ABSTRAK
Ari Hasrul Arifin (12100101), Aplikasi Mobile Pembelajaran Huruf Sunda Kuno Untuk SMP Sederajat Menggunakan Pendekatan Permainan Interaktif.
Aksara sunda merupakan salah satu aksara tradisi hasil karya ortografi masyarakat sunda. Apabila aksara sunda tidak dipelihara atau sama sekali tidak digunakan lagi, maka akan hilanglah fungsi aksara sunda sebagai aspek budaya. Pendidikan merupakan salah satu faktor penting bagi kemajuan hidup manusia yang berbudaya. Pembelajaran multimedia di anggap lebih interaktif dan lebih mudah menyampaikan informasi yang ingin diberikan. Android merupakan salah satu Mobile Operting System atau sistem operasi handpone yang berupa software platform open source untuk mobile device. Aplikasi dalam bentuk mobile merupakan solusi yang dapat menjawab kekurangan dari system pembelajaran yang sudah ada. Dalam penerapannya aplikasi ini di harapkan bisa berjalan di platform mobile hingga bisa memudahkan siswa untuk belajar.
DAFTAR PUSTAKA
Acharya Shivani dan Vidhi Pandya. 2012. Bridge between Black Box and White Box – Gray Box Testing Technique. ISSN- 2277-1956. International Journal of Electronics and Computer Science Engineering Volume-2, Issue-1, Desember 2012: Diambil dari : http://www.ijecse.org/wp content/uploads/2012/12/Volume-2Number-1PP-175-185.pdf.
(14 Agustus 2014)
Baidillah Idin, Undang A. Darsa, Oman Abdurahman. 2008. DIREKTORI AKSARA SUNDA UNTUK UNICODE. I Oktober 2008: 5-23.
(13 Juni 2014)
Choerunisa Nenden, Etin Solihatin dan Raharjo. 2014. Partisipasi Masyarakat Sunda Dalam Pelestarian Budaya Sunda Study Deskriptif Kualitatif Di Desa Mekarsari. ISSN: 2337-5205. Jurnal Ppkn Unj Online Volume 2, Nomor 3, Tahun 2014 : Diambil dari:
http://skripsippknunj.com/wp-content/uploads/2014/03/nenden.pdf.
(11 Juni 2014)
Damarullah Wandy, Amir Hamzah, Uning Lestari. 2013. Aplikasi Pengenalan Dan Pembelajaran Bahasa Korea (hangeul) Berbasis Android. ISSN:2338-6304. Jurnal SCRIPT Vol. 1 No. 1 Desember 2013:
Diambil dari:
http://journal.akprind.ac.id/index.php/script/article/download/51/36.
(20 Juli 2014)
Gata Windu dan Grace gata. 2013. PENERAPAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA DALAM SISTEM INFORMASI PENJUALAN VERSI DESKTOP. ISSN : 1693 -9166. BIT VOL 10 No 1 April 2013:
Diambil dari:
http://riset.budiluhur.ac.id/wp-content/uploads/2013/10/PnrpnJavadlmSIPnjualan_Windu_Grace.pdf.
(1 Agustus 2014)
Gata Windu, Grace gata dan Nia Kusuma Wardhani. 2012. PENGIMPLEMENTASIAN ANDROID DALAM PERANCANGAN APLIKASI NUSA MANDIRI MOBILE APPLICATION (NUMA) DENGAN PEMROGRAMAN JAVA. ISSN : 1693 -9166. Jakarta: BIT VOL 9 No 2 September 2012 : 64-65. Diambil dari:
http://riset.budiluhur.ac.id/wp-content/uploads/2013/01/Bit-Vol-9-No-2-08.pdf.
(2 Agustus 2014).
Hadinegoro Arifiyanto, Nazaruddin Ahmad, Suyoto. PERANCANGAN APLIKASI MOBILE UNTUK PENGENALAN AKSARA JAWA. ISSN: 2089-9815 . Yogyakarta, 9 Maret 2013: Diambil dari:
http://fti.uajy.ac.id/sentika/publikasi/makalah/2013/2013_10.pdf.
(13Juni 2014)
Herman Tatang. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. ISSN : 1907 – 8838. No. I Vol. I Januari 2007:
Diambil dari:
http://file.upi.edu/Direktori/JURNAL/EDUCATIONIST/Vol._I_No._1-Januari_2007/6._Tatang_Herman.pdf.
(11 Juni 2014)
Ichwan Muhammad, Milda Gustiana Husada, M. Iqbal Ar Rasyid. 2013. PEMBANGUNAN PROTOTIPE SISTEM PENGENDALIAN PERALATAN LISTRIK PADA PLATFORM ANDROID. ISSN: 2087‐5266. JURNAL INFORMATIKA No.1 , Vol. 4, Januari – April 2013: 14. Diambil dari:
http://www.sharepdf.com/2b38a7b8bfa34bd984d1994488813fd5/peralatan%20listrik%20pada%20android.pdf.
(12 Agustus 2014)
Karwati Uus. 2011. Pembelajaran Tematis Di Sekolah Tingkat Awal Berbasis Seni. ISSN 1412-565X. No. 2, Agustus 2011: Diambil dari:
http://jurnal.upi.edu/file/10-Uus_Karwati-edit.pdf.
(12 Juni 2014)
Kim Hak. J dan Jonathan Modell Supriyanto. 2012. Mobile App Design Tool for Smartphones A Tutorial. ISSN: 2231-2307. International Journal of Soft Computing and Engineering (IJSCE) Volume-2, Issue-3, July 2012: Diambil dari:
http://www.ijsce.org/attachments/File/v2i3/C0728052312.pdf.
(3 Agustus 2014)
Meisadri Refi dan Nelly Indriani. 2013. PEMBANGUNAN GAME FIRST PERSON SHOOTER 3D ALIEN HUNTER. ISSN : 2089-9033. Bandung Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol. 2, No. 1, Maret 2013: 5
Diambil dari: http://komputa.if.unikom.ac.id/_s/data/jurnal/vol.2-no.1/2.2.2013.1-2089-9033.pdf/pdf/2.2.2013.1-2089-9033.pdf.
(13 Agustus 2014)
MZ Yumarlin. 2013. PENGEMBANGAN PERMAINAN ULAR TANGGA
UNTUK KUIS MATA PELAJARAN SAINS SEKOLAH DASAR. ISSN 2088 – 3676. Jurnal Tekhnik vol.3 No.1, April 2013: Diambil dari: http://jurnalteknik.janabadra.ac.id/wp-content/uploads/2014/03/10-Revisi-YUMARLIN-22-8-13.pdf.
(24 juli 2014)
Muharom Arzan, Rinda Cahyana, dan H. Bunyamin. 2013. PENGEMBANGAN APLIKASI SUNDA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (RAD) ISSN : 2302-7339. Jurnal Algoritma Sekolah Tinggi Teknologi Garut Vol. 10 No. 01 2013: 1 Diambil dari:
http://jurnal.sttgarut.ac.id/index.php/algoritma/article/download/58/54.
(12 Agustus 2014)
Mulyana Euneung. 2012. Ciptakan Sendiri Androidmu, Yogyakarta: Andi Offset.
Novaliendry Dony. 2013. APLIKASI GAME GEOGRAFI BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF. JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & PENDIDIKAN. ISSN : 2086 – 4981. VOL. 6 NO. 2 September 2013: Diambil dari:
http://jurnal-tip.net/jurnal-resource/file/10-Vol6No2Sep2013-Dony%20Novaliendry.pdf.
(13 Juni 2014)
Prawiro Sasmito Adi, dan Andjrah Hamzah Irawan. 2012. Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas 4 SD Dengan Metode Learning The Actual Object. ISSN: 2301-928X. JURNAL SAINS DAN SENI ITS Vol. 1, No. 1, September 2012:
Diambil dari:
http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/download/533/163.
(20 Juli 2014)
Purkayastha Ms. Debosmita Sen, Mr. Nitin Singhla. 2013. Android Optimization: A Survey. ISSN :2320-088X. International Journal of Computer Science and Mobile Computing. 2013: 46-47
Diambil dari:
http://ijcsmc.com/docs/papers/June2013/V2I6201314.pdf.
(12 Agustus 2014)
Selvapriya P.B. 2013. Different Software Testing Strategies and Techniques. ISSN: 2319-6386. International Journal of Science and Modern Engineering (IJISME) Volume-2, Issue-1, Desember 2013: Diambil dari:
http://www.ijisme.org/attachments/File/v2i1/L05271111213.pdf.
(12 Agustus 2014)
Sulistyorini Prastuti. 2009. Pemodelan Visual dengan Menggunakan UML dan Rational Rose. ISSN : 0854-9524. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK Volume XIV, No.1, Januari 2009: Diambil dari: http://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti1/article/viewFile/87/82.
(18 Agustus 2014)
Tarigan Tiranda Agus. 2014. APLIKASI PEMBELAJARAN METODE
SUBTITUSI PENYELESAIAN PERSAMAAN LINEAR DENGAN
METODE COMPUTER BASED TRAINING (CBT). ISSN: 2339-210X.
Medan: Informasi dan Teknologi Ilmiah Volume: III, Nomor: 2, juni 2014:
9-10 Diambil dari:
http://www.intibudidarma.com/berkas/jurnal/2.%20Agus%20Tiranda%2Tarigan.pdf.
(22 Agustus 2014).
Watung Arifan Ivan, Alicia A. E. Sinsuw, Sary D. E. Paturusi, Xaverius B. N.
Najoan. 2014. PERANCANGAN SISTEM INFORMASI DATA
ALUMNI FAKULTAS TEKNIK UNSRAT BERBASIS WEB. ISSN:
2301-8402. Manado: e-journal Teknik Elektro dan Komputer, 2014: 3-4
Diambil dari:
http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/informatika/article/download/3922/3436.
(24 Juli 2014)