PENGARUH APLIKASI FORCABERBASIS ERP TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA PADA PT. SISI JAKARTA

research
  • 27 Aug
  • 2020

PENGARUH APLIKASI FORCABERBASIS ERP TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA PADA PT. SISI JAKARTA

Penelitian ini bertujuan untuk menguji mengenai pengaruh kegunaan terhadap kepuasan Pengguna dalam menggunakan aplikasi FORCA berbasis ERP di PT. SISI JAKARTA. Kepuasan Pengguna merupakan perasaan seseorang rasakan dalam menanggapi suatu obyek tertentu baik itu menyenangkan atau tidak menyenangkan. Penelitian ini menggunakan metode TAM (Technology Acceptance Model) dengan dua variabel independen yaitu kegunaan dan satu variabel dependen yaitu kepuasan pengguna. Populasi dalam penelitian ini adalah  seluruh pengguna FORCA berbasis ERP yaitu 98 karywan pengguna Forca berbasis ERP. Sampel diambil dengan menggunakan rumus slovin dan didapat nilai sampel sebanyak 49 responden. Hasil analisis dengan menggunakan SPSS 20 menunjukan bahwa variabel  kegunaan  mempunyai pengaruh  yang terhadap kepuasan pengguna Forcaberbasis ERP di PT. SISI JAKARTA secara simultan. Ditunjukan dari nilai koefisien determinasi variabel kegunaan mempunyai pengaruh signifikan sebesar 51,6%  terhadap kepuasan pengguna PT. SISI JAKARTA.

Unduhan

 

REFERENSI

Akram, Animah, & Basuki, P. (2017). PENGARUH KUALITAS SISTEM INFORMASI, KUALITAS INFORMASI, KEPUASAN PENGGUNA, DAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP PENGGUNAAN SISTEM ERP (ENTERPRISE RESOURCE PLANNING) BERBASIS TAM (TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL). JURNAL MAGISTER MANAJEMEN UNIVERSITAS MATARAM.

 

Amos, Neolaka. 2014. Metode Penelitian dan Statistik. Bandung: Remaja
Rosdakarya.

 

Bahri, S, & Zamzam, F. (2015). Model Penelitian Kuantitatif Berbasis Sem-Amos (edisi dua). Yogyakarta: Deepublish.

 

Falahah. (2007). “ERP (Enterprise Resource Planning) Menyelaraskan Teknologi Informasi dengan Strategi Bisnis. Bandung: Informatika.

 

kotler. (2016). E-Jurnal ekonomi dan bisnis Universitas Udayana. denpasar.

Pramesti, G. (2014). Kupas Tuntas Data Penelitian dengan SPSS 22. Jakarta: Elex Media Komputindo.

 

Rosyida, S. (2017). Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Penggunaan Internet dalam Berbelanja Online. JURNAL SISTEM INFORMASI STMIK ANTAR BANGSA [VOL.VI NO. 2 AGUSTUS 2017].

 

Sangadji , Mamang , E., & Sopiah. (2010). Metodologi Penelitian–Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: ANDI.

 

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

 

SISI, PT. (2016). Manual Book FORCA. PT SISI.

 

Sumanto. (2014). Statistika Terapan. Yogyakarta: Center of Academic Publishing Service.

 

Susilaputri, R. E. (2017). PENGARUH NORMA SUBYEKTIF, DAN TAM TERHADAP NIAT MENGGUNAKAN SISTEM ERP. IHTIYADH Vol. 1 No.1 September 2017.

 

Wicaksono, A., Mulyo, H. H., & Riantono , I. E. (2015). ANALISIS DAMPAK PENERAPAN SISTEM ERP TERHADAP KINERJA PENGGUNA. Binus Business Review, vol. 6, no. 1, 2015, pp. 25-34

 

Wiguna, W., & Riana, D. (2016). Pengaruh Adopsi ASTRA Dealer Management System menggunakan Technology Acceptance Model Terhadap Kinerja Layanan Purna Jual Kendaraan Daihatsu. Jurnal TICOM Vol. 5 No.1 September 2016