ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP APLIKASI HAPPYFRESH DENGAN MENGGUNAKAN METODE AHP

research
  • 27 Aug
  • 2020

ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP APLIKASI HAPPYFRESH DENGAN MENGGUNAKAN METODE AHP


Yekti Amurwani (11152365), ANALISA KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP APLIKASI HAPPYFRESH DENGAN MENGGUNAKAN METODE AHP

Kepuasan pelanggan terutama dalam bidang jasa menjadi keharusan agar sebuah perusahaan tetap sukses. Sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa harus memperhatikan dan mengutamakan tingkat kepuasan pelanggan agar dapat bersaing dengan perusahaan-perusahaan lain yang bergerak di bidang yang sama. Happyfresh merupakan sebuah aplikasi berbasis android yang bergerak dibidang jasa belanja online. Untuk mengetahui tingkat kualitas aplikasi happyfresh terhadap kepuasan pelanggan maka peneliti melakukan analisa langsung terhadap pelanggan dengan memberikan kuesioner untuk diisi oleh para pengguna happyfresh dengan pertanyaan yang diajukan berdasarkan beberapa alternatif diantaranya pelayanan, harga, kemudahan, barang, toko, dan waktu. Setelah dilakukan penyebaran kuesioner kepada 100 responden dan dilakukan perhitungan dengan menggunakan metode analytical hierarchy process (AHP) didapatkan hasil bahwa alternatif yang sangat berpengaruh tinggi terhaddap kepuasan adalah barang dengan nilai sebesar 0,46 dan nilai terendah terdapat pada alternatif waktu dengan nilai 0,22. Artinya dapat ditarik kesimpulan bahwa hal yang perlu diperhatikan oleh perusahaan happyfresh guna untuk meningkatkan kepuasan pelanggan adalah aspek waktu.

Unduhan

 

REFERENSI


Frieyadie, F. (2017). PENGGUNAAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING PENENTUAN KELAYAKAN PEMBERIAN BEASISWA UNTUK SISWA


BERPRESTASI. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer.


 


Kosasi, S. (2014). Pembuatan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Untuk Memperluas Pangsapasar. Pembuatan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Untuk Memperluas Pangsapasar.


Lupiyoadi, R. (2014). Dinamika Bisnis Jasa dan Pentingnya Pemasaran Jasa. Pemasaran Jasa. https://doi.org/10.1177/0300985809357753


Mustakim, T. (2017). Sistem Pendukung Keputusan…, Torik Mustakim, Fakultas Teknik UMP, 2017. 3–11.


Nofriansyah, D. (2014). Konsep Data Mining Vs Sistem Pendukung Keputusan. In


 


Deepublish.


 


Rachmah, R. A., & Kardian, A. R. (2015). Sistem Penunjang Keputusan Pada Wedding Organizer “ The Purple House” Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Menggunakan Framework CodeIgniter. Jurnal Ilmiah KOMPUTASI.


 


Sari, C. A. (2015). Perilaku Berbelanja Online Di Kalangan Mahasiswi Antropologi Universitas Airlangga. Jurnal Antro Unair.


 


Sarifah, & Merlina, N. (2015). Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Dengan Metode Profile Matching di PT. Telkom Akses. Jurnal Pilar Nusa Mandiri.