Pada era zaman modern saat ini, persaingan bisnis
semakin ketat khususnya di bidang industri merek, menuntut para pengembang
untuk menemukan suatu strategi jitu yang dapat meningkatkan penjualan barang.
Salah satu cara mengatasinya adalah dengan tetap tersediaannya berbagai jenis
merek yang dibutuhkan oleh konsumen. Untuk mempermudah masyarakat dan penjual
dalam memilih merek olahraga yang sedang trend saat ini.. Penerapan Algoritma
Apriori dapat membantu dalam membentuk kandidat kombinasi item, kemudian
dilakukan pengujian apakah kombinasi tersebut memenuhi support dan confidence
minimum yang merupakan nilai ambang yang diberikan oleh pengguna. Jika memenuhi
parameter support dan confidence maka hasil tersebut dapat membantu dalam
penentuan pemilihan merek yang paling diminati masyarakat. Dalam penelitian dan
penerapan Algoritma Apriori pada pemilihan merek olahraga terhadap minat
masyarakat dengan menganalisis merek yang paling diminati menggunakan Algoritma
Apriori, Ms. Excel dan Tanagra maka didapatkan hasil Algoritma Apriori telah
berhasil diterapkan untuk menganalisis merek produk olahraga yang paling diminati
masyarakat Dari analisa tersebut kami mendapatkan NIKE sebagai merek yang
paling diminati dan SPECS sebagai merek yang kurang diminati khususnya wilayah
Jakarta timur dan wilayah kampus STMIK nusa mandiri kramat 18. Sehingga hasil
yang diperoleh dapat menjadi acuan masyarakat dan penjual dalam memilih dan
menjual merek olahraga yang trend saat ini.
FIRHAN 11152879
Aditya, Marisa, F., & Purnomo, D. (2016). Penerapan Algoritma Apriori Terhadap Data Penjualan di Toko Gudang BM. JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science), 1(1), 1–5. https://doi.org/10.31328/jointecs.v1i1.408
Azizah, L. N. (2016). Luluk Jurnal 3. II(2), 378–385.
Badrul, M. (2016). Algoritma asosiasi dengan algoritma apriori
untuk analisa data penjualan.
(2),
121–129.
Gunadi, G. & S. D. I. (2016).
Penerapan Metode Data Mining Market Basket Analysis Terhadap Penjualan Buku
Dengan Menggunakan Algoritma Apriori Dan Frequent Pattern Growth ( FP-GROWTH
) : Telematika Mkom, 4(1), 118–132.
https://doi.org/10.1108/DLO-11-2013-0083
Mesran, A. (2018). ANALISA POLA PEKERJAAN LULUSAN STMIK BUDI
DARMA MENERAPKAN. 2, 446–449.
Nofriansyah, dicky. (2014). Konsep Data Mining Vs Sistem Pendukung
Keputusan. yogyakarta:
DEEPPUBLISH.
Purnia, D. S., & Warnilah, A.
I. (2017). Implementasi Data Mining Pada Penjualan Kacamata Menggunakan
Algoritma Apriori. IJCIT (Indonesian
Journal on Computer and Information Technology), 2(2), 31–39.
Retnosari, D. (2014). SISTEM APLIKASI DATA MINING UNTUK MENAMPILKAN INFROMASI TINGKAT KELULUSAN MAHASISWA. 13–20.
Rezkiani. (2016). Implementasi
Data Mining Dengan Algoritma Apriori Untuk Menentukan Merek Sepatu Yang
Diminati Pada Mahasiswa Pascasarjana Kelas 14.1a.01 Stmik Nusa Mandirijakarta. KNIT-2 Nusa Mandiri, 2(1), 49-INF.56. Retrieved from
http://konferensi.nusamandiri.ac.id/prosiding/index.php/knit/article/view/45
Siregar, S. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif (Kencana,
ed.).
Venessa, I., & Arifin, Z.
(2015). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Dan Harga Terhadap Keputusan
Pembelian Konsumen. Skripsi, 51(1), 44–48.
Waruwu, F. T., Buulolo, E., &
Ndruru, E. (2017). IMPLEMENTASI ALGORITMA
APRIORI PADA ANALISA POLA DATA. I, 176–182.
Yanto, R., & Khoiriah, R. (2018).
Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola
Pembelian Obat. Creative Information
Technology Journal, 2(2), 102.
https://doi.org/10.24076/citec.2015v2i2.41.
Edi, R. (2014). METODE STATISTIKA PARAMETRIK &
NONPARAMETRIK UNTUK PENELITIAN
ILM-ILMU SOSIAL DAN PENDIDIKAN.
Sejarah Brand Sepatu PUMA dan Kenapa ADIDAS Lahir -
retrieved may 30, 2019, from
https://www.sneakersholic.com/2014/10/sejarah-brand-sepatu-puma-dan-lahirnya-adidas.html
Sejarah Perkembangan Brand Adidas
- retrieved may 30, 2019, from akers.co.id/sepatu/merek-sepatu/adidas/
Sejarah Perkembangan Brand Nike -
retrieved may 30, 2019, from https://www.sneakers.co.id/sejarah-brand-nike/
League, Sepatu Lokal Standar
Internasional-retrieved may 30, 2019, from
https://www.kaskus.co.id/thread/509d2be55b2acfd11e000115/league-sepatu-lokal-standar-internasional/
Sejarah Perusahaan Sepatu New Balance Lengkap -retrieved may 30, 2019, from https://www.sneakersholic.com/2014/11/sejarah-perusahaan-sepatu-new-balance.html
Sejarah singkat - retrieved may 30, 2019, from
https://specs.id/about-us/?___store=id&___from_store=eng