ABSTRAKSI
Reza Ariesandhi (1200067), Aplikasi M-Learning Pengenalan Alat Musik Tradisional Gamelan Jawa untuk Siswa Sekolah Dasar Berbasis Android.
Alat musik tradisional gamelan Jawa adalah warisan kebudayaan Indonesia yang tak ternilai harganya. Maka dari itu kita sebagai warga Indonesia mempertahankan warisan asli kebudayaan Indonesia dan melestarikan wawasan tentang budaya kepada generasi muda khususnya siswa sekolah dasar. Kesenian gamelan tersebut memerlukan inovasi pembelajaran yang baru dan menyenangkan yang dapat digunakan untuk mengenalkan dan melestarikan kebudayaan kepada siswa sekolah dasar melalui media smartphone berbasis android. Media yang dibuat menarik perhatian siswa sekolah dasar tertarik untuk belajar alat musik gamelan Jawa menggunakan metode M-Learning. M-Learning atau Mobile Learning merupakan penyampaian bahan pembelajaran elektronik pada alat komputasi mobile agar dapat diakses darimana saja dan kapan saja, sehingga dapat memudahkan siswa untuk belajar dan mengenal alat musik tradisional gamelan Jawa tanpa adanya guru pembimbing dan tidak terbatasi oleh waktu serta lebih memahami nilai budaya asli Indonesia.
DAFTAR PUSTAKA
Dadang Marsa, Sardianrinto 2013. Pengenalan Bahasa Inggris Untuk Anak Melalui APlikasi Edukasi Berbasis Android. ISSN :2089-9815. Yogyakarta, 9 Maret 2013 diambil dari : http://fti.uajt.ac.id/sentika/publikasi/makalah/2013/2013_22.pdf
Hidayantullah, M.J Dewiyani Sunarto, Teguh Suttanto.2013. Rancangan Bangun Aplikasi Pembelajaran Sandi Pramuka Pada Siswa Tingkat Sekolah Dasar Berbasis Android. ISSN : 2338-137X, Surabaya : Jsika Vol 2 No 2 (2013) Diambil dari : http://jurnal.stikom.edu/index.php/jsika/article/view/189/139
Ila Kholifatin Nisa, Abdul Rachman S.Pd, M.Pd.2013. Musik Barongan Kelompok Tersna Budaya Dalam Tradisi Ruwatan Di Desa Pasuruhan Lor, ISSN : 2301-091. Semarang. JSM 2 Diambil Dari : http://journal.unes.ac.id/sju/index.php.jsm
Illham M.Said 2008. Pengembangan Sarana Pengajaran Dengan Sistem Multimedia Untuk Menggali Potensi Kecerdasan Anak TK ISSN : 1907-5022
Mita Rohyati. 2014. Membangun Sistem Informasi Monitoring Data Inventory Di Vio Hotel Indonesia ISSN : 2089-9033.Jurnal Illmiah Komputer Dan Informatika Edisi 1 Vol 1
Muhammad Ichwan, Milda Gustiana Husada, M Iqbal AR Rasyid. 2013. Pembangunan Prototipe Sistem Pengendalian Peralatan Listrik Pada Platform Android ISSN : 2087-5866. Jurnal Informatika No 1 Vol 4
Mulyana Eueung 2012. App Inventor Ciptakan Sendiri Aplikasi Androidmu. Yogyakarta : Andi Offset
M. Ichiwan, Fifin Hakiky. 2011 Pengukuran Kinerja Goodreads Application Programming Interface (API) Pada APlikasi Mobile Android.
Prastuti Sulistyorini. 2009. Pemdolean Visual Menggunakan UML dan Rational Rose, ISSN : 0854-9524. Pekalongan :Jurnal Vol XIV No 1
Sang Mulyawan, Arie Budiman. 2013. Perancangan Aplikasi Pembelajaran Tentang Tindak Pidana Korupsi Berbasis Mobile. ISSN : 2098-9815. Yogyakarta
Shivani Acharya, Vidhi Pandya. Bridge Between Black Box And White Box - Gray Box Testing Techique. ISSN : 2277-1956/V2N1-175-185.IJECSCE
Sila, Widhyatama. 2012. Pola Imbal Gamelan Bali Dalam Kelompok Musik Perkusi Cooperland di Kota Semarang. ISSN : 2301-4091. Semarang : JSM (1)(2012)
Sukinah.2011. Seni Gamelan Jawa Sebagai Alternatif Pendidikan Karakter Bagi Anak Autis Disekolah Luar Biasa. ISSN : 2088-7965-01. Yogyakarta
Surya Darma Nasution.2013.Penerapan Metode Linier Kongruendan Algoritma Vienere Chiper Pada Aplikasi Ujian Berbasis Lan. ISSN : 2301-9425
Tri Listyorini, ANteng Widodo. 2013. Perancangan Mobile Learning Mata Kuliah Sistem Operasi Berbasis Android. ISSN : 2301-9425
Wahid Novianto. Pusat Kerajinan Gamelan Jawa. Diambil dari : http://www.gong.web.id
Windu Gata, Grace Gata, Nia Kusuma Wardhani 2012 . Pengimplemntasian Android Dalam Perancangan Aplikasi Nusa Mandiri Mobile Application ( Numa) Dengan Pemrograman Java. ISSN 1693-9166. Bit Vol 9 No 2
Zulkifli .2013. Model Prediksi Berbasis Neural Network Untuk Pengujian Perangkat Lunak Metode Black-Box iSSN : 1907-5022