IMPLEMENTASI DATA MINING PADA PRODUK FASHION BAJU ETNIC TENUN DI CV ASSOJAR DENGAN METODE ALGORITMA APRIORI

research
  • 27 Aug
  • 2020

IMPLEMENTASI DATA MINING PADA PRODUK FASHION BAJU ETNIC TENUN DI CV ASSOJAR DENGAN METODE ALGORITMA APRIORI

Penelitian ini dilator belakangi oleh pemanfaatan data transaksi penjualan yang tersimpan dalam database belum dimanfaatkan secara maksimal oleh Cv. Assojar. Data transaksi ini hanya digunakan untuk kebutuhan adminitrasi, padahal data tersebut menggandung informasi yang dapat diproses untuk keperluan yang lebih luas. Salah satunya adalah untuk mengimplmentasikan penjualan yang dapat berguna untuk meningkatkan kepuasaan konsumen. Penelitian ini menggunakan metode association rule dengan algortima apriori yang dapat digunakan untuk menemukan kombinasi item yang ada pada transaksi penjualan di Cv Assojar. Kombinasi item yang dihasilkan dari proses Apriori ini kemudian akan digunakan sebagai bahan rekomendasi penjualan sebagai stok yang harus ditambah dan menentukan pembentukan promo pada jenis baju yang jarang dibeli. Hasil penelitian ini berupa sistem informasi yang menghasilkan pembentukan promo diskon untuk jenis baju yang jarang dibeli, pada data transaksi 5 bulan terhitung pada bulan November 2018 sampai Maret 2019 menemukan hasil akhir jenis barang yang sering dibeli yaitu SBD LONG, SBD TOP Dan BT (BLUSH TENUN) dan hasil akhir jenis baju yang jarang dibeli yaitu KALINGGA TENUN. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil implementasi algoritma apriori dapat menghasilkan rekomendasi promo atau diskon untuk jenis baju KALINGGA TENUN. Promo/diskon ini dapat digunakan oleh pemilik sebagai salah satu strategi penjualan untuk meningkatkan kepuasaan konsumen.

Unduhan

 

REFERENSI

Adha, N., Sianturi, L. T., & Siagian, E. R. (2017). IMPLEMENTASI DATA MINING PENJUALAN SABUN DENGAN MENGGUNAKAN METODE APRIORI ( Studi Kasus : PT. Unilever). Majalah Ilmiah INTI, 12(2), 219–223.

Adinugroho, S., & sari arum,  yuita. (2018). No Title. ( sigit Adinugroho, Ed.) (2018th ed.). malang: Tim UB Press.

Anggraeni, H. D., Saputra, R., & Noranita, B. (2013). APLIKASI DATA MINING ANALISIS DATA TRANSAKSI PENJUALAN OBAT MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (Studi Kasus di Apotek Setya Sehat Semarang). Jurnal Masyarakat Informatika, 4(7), 1–8. https://doi.org/10.14710/jmasif.4.7.1-8

Ariyanto, R., Pradibta, H., Sanjaya, C. P., Informatika, T., Bengkalis, P. N., Analysis, M. B., & Mining, D. (2019). PENERAPAN MARKET BASKET ANALYSIS ( MBA ) DENGAN METODE ALGORTMA APRIORI UNTUK MENGANALISIS POLA PENJUALAN BATIK KHAS BANYUWANGI DI SEKAR KEDATON, 5, 190–196.

Finn Lee s, & Santana, J. (2010). Data Mining, Meramalkan bisnis perusahaan. Jakarta.

Kusrini, & Luthfi,  emha taufiq. (2009). Algoritma Data Mining. (T. A. Probawati, Ed.).

Listriani, D., Setyaningrum, A. H., & M.A, F. E. (2016). Penerapan Metode Asosiasi Menggunakan Algoritma Apriori Pada Aplikasi Pola Belanja Konsumen ( Studi Kasus Toko Buku Gramedia Bintaro ). Jurnal Teknik Informatika Vol 9 No. 2, Universitas Islam Negeri Jakarta, 9(2), 120–127. Retrieved from http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/ti/article/view/5602/3619

Marisa, F., & Purnomo, D. (2016). 408-441-1-Sm, (35), 1–5.

Nursikuwagus, A., & Hartono, T. (2016). Implementasi Algoritma Apriori Untuk Analisis Penjualan Dengan Berbasis Web. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 7(2), 701. https://doi.org/10.24176/simet.v7i2.784

Putra, J. L., Raharjo, M., Alfian, T., Sandi, A., Prasetyo, R., Magister, S., & Komputer, I. (2019). Implementasi Algoritma Apriori Terhadap Data Penjualan, 15(1), 85–90.

Rodiyansyah, S. F. (2015). Algoritma Apriori untuk Analisis Keranjang Belanja pada Data Transaksi Penjualan. Infotech, 1(1), 36–39. Retrieved from http://jurnal.unma.ac.id/index.php/infotech/article/view/42

Santoso, H., Hariyadi, I. P., & Prayitno. (2016). Data Mining Analisa Pola Pembelian Produk Dengan Menggunakan Metode Algoritma Apriori. Teknik Informatika. ISSN : 2302-3805, (1), 19–24. Retrieved from http://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/download/1267/1200

Sikumbang, E. D. (2018). Penerapan Data Mining Penjualan Sepatu Menggunakan Metode Algoritma Apriori, 4(1), 156–161.

Siregar, A. mutoi, & Pusphabuana, A. (2016). Data Mining. Jakarta: CV Kekata Group.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D (2016th ed.).

Tarigan, J. I. (2017). Barang Terlaris ( Studi Kasus : Pt . Indomarco Prismatama Medan ), 12, 184–185.