ABSTRAK
Didik
Adityo (11180021), Pengaruh Penggunaan Aplikasi CRM terhadap kinerja karyawan PT.Bank Central Asia .Tbk menggunakan
metode TAM
Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui apakah Aplikasi CRM berpengaruh terhadap kinerja karyawan
PT.Bank Central Asia Tbk (Halo BCA) berdasarkan variabel kemudahan &
informatif. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan
model pendekatan Technology Acceptance
Model (TAM). Sampel yang digunakan adalah seluruh karyawan Halo BCA layanan
prioritas dengan jumlah 60 orang yang ditentukan dengan menggunakan metode
Non-probability sampling dengan sampling jenuh. Tehnik pengambilan data
menggunakan kuesioner online. Teknik analisa data menggunakan Uji Asumsi Klasik
& Uji Hipotesis yang terdiri dari Uji f dan t. Hasil menunjukan bahwa
variabel kemudahan dan informatif memiliki pengaruh yang signifikan terhadap
kinerja karyawan. Diketahui nilai signifikansi untuk pengaruh variabel
kemudahan terhadap kinerja karyawan adalah sebesar 0.010 < 0.05 & nilai
t hitung 2.649 > 2.002, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
yang signifikan variabel kemudahan terhadap kinerja karyawan, sedangkan pengaruh
variabel informatif terhadap kinerja karyawan adalah sebesar 0.006 < 0.05
& nilai t hitung 2.879 > 2.002, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan variabel informatif terhadap kinerja karyawan. didapat
nilai signifikansi untuk pengaruh variabel kemudahan & variabel informatif
secara simultan terhadap kinerja karyawan sebesar 0.000 < 0.05 dan nilai f
hitung 72.460 > 3.15, sehingga dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh
signifikan variabel independen (variabel kemudahan & informatif) secara
simultan terhadap kinerja karyawan.
ABSTRACT
Didik Adityo
(11180021), The Effect of Using CRM Applications on the performance of
employees of PT. Bank Central Asia. Tbk using the TAM method
This study aims to determine whether CRM applications
affect the performance of PT. Bank Central Asia Tbk (Halo BCA) employees based
on ease & informative variables. This research is a quantitative study
using the Technology Acceptance Model (TAM) approach. The sample used was all
priority employees of Halo BCA with a total of 60 people determined using the
Non-probability sampling method with saturated sampling. Techniques for
retrieving data using an online questionnaire. The data analysis technique uses
Classical Assumption Test & Hypothesis Test which consists of Tests f and
t. The results show that the ease and informative variables have a significant
influence on employee performance. It is known that the significance value for
the influence of convenience variables on employee performance is 0.010
<0.05 & the value of t count is 2.649> 2,002, so it can be concluded
that there is a significant effect on ease of employee performance, while the
influence of informative variables on employee performance is 0.006 <0.05
& t value of 2.879> 2,002, so it can be concluded that there is a
significant effect of informative variables on employee performance.
Significant values obtained for the influence of convenience variables &
informative variables simultaneously on employee performance of 0.000 <0.05
and f count 72.460> 3.15, so that it can be concluded that there are
significant independent variables (ease & informative variables)
simultaneously on employee performance
Keywords:
Technology Acceptance Model (TAM), CRM Application
DAFTAR PUSTAKA
Alannita,
N. P., & Suaryana, I. G. N. A. (2014). PENGARUH KECANGGIHAN TEKNOLOGI
INFORMASI, PARTISIPASI MANAJEMEN, DAN KEMAMPUAN TEKNIK PEMAKAI SISTEM INFORMASI
AKUNTANSI PADA KINERJA INDIVIDU. Akuntansi.
Arthana,
Yudhi W, Rukhviyanti, N. (2015). Pengaruh Minat Individu terhadap Penggunaan
Mobile Banking (M-Banking): Model Kombinasi Technology Acceptance Model (TAM)
dan Theory of Planned Behavior(TPB). Jurnal Informasi, VII(1),
25–44.
Fitriana,
A. (2015). Analisis TAM TerhadapFaktor-Faktor yang Mempengaruhi Nasabah
MenggunakanLayanan Internet Banking BCA TAM Analysis of Factors that Affect
TheCustomers ’ s Interest in Using The Internet Banking of BCA, 135–144.
Gerhana,
Y. A., Irfan, M., & Slamet, C. (2017). Edisi Juni 2017 Volume X No. 2, X(2),
1–18.
Heri
Setiawan. (2015). Penggunaan Technology Acceptance Model Untuk Mengukur
Penerimaan Layanan Mobile Third Generation (3G) Di Kota Palembang. Jurnal
Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, Vo.13 No.2.
Indarti.
(2016). Pengaruh Efektivitas Penerapan Sistem Presensi Terpadu Fingerprint
terhadap Disiplin Kerja Pegawai Negeri Sipil (Studi Kasus : Dinas Pemadam
Kebakaran Lebak Bulus Jakarta Selatan). Sistem Informasi STMIK Antar Bangsa,
5(2).
Mulyani,
A., & Kurniadi, D. (2015). ANALISIS PENERIMAAN TEKNOLOGI STUDENT
INFORMATION TERMINAL (S-IT) DENGAN MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL
(TAM), 7.
Priyatno,
D. (2013). Belajar cepat olah data statistik dengan SPSS, 1.
Prof.Dr.Sugiyono.
(2017). Metode Penelitian kuantitaif, kualitatif dan R&D.
Veriana,
P. A. A., & Budiartha, K. (2016). E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia
ABSTRAK Bali adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal, 17,
2225–2252.
Yani,
E., Lestari, A. F., Amalia, H., & Puspita, A. (2018). Pengaruh Internet
Banking Terhadap Minat Nasabah Dalam Bertransaksi Dengan Technology Acceptance
Model. Informatika, 5(1), 34–42.
Yuliana,
Y., Sanjaya, R., & Shobary, M. N. (2016). Analisis Kepuasan Pegawai
Terhadap Layanan Unit Sistem Informasi Menggunakan Technology Acceptance Model
Di Pt Kereta Api Indonesia (Persero). Jurnal Informatika, 3(2),
290–298. https://doi.org/10.31311/JI.V3I2.1191