Animasi Interaktif Pengenalan Augmented Reality Rambu Lalu Lintas Yang Umum Pada Anak Usia Dini

research
  • 27 Aug
  • 2020

Animasi Interaktif Pengenalan Augmented Reality Rambu Lalu Lintas Yang Umum Pada Anak Usia Dini

 

 

Faqih Thoriq Islamy (11150617), Animasi Interaktif Pengenalan Augmented

Reality Rambu Lalu Lintas Yang Umum Pada Anak Usia Dini

 

 

 

Kemacetan dan kecelakaan merupakan masalah serius di kota-kota besar. Salah satu faktor penyebab kemacetan dan kecelakaan adalah faktor pengemudi atau masyarakat itu sendiri. Anak usia dini adalah masa dimana anak memiliki daya tangkap yang sangat tinggi. Oleh sebab itu, penting bagi masyarakat khususnya bagi anak usia dini mengenal rambu lalu lintas. Sehingga perlu suatu metode pembelajaran mengenai rambu lalu lintas sedini mungkin, agar  melekat dalam diri anak supaya kelak menjadi masyarakat yang taat dalam berkendara. Dari segi kegunaan, aplikasi media pembelajaran mengenai rambu lalu lintas ini dapat menjadi sarana alternatif untuk menarik minat anak usia dini mengenal fungsi rambu-rambu lalu lintas yang ada di Indonesia. Dengan dilengkapi menu pembelajaran berupa animasi Augmented Reality, animasi  2D  dan  suara  yang bertujuan  untuk  memudahkaanak  usia  dini  dalam mempelajari fungsi rambu-rambu lalu lintas serta dilengkapi dengan menu permainan agar anak dapat mengasah daya ingat dan tidak mudah bosan.

 

Unduhan

  • cover.pdf

    Skripsi_cover.pdf

    •   diunduh 135x | Ukuran 12 KB
  • DAFTAR PUSTAKA.pdf

    Skripsi_DAFTAR PUSTAKA.pdf

    •   diunduh 250x | Ukuran 364 KB

 

  • abstrak.pdf

    Skripsi_abstrak.pdf

    •   diunduh 154x | Ukuran 65,346
  • DAFTAR ISI.pdf

    Skripsi_DAFTAR ISI.pdf

    •   diunduh 267x | Ukuran 59,097

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

 

 

 

 

Aini, Q., Rahardja, U., Moeins, A., & Apriani, D. M. (2018). Penerapan Gamifikasi Pada Sistem Informasi Penilaian Ujian Mahasiswa Untuk Meningkatkan Kinerja Dosen. 4(1), 46–55.

 

Apriyani, M. E., & Gustianto, R. (2016). Augmented Reality sebagai Alat Pengenalan Hewan Purbakala dengan Animasi 3D menggunakan Metode Single Marker. JURNAL INFOTEL - Informatika Telekomunikasi Elektronika, 7(1), 47–52.

 

Ariyati, S., & Misriati, T. (2016). Perancangan animasi interaktif pembelajaran asmaul husna. Jurnal Teknik Komputer Amik Bsi, II(1), 116–121.

 

Dewi, R., Jauhari, I., & Rahayu, S. W. (2017). Perlindungan hukum terhadap korban/ahli waris akibat kecelakaan lalu lintas jalan. 1(2), 123–144.

 

Firmantoro, K., Anton, & Nainggolan, E. R. (2016). Animasi Interaktif Pengenalan

Hewan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 13(2),

14–22.

 

Handani, S. W., Suyanto, M., & Sofyan, A. F. (2016). Penerapan Konsep Gamifikasi Pada E-Learning Untuk Pembelajaran Animasi 3 Dimensi. Jurnal Ilmiah Telematika Mitra Teknologi Informasi, 9(1), 42–53.

 

Haramaini, T., Nasution, K., & Sulaiman, O. K. (2018). PENERAPAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DALAM MENENTUKAN TINGKAT KEMACETAN LALULINTAS DI KECAMATAN MEDAN KOTA. Multitek Indonesia: Jurnal Ilmiah, 12(1), 8–9.

 

Irsa, D., Wiryasaputra, R., & Primaini, S. (2015). Perancangan Aplikasi Game Edukasi Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan Linear Congruent Method ( Lcm ) Berbasis Android. 6(1), 7–14.

 

Indriani, R., Sugiarto, B., & Purwanto, A. (2016). Pembuatan Augmented Reality Tentang Pengenalan Hewan Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android Menggunakan Metode Image Tracking. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2016, 4(1), 73–78.

 

Kadri, T. (2018). Rancangan Penelitian (1 ed.).

 

Kharisma, R. S., Kurniawan, R., & Wijaya, A. C. (2015). Perancangan Media Pembelajaran Berhitung Berbasis Multimedia Flash Pendahuluan Tinjauan Pustaka Hasil dan Pembahasan. Jurnal Ilmiah DASI, 16(02), 1–6.

 

M.Muslihudin, & Oktafianto. (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi

Menggunakan Model Terstruktur dan UML.pdf (Arie Pramesta, Ed.).

 

 

68


 

Munir, M. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Kompetensi Dasar Register Berbasis Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejujuran, 22(2), 185–190.

 

Nugroho, A., & Pramono, B. A. (2017). Aplikasi Mobile Augmented Reality Berbasis Vuforia Dan Unity Pada Pengenalan Objek 3D Dengan Studi Kasus Gedung M Universitas Semarang. Jurnal Transformatika, 14(2), 86.

 

Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah.

Buletin Psikologi, 23(2), 103–111.

 

Pamoedji, A. K., Maryuni, & Sanjaya, R. (2017). Mudah Membuat Game Augmented

Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) dengan Unity 3D. Elex Media Komputindo.

 

Pranata, B. A. (2015). Mudah Membuat Game dan Potensi Finansialnya dengan Unity

3D.

 

P