.11.1.1-8

 

Ranius, A. Y. (2015). Sistem pendukung keputusan penentuan destinasi wisata unggulan di kota palembang.

 

Rumpuin, D., & Lawalata, V. O. (2015). ANALISIS KEPUTUSAN UNTUK PEMILIHAN MESIN PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE ANALYTIC NETWORK PROCESS (ANP) (Studi Kasus pada UD. Pelangi) Delfi. Jurnal Teknik Industri, 09.

 

Sundalangi, M., Mandey, S. L., & Jopie Jorie, R. (2014). Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, Dan Potongan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pizza Hut Manado. Jurnal EMBA, 2(1), 313–324.

 

Suryadi, K., & Ramdhani, M. (2017). Sistem Pendukung Keputusan. (W. Anisah, Ed.) (1st ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya Bandung.

 

Yulianti, E., & Damayanti, R. (2015). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN PENERIMAAN BEASISWA BAGI SISWA SMA N 9 PADANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE AHP ( ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS ) Salah satu utama model AHP yang membedakannya dengan model-model pengambilan keputusan yang lainnya ad. Jurnal TEKNOIF, 3(2).