Penelitian
ini dilator belakangi oleh pemanfaatan data transaksi penjualan yang tersimpan
dalam database belum dimanfaatkan secara maksimal oleh Cv. Assojar. Data
transaksi ini hanya digunakan untuk kebutuhan adminitrasi, padahal data
tersebut menggandung informasi yang dapat diproses untuk keperluan yang lebih
luas. Salah satunya adalah untuk mengimplmentasikan penjualan yang dapat
berguna untuk meningkatkan kepuasaan konsumen. Penelitian ini menggunakan
metode association rule dengan algortima apriori yang dapat digunakan
untuk menemukan kombinasi item yang ada pada transaksi penjualan di Cv Assojar.
Kombinasi item yang dihasilkan dari proses
Apriori ini kemudian akan digunakan sebagai bahan rekomendasi penjualan
sebagai stok yang harus ditambah dan menentukan pembentukan promo pada jenis
baju yang jarang dibeli. Hasil penelitian ini berupa sistem informasi yang
menghasilkan pembentukan promo diskon untuk jenis baju yang jarang dibeli, pada
data transaksi 5 bulan terhitung pada bulan November 2018 sampai Maret 2019
menemukan hasil akhir jenis barang yang sering dibeli yaitu SBD LONG, SBD TOP
Dan BT (BLUSH TENUN) dan hasil akhir jenis baju yang jarang dibeli yaitu
KALINGGA TENUN. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil implementasi
algoritma apriori dapat menghasilkan rekomendasi promo atau diskon untuk jenis
baju KALINGGA TENUN. Promo/diskon ini dapat digunakan oleh pemilik sebagai
salah satu strategi penjualan untuk meningkatkan kepuasaan konsumen.
Adha, N., Sianturi, L. T., & Siagian, E. R. (2017). IMPLEMENTASI DATA
MINING PENJUALAN SABUN DENGAN MENGGUNAKAN METODE APRIORI ( Studi Kasus : PT.
Unilever). Majalah Ilmiah INTI, 12(2), 219–223.
Adinugroho, S., & sari arum,
yuita. (2018). No Title. ( sigit Adinugroho, Ed.) (2018th ed.).
malang: Tim UB Press.
Anggraeni, H. D., Saputra, R., & Noranita, B. (2013). APLIKASI DATA
MINING ANALISIS DATA TRANSAKSI PENJUALAN OBAT MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI
(Studi Kasus di Apotek Setya Sehat Semarang). Jurnal Masyarakat Informatika,
4(7), 1–8. https://doi.org/10.14710/jmasif.4.7.1-8
Ariyanto, R., Pradibta, H., Sanjaya, C. P., Informatika, T., Bengkalis, P.
N., Analysis, M. B., & Mining, D. (2019). PENERAPAN MARKET BASKET ANALYSIS
( MBA ) DENGAN METODE ALGORTMA APRIORI UNTUK MENGANALISIS POLA PENJUALAN BATIK
KHAS BANYUWANGI DI SEKAR KEDATON, 5, 190–196.
Finn Lee s, & Santana, J. (2010). Data Mining,
Meramalkan bisnis perusahaan. Jakarta.
Kusrini, & Luthfi, emha taufiq.
(2009). Algoritma Data Mining. (T. A. Probawati, Ed.).
Listriani, D., Setyaningrum, A. H., & M.A, F. E. (2016). Penerapan
Metode Asosiasi Menggunakan Algoritma Apriori Pada Aplikasi Pola Belanja
Konsumen ( Studi Kasus Toko Buku Gramedia Bintaro ). Jurnal Teknik
Informatika Vol 9 No. 2, Universitas Islam Negeri Jakarta, 9(2),
120–127. Retrieved from http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/ti/article/view/5602/3619
Marisa, F., & Purnomo, D. (2016). 408-441-1-Sm, (35), 1–5.
Nursikuwagus, A., & Hartono, T. (2016). Implementasi Algoritma Apriori
Untuk Analisis Penjualan Dengan Berbasis Web. Simetris : Jurnal Teknik
Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 7(2), 701.
https://doi.org/10.24176/simet.v7i2.784
Putra, J. L., Raharjo, M., Alfian, T., Sandi, A., Prasetyo, R., Magister,
S., & Komputer, I. (2019). Implementasi Algoritma Apriori Terhadap Data
Penjualan, 15(1), 85–90.
Rodiyansyah, S. F. (2015). Algoritma Apriori untuk Analisis Keranjang
Belanja pada Data Transaksi Penjualan. Infotech, 1(1), 36–39. Retrieved
from http://jurnal.unma.ac.id/index.php/infotech/article/view/42
Santoso, H., Hariyadi, I. P., & Prayitno. (2016). Data Mining Analisa
Pola Pembelian Produk Dengan Menggunakan Metode Algoritma Apriori. Teknik
Informatika. ISSN : 2302-3805, (1), 19–24. Retrieved from
http://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/download/1267/1200
Sikumbang, E. D. (2018). Penerapan Data Mining Penjualan Sepatu
Menggunakan Metode Algoritma Apriori, 4(1), 156–161.
Siregar, A. mutoi, & Pusphabuana, A. (2016). Data Mining.
Jakarta: CV Kekata Group.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif
dan R & D (2016th ed.).
Tarigan, J. I. (2017). Barang Terlaris ( Studi Kasus : Pt . Indomarco
Prismatama Medan ), 12, 184–185.