Pengelolaan pengetahuan saat ini penting untuk
diterapkan di perusahaan ataupun organisasi dalam rangka
meningkatkan competitive advantage dan mengelola aset
perusahaan atau organisasi yang bersifat intelektual. Pentingnya
pengelolaan pengetahuan baik cara untuk memperoleh
pengetahuan maupun cara melakukan berbagi pengetahuan,
menjadi perhatian dari perusahaan asuransi jiwa. Flexibilitas
waktu dan lebih banyaknya aktifitas agen di luar kantor dan
terdapatnya agen ataupun leader yang memiliki side job menjadi
penyebab minimnya waktu untuk knowledge sharing serta
menjadi kendala dalam kegiatan Performance Review and
Planinning (PRP) secara face to face. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk membantu mengatasi permasalahan yang ada
dengan membangun aplikasi yang dapat membantu agen dan
leader dalam kegiatan PRP, dan membangun aplikasi yang dapat
mengembangkan knowledge sharing sesama agen yang dapat
dilakukan secara online melalui smartphone android sehingga
diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dari agen dan
leader. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
deksriptif analisis kerja dan aktifitas, dan prototype model untuk
perancangan sistem.
Dalam aplikasi yang berbasis smartphone android ini, agen dan
leader dapat melakukan kegiatan PRP dan knowledge sharing
kapanpun dan dimanapun tanpa terkendala oleh waktu dan
ruang, sehingga diharapkan dapat membantu para agen dan
leader dalam melakukan knowledge sharing dan kegiatan PRP
terutama bagi mereka yang memiliki side job.
[1] Amriani, Tenry Nur. Knowledge Management (KM) dalam
Organisasi Publik. Widyaiswara Muda Balai Diklat Keuangan
Makassar. http://www.bppk.depkeu.go.id/berita-makassar/19407-
knowledge-management-km-dalam-organisasi-publik. 2014.
[2] Awad ,Elias M dan Hassan M. Ghaziri. Knowledge Management,
Prentice Hall, Inc., A Pearson Education Company. 2003.
[3] Fatwan, Satyo dan Alex Denni. Indonesian MAKE Study &
Lessons learned from the winner . Jakarta: Gramedia Pustaka
Utama. 2009.
[4] Hasan, M. Iqbal. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan
Aplikasinya. Jakarta: Gralia Indonesia. 2002.
[5] Lim bui ho, Wuryaningtyas, Ronald. Penerapan Knowledge
Management System Pada Perusahaan Bisnis Konsultasi Pada PT.
Piramedia Sejahtera Abadi. Jakarta Binus University. 2008.
[6] Nonaka, Ikujiro and Takeuchi H. The Knowledge Creating
Company: How Japanesse Companies Create the Dynamics In
Innovatio. Oxford University Press. 1995.
[7] Pressman, Roger S. Software En gineerin g : A Practicioner's
App roach, 7th Edition. 2010.
[8] Rosa, A.S dan M. Shalahuddin. Rekayasa Perangkat Lunak
Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung : Informatika. 2013.
[9] Sanusi, Anwar. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba
Empat. 2011.
[10] Sudjana. Metode Statistika. Bandung: PT. Tarsito. 2002.
[11] Yuliazmi. Penerapan Knowledge Management Pada Perusahaan
Reasuransi: Studi Kasus PT. Reasuransi Nasional Indonesia.
Jakarta: Universitas Budi Luhur. 2005.
[12] aryanthi46.blogstudent.mb.ipb.ac.id/.../Sharing-Knowledge-
Capability.doc (Diakses 13 May 2014).
[13]www.bppk.depkeu.go.id/bdk/makassar/index.php/component/c
ontent/article/14-artikel-widyaiswara/666-knowledge-managementkm-
dalam-organisasi-publik. (Diakses 31 Mei 2014)
[14]http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/2012-1-00235-
IF%20Bab%202.pdf. (Diakses 31 Mei 2014)
[15]http://dessy.blogstudent.mb.ipb.ac.id/2011/03/17/sharingknowledge-
pada-pt-reasuransi-nasional-indonesia/. (Diakses 31
Mei 2014)
[16]http://www.bppk.depkeu.go.id/bdk/makassar/index.php/componen
t/content/article/14-artikel-widyaiswara/666-knowledgemanagement-
km-dalam-organisasi-publik. (Diakses 31 Mei 2014)
[17]journal.unair.ac.id/filerPDF/JURNAL_Agustin%20Irdiani.doc
(Diakses 31 Mei 2014)
[18]http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/Dra.%20Endan
g%20Mulyatiningsih,%20M.Pd./METODE%20PENGUMPULAN
%20DATA.pdf (Diakses 31 Mei 2014)
[19] www. Mococorner.com (Diakses 25 Juni 2014)
[20] Nistanto , Reska K. 2014. Indonesia Pasar Smartphone Terbesar
di Asia Tenggara.
[21]http://tekno.kompas.com/read/2014/06/15/1123361/indonesia.pasa
r.smartphone.terbesar.di.asia.tenggara
[22]http://repository.amikom.ac.id/files/Publikasi_09.11.3347.pdf