Natasya Maudina (11150404), “Implementasi Data Mining Penjualan Cat Pada PT. Pancamas Putramandiri Menggunakan Algoritma Apriori
Algoritma Apriori pada saat ini telah di implementasikan ke berbagai bidang, salah satunya adalah di bidang bisnis atau perdagangan dan bidang pendidikan, di bidang bisnis misalnya implementasi Data Mining algoritma apriori untuk sistem penjualan tujuanya untuk membantu para pebisnis meningkatkan penjualan produk, sedangkan di bidang pendidikan misalnya implementasi data mining untuk menemukan pola hubungan tingkat kelulusan mahasiswa dengan data induk mahasiwa. Informasi tersebut didapat dengan memproses data yang tersedia Saat ini proses analisa yang berkaitan dengan kegiatan transaksi yang dilakukan dengan kurang baik, Maka dalam penelitian ini penulis meminta data di perusahaan kemudian diproses mengunakan Software Tanagra dan data tersebut secara terkomputerisasi dapat lebih baik, sehingga diperoleh informasi yang strategis. Oleh karena itu dibutuhkan suatu pendekatan baru yang dapat menyediakan informasi strategis. Data Mining sangat berguna untuk mengetahui hubungan pola frekuensi penjualan cat yang paling sering dibeli. Data Mining merupakan teknologi yang sangat penting dari gudang data mereka yang selama ini tidak diketahui apa manfaatnya.
Amri, 2017. Data Mining Dengan Algoritm Apriori Untuk Penentuan Aturan Asosiasi Pola Pembelian Pupuk. ISSN: 1410-5063.Amik Bina Sarana Informatika : Vol.XIX, No.1 Maret 2017.74-79.
Siregar, Sri Rahayu. 2013. Implementasi Data mining pada Penjualan Tiket pesawat menggunakan algoritma apriori (studi kasus: Jumbo Travel Medan ). ISSN: 2301-9425. Medan: Jurnal Ilmiah Pelita Informatika Budi darma Vol.7. No.1 juli 2014: 152-156
Surti Kanti, Ricardus Eko Indrajit, 2017. Implementasi Data Mining Penjualan Handphone Oppo Store Sdc Tangerang Dengan Algoritma Apriori. ISSN: 2407-1846. Stmik Nusa Mandiri . 1-6.
Dini Silvia Purnia, Ai llah Warnilah,2017. Implementasi Data Mining Pada Penjualan Kacamata Menggunakan Algoritma Apriori. ISSN: 2527-449X. Stmik Nusa Mandiri : Vol.2. No.2, November 2017, pp.31-39.
Hermawati,Fajar Astuti,2013.Data Mining.Yogyakarta:ANDI
Kusrini dan Emha Taufiq Lutfi,2009, Algoritma Data Mining. Yogyakarta;ANDI
Handoko Suryadi, 2010. Pengantar Data Mining. Yogyakarta : Penerbit Andi.
Faradillah, Sarah,2013, Implementasi Data Mining untuk pengenalan karakteristik, Transaksi customer dengan menggunakan C.45. ISSN:2301-9425.Medan: Jurnal Ilmiah pelita informatika Budi Darma Vol.5.No.3 desember 2013:63-70.
Agus Nursikuwagus, Tono Hartono, 2016. Implementasi Algoritma Apriori Untuk Analisis Penjualan Dengan Berbasis Web. ISSN: 22-52-4983. Universitas Komputer Indonesia : Vol.7. No.2 November 2016. 701-706.
Robi Yanto, Riri Khoiriah, Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Obat, STMIK BINA NUSANTARA, Jaya Lubuklingau, Citec Journal, Vol. 2, No.2, Februari 2015 – April 2015.
Mohammad Badrul,2016. Algoritma Asosiasi Dengan Algoritma Apriori Untuk Analisa Data Penjualan. ISSN: 1978-1946. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer Nusa Mandiri Jakarta : Vol. XII. No.2 September 2016. 121-129.
Aditya, Fitri Marisa, Dwi Purnomo, 2018. Penerapan Algoritma Apriori Terhadap Data Penjualan Di Toko Gudang BM. ISSN: 2541-3619. JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science) . 1-5.
Jordy Lasmana Putra, dkk, 2019. Implementasi Algoritma Apriori Terhadap Data Penjualan Pada Perusahaan Retail. ISSN:1978-1946 . Stmik Nusa Mandiri Jakarta : Vol. 15, No. 1 Maret 2019. 85-90.
Erma Delima Sikumbang, 2018. Penerapan Data Mining Penjualan Sepatu Menggunakan Metode Algoritma Apriori. ISSN: 2442-2436. Amik BSI Jakarta : Vol. 4, No. 1, Februari 2018. 156-161.