ABSTRAK
Pita Sari (11152223) Penerapan Data Mining Menggunakan
Metode Algoritma Apriori Terhadap Data Penjualan Sparepart Mobil Pada PT.
BUANASAKTI ANEKA MOTOR Jakarta
PT. BuanaSakti Aneka Motor
adalah salah satu agen distributor mobil yang berada di Jalan warung buncit
raya No. 109 Duren Tiga Jakarta Selatan. Setiap hari banyaknya tumpukan data
yang semakin lama akan semakin bertambah banyak. PT.BuanaSakti Aneka Motor terkadang
mengalami kesulitan untuk mengetahui seberapa banyak suku cadang yang terjadi
dalam satu transaksi, sehingga data atau informasi stock baru sulit dicari
terkadang mengalami kekeliruan. Untuk mengetahui produk dengan penjualan
terbanyak dan keterkaitan produk satu dengan yang lainnya, diperlukan metode
algoritma apriori dan bantuan Tools Rapidminer untuk menghasilkan rules
atau aturan asosiatif. Dari hasil pembahasan dan analisis data yang dilakukan
dapat disimpulkan bahwa penerapan algoritma apriori dalam menentukan kombinasi
antar itemset dengan minimum support 25% dan minimum confidence
60% ditemukan 3 aturan asosiasi, dimana nilai support dan confidence tertinggi
adalah radiator dengan lampu stop minimum support 26,92% sedangkan minimum
confidence 64,65% dan oil filter dengan lampu stop minimum support
35,32 % sedangkan minimum confidence 61,58%, sedangkan lampu stop
dengan head lamp minimum support 27,27% dan minimum confidence
69,03%.
Daftar Isi
Daftar Pustaka
Lembar Judul
Abstrak
DAFTAR PUSTAKA
Badrul, M. dalam julsam. (2016). Algoritma asosiasi
dengan algoritma apriori untuk analisa data penjualan. (2), 121–129.
Kurniawati,
A. (2014). PEMETAAN POLA HUBUNGAN PROGRAM STUDI DENGAN ALGORITMA
APRIORI – STUDI KASUS SPMU UNNES. 1(1), 51–58.
Kurniawati, L., Kusuma, A. E., & Dewansyah, B. (2019).
Implementasi Algoritma Apriori Untuk Menentukan Persediaan Spare Part
Compressor. CESS (Journal of Computer Engineering System and Science),
4(1), 6–10. Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/cess/article/view/11303/pdf
Muflikhah, L., Ratnawati, dian eka,
& Putri, rekyan regasari mardi. (2018). Data
Mining.Pdf. Retrieved
from
http://ebookcentral.proquest.com/lib/cranfield/detail.action?docID=4708912.
Nofriansyah, D. (2014). Konsep
Data Mining Vs Sistem Pendukung Keputusan.
yogyakarta:
Deepublish.
Nofriansyah,
D., & Nurcahyo, G. widi. (2015). Algoritma Data Mining Dan Pengujian
(p. 118). p. 118. yogyakarta.
Puspabhuana, A., & Amril Mutoi Siregar. (2018). Data
Mining Pengolahan Data Menjadi Informasi Dengan Rapid Miner (p.
128). p. 128. Surakarta: Kekata.
Adinugroho, S., & Sari, Y. A. (2018). Implementasi
Data Mining Menggunakan Weka (p. 166). p. 166. malang: UB Press.
Rahmawati, F., & Merlina, N. (2018). Metode Data Mining
Terhadap Data Penjualan Sparepart Mesin Fotocopy Menggunakan Algoritma Apriori.
Jurnal Penelitian Ilmu Komputer, d(1), 9–20.
Rizqifaluthi, H., Yaqin, M. A., Muhammad, Z., &
Ramadhani, R. (2018). Process Mining Akademik Sekolah menggunakan RapidMiner. Matics,
10(2), 47. https://doi.org/10.18860/mat.v10i2.5158
Silalahi,
M. (2018). Computer Based Information System Journal ANALISIS CLUSTERING
MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS Mesri Silalahi. 02, 20– 35.
Santoso, H., Hariyadi, I. P., & Prayitno. (2016). Data
Mining Analisa Pola Pembelian Produk Dengan Menggunakan Metode Algoritma
Apriori. Teknik Informatika.
ISSN :
2302-3805, (1), 19–24. Retrieved from http://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/download/1267/1200
Bahtiar,
S., Saputra, A., Dwiana, R., Dewi, W., Oktaviani, N., Isnaeni, R. D., &
Astuti, T. (2016). Implementasi Data Mining Algoritme Apriori pada Penjualan
Suku Cadang Motor. Citisee, 23–24.
Ummi,
K. (2016). Nalisa Data Mining Dalam Penjualan Sparepart Mobil Dengan
Menggunakan Metode Algoritma Apriori (Studi Kasus : Di Pt. Idk 1 Medan). CSRID
(Computer Science Research and Its Development Journal), 8(3),
155–164. https://doi.org/10.22303/csrid.8.3.2016.155-164
Tersiana, A. (2018). Metode
penelitian.pdf. yogyakarta: penerbit yogyakarta.
Siregar, S. (2017). Metode
Penelitian Kuantitatif (Perhitungan Manual & SPSS) (p.
252).
p. 252.
Sujarweni, W. V. (2018). Metodologi
Penelitian.pdf. yogyakarta:
PUSTAKABARUPRESS.
Darma,
S. B. (2017). Algoritma apriori pada data penjualan di supermarket.
(January), 4–7.