PENERAPAN ALGORITMA APRIORI PADA PEMILIHAN MEREK OLAHRAGA TERHADAP MINAT MASYARAKAT

research
  • 27 Aug
  • 2020

PENERAPAN ALGORITMA APRIORI PADA PEMILIHAN MEREK OLAHRAGA TERHADAP MINAT MASYARAKAT

Pada era zaman modern saat ini, persaingan bisnis semakin ketat khususnya di bidang industri merek, menuntut para pengembang untuk menemukan suatu strategi jitu yang dapat meningkatkan penjualan barang. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan tetap tersediaannya berbagai jenis merek yang dibutuhkan oleh konsumen. Untuk mempermudah masyarakat dan penjual dalam memilih merek olahraga yang sedang trend saat ini.. Penerapan Algoritma Apriori dapat membantu dalam membentuk kandidat kombinasi item, kemudian dilakukan pengujian apakah kombinasi tersebut memenuhi support dan confidence minimum yang merupakan nilai ambang yang diberikan oleh pengguna. Jika memenuhi parameter support dan confidence maka hasil tersebut dapat membantu dalam penentuan pemilihan merek yang paling diminati masyarakat. Dalam penelitian dan penerapan Algoritma Apriori pada pemilihan merek olahraga terhadap minat masyarakat dengan menganalisis merek yang paling diminati menggunakan Algoritma Apriori, Ms. Excel dan Tanagra maka didapatkan hasil Algoritma Apriori telah berhasil diterapkan untuk menganalisis merek produk olahraga yang paling diminati masyarakat Dari analisa tersebut kami mendapatkan NIKE sebagai merek yang paling diminati dan SPECS sebagai merek yang kurang diminati khususnya wilayah Jakarta timur dan wilayah kampus STMIK nusa mandiri kramat 18. Sehingga hasil yang diperoleh dapat menjadi acuan masyarakat dan penjual dalam memilih dan menjual merek olahraga yang trend saat ini.

 

Unduhan

  • FIRHAN 11152879.pdf

    FIRHAN 11152879

    •   diunduh 581x | Ukuran 240 KB

 

REFERENSI

Aditya, Marisa, F., & Purnomo, D. (2016). Penerapan Algoritma Apriori Terhadap Data Penjualan di Toko Gudang BM. JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science), 1(1), 1–5. https://doi.org/10.31328/jointecs.v1i1.408

 

Azizah, L. N. (2016). Luluk Jurnal 3. II(2), 378–385.

 

Badrul, M. (2016). Algoritma asosiasi dengan algoritma apriori untuk analisa data penjualan.

 

(2), 121–129.

 

Gunadi, G. & S. D. I. (2016). Penerapan Metode Data Mining Market Basket Analysis Terhadap Penjualan Buku Dengan Menggunakan Algoritma Apriori Dan Frequent Pattern Growth ( FP-GROWTH ) : Telematika Mkom, 4(1), 118–132. https://doi.org/10.1108/DLO-11-2013-0083

 

Mesran, A. (2018). ANALISA POLA PEKERJAAN LULUSAN STMIK BUDI DARMA MENERAPKAN. 2, 446–449.

 

Nofriansyah, dicky. (2014). Konsep Data Mining Vs Sistem Pendukung Keputusan. yogyakarta:

 

DEEPPUBLISH.

 

Purnia, D. S., & Warnilah, A. I. (2017). Implementasi Data Mining Pada Penjualan Kacamata Menggunakan Algoritma Apriori. IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology), 2(2), 31–39.

 

Retnosari, D. (2014). SISTEM APLIKASI DATA MINING UNTUK MENAMPILKAN INFROMASI TINGKAT KELULUSAN MAHASISWA. 13–20.

 

Rezkiani. (2016). Implementasi Data Mining Dengan Algoritma Apriori Untuk Menentukan Merek Sepatu Yang Diminati Pada Mahasiswa Pascasarjana Kelas 14.1a.01 Stmik Nusa Mandirijakarta. KNIT-2 Nusa Mandiri, 2(1), 49-INF.56. Retrieved from


http://konferensi.nusamandiri.ac.id/prosiding/index.php/knit/article/view/45

 

Siregar, S. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif (Kencana, ed.).

 

Venessa, I., & Arifin, Z. (2015). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Skripsi, 51(1), 44–48.

 

Waruwu, F. T., Buulolo, E., & Ndruru, E. (2017). IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI PADA ANALISA POLA DATA. I, 176–182.

 

Yanto, R., & Khoiriah, R. (2018). Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Obat. Creative Information Technology Journal, 2(2), 102. https://doi.org/10.24076/citec.2015v2i2.41.

 

Edi, R. (2014). METODE STATISTIKA PARAMETRIK & NONPARAMETRIK UNTUK PENELITIAN ILM-ILMU SOSIAL DAN PENDIDIKAN.

 

Sejarah Brand Sepatu PUMA dan Kenapa ADIDAS Lahir - retrieved may 30, 2019, from https://www.sneakersholic.com/2014/10/sejarah-brand-sepatu-puma-dan-lahirnya-adidas.html

 

Sejarah Perkembangan Brand Adidas - retrieved may 30, 2019, from akers.co.id/sepatu/merek-sepatu/adidas/

 

Sejarah Perkembangan Brand Nike - retrieved may 30, 2019, from https://www.sneakers.co.id/sejarah-brand-nike/

 

League, Sepatu Lokal Standar Internasional-retrieved may 30, 2019, from https://www.kaskus.co.id/thread/509d2be55b2acfd11e000115/league-sepatu-lokal-standar-internasional/

 

Sejarah Perusahaan Sepatu New Balance Lengkap -retrieved may 30, 2019, from https://www.sneakersholic.com/2014/11/sejarah-perusahaan-sepatu-new-balance.html

 

Sejarah singkat - retrieved may 30, 2019, from https://specs.id/about-us/?___store=id&___from_store=eng