ABSTRAK
Fahrizal Ilham Saleh (11150639), Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Produk yang akan Dijual dengan Metode ANP (Analytic Network Process)
Studi Kasus : PT. Solusi Perkakas Indonesia
Banyak
perusahan retail maupun non retail yang gagal dalam memasarkan produk yang
mereka jual agar selalu menarik perhatian masyarakat untuk membelinya. Mereka
harus mampu bersaing secara global dengan perusahaan lain yang terus berinovasi
untuk memberikan yang terbaik kepada konsumennya. PT. SOLUSI PERKAKAS INDONESIA
adalah salah satu perusahan ritel yang menyediakan berbagai produk penjualan alat
perkakas dan stationery dengan total
tiga puluh ribu item yang dijual guna memenuhi kebutuhan konsumen akan
kebutuhan mereka. Namun segelintir produk yang ada masih terdapat kekurangan
seperti kurangnya minat konsumen untuk memilih produk tersebut, harga produk
yang dipasarkan masih kalah saing dibandingkan toko perkakas dan alat tulis
konvesional yang ada, serta ketidaktahuan masyarakat tentang produk yang dijual
dari segi kualitas produk tersebut. Untuk menyediakan produk terbaik bagi
konsumen serta bersaing dengan kompetitornya PT. SOLUSI PERKAKAS INDONESIA
harus memperhatikan pemilihan produk yang mempunyai kualitas yang baik, harga
yang dapat bersaing, jumlah ketersediaan yang memadai, serta proses pengadaan
barang yang tepat waktu. Untuk dapat melakukan pemilihan produk yang tepat perlu
adanya kriteria dan alternatif yang dapat menjawab kebutuhan konsumen. Metode
yang akan digunakan untuk pemilihan produk didalam penelitian ini adalah metode
ANP(Analytical Network Process). Penilaian
performansi dilakukan pada 4 produk yang dijual yaitu Tools, Stationary,
Lighting, dan Sanitary. Penilaian terhadap keempat produk tersebut menghasilkan
rekomendasi produk terbaik yaitu Tools
dengan skor atau bobot sebesar 0,4337.
skripsi
DAFTAR PUSTAKA
Abdillah,
M., Ilhamsyah, & Hidayati, R. (2018). Penerapan Metode Analytic Network
Process (Anp) Berbasis Android Sebagai Sistem Pendukung Keputusan Dalam
Pemilihan Tempat Kos. Journal Coding, Rekayasa Sistem Komputer Untan, 6(03),
12–22.
Anastasia,
U., & Nurendah, Y. (2014). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek. Jurnal
Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(7), 1–15.
Darmawan,
D. P. (2018). Analytic Network Process (edisi pert). yogyakarta: expert.
Kusumawardani,
D. M., & Sediyono, E. (2017). Sistem Informasi Manajemen Rantai Pasok
Pariwisata Untuk Pembuatan Produk Wisata Pada Agen Tour dan Travel dengan
Analisis Swot dan Metode Analytic Network Process ). Jurnal Sistem Informasi
Bisnis, 6(2), 177. https://doi.org/10.21456/vol6iss2pp177-185
Lukman, M. D. (2014). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek
Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen Produk Teh Botol Sosro
Kemasan Kotak. Jurnal Administrasi Bisnis (2014), 10(1), 64–81.
https://doi.org/ISSN:0216–1249
Nasution, A. B. (2018). PENERAPAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN
DALAM MEMILIH RUMAH SAKIT BERSALIN DENGAN METODE ANP, 2(1), 73–83.
Nofriansyah,
D., & Saejon, D. (2017). Multi Criteria decision making (MCDM) pada
sistem pendukung keputusan. (H. Ramdhani, Ed.). deepublish.
Puspitasari,
N. B., & Yancadianti, K. H. (2016). Analisa Pemilihan Supplier Ramah
Lingkungan Dengan Metode Analytical Network Process (Anp) Pada Pt Kimia Farma
Plant Semarang. J@Ti Undip : Jurnal Teknik Industri, 11(1), 1–8.
https://doi.org/10.12777/jati.11.1.1-8
Ranius,
A. Y. (2015). Sistem pendukung keputusan penentuan destinasi wisata unggulan di
kota palembang.
Rumpuin,
D., & Lawalata, V. O. (2015). ANALISIS KEPUTUSAN UNTUK PEMILIHAN MESIN
PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE ANALYTIC NETWORK PROCESS (ANP) (Studi Kasus pada
UD. Pelangi) Delfi. Jurnal Teknik Industri, 09.
Sundalangi, M., Mandey, S. L., & Jopie Jorie, R. (2014).
Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, Dan Potongan Harga Terhadap Minat Beli
Konsumen Pada Pizza Hut Manado. Jurnal EMBA, 2(1), 313–324.
Suryadi,
K., & Ramdhani, M. (2017). Sistem Pendukung Keputusan. (W. Anisah,
Ed.) (1st ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya Bandung.
Yulianti,
E., & Damayanti, R. (2015). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN
PENERIMAAN BEASISWA BAGI SISWA SMA N 9 PADANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE AHP (
ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS ) Salah satu utama model AHP yang membedakannya
dengan model-model pengambilan keputusan yang lainnya ad. Jurnal TEKNOIF,
3(2).