Skripsi Aplikasi Navigasi Georaphic Information System Pada Objek Wisata Kota Sukabumi Berbasis Android

Lihat/Buka

Tanggal

2017-08-27

Penerbit

STMIK Nusa Mandiri

Abstraksi


ABSTRAK


 


Isep Lukmanul Hakim (12130139), Aplikasi Navigasi Georaphic Information System Pada Objek Wisata Kota Sukabumi   Berbasis Android.


Kota Sukabumi merupakan kota yang bidang pariwisatanya sedang mengalamiperkembangan. Para wisatawan dari luar wilayah, khususnya yang barupertama kali mengunjungi Kota Sukabumi akan  mengalami kendala dalam mengaksestempat-tempat wisata di kota ini, karena tidak mengetahui informasi secara rincimengenai lokasi wisata tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalahmembangun sebuah Sistem Informasi Geografis, yang diharapkan dapat membantuwisatawan dari luar daerah KotaSukabumimencari informasi sekaligus rute dari posisi user ke tempat wisata yang akan di kunjungi. Dalam pembuatan skripsi ini Metode pengembangan aplikasi yang digunakan adalah metode Waterfall. Model yang digunakan adalah empat buah diagram unified modeling language (UML), yaitu: (1) usecase diagram; (2) Activity Diagram; (3) Sequence Diagram; dan (4) Class Diagram. Aplikasi yang dihasilkan diharapkan dapat dijadikan media promosi sekaligus panduan wisata yang mempermudah wisatawan dalam merencanakan perjalanan wisata di Kota Sukabumi. 


Kata Kunci: PariwisataKota Sukabumi, android, Sistem Informasi Geografis

References


DAFTAR PUSTAKA


 


Afnarius, Surya, Vivi Mulya Ningsih dan Devo Frihandana. 2014. Pembangunan Aplikasi Wisata Kuliner Sumbar BerbasisMobile Geographic Information System. Program Studi Sistem Informasi FTI Universitas Andalas. ISSN : 2302-3740


http://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/kommit/article/view/1053


 


Bima, Ifnu. 2011. Java DesktopAplikasi POS Berarsitektur Three Tier
Menggunakan Swing, Hibernate danSpring
. Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 3.0 Unported License.


 


Gintoro, Iwan Wijaya Suharto, Febiyan Rachman dan Daniel Halim. 2010. Analisis Dan Perancangan Sistem Pencarian Taksi Terdekat
Dengan Pelanggan Menggunakan Layanan Berbasis Lokasi. Yogyakarta. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2010 (SNATI 2010). http://www.jurnal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/viewFile/1885/1663


 


Hartoyo, G. Manjela Eko, Yuli Nugroho, Ario Bhirowo dan Bilaludin Khalil. 2010. Modul Pelatihan Sistem Informasi Geografis (Sig) Tingkat Dasar. Bogor. Tropenbos International Indonesia Programme.


 


http://databoks.katadata.co.id/datapublish/2016/10/12/android-kuasai-lebih-dari 87-persen-sistem-operasi-smartphone-dunia  di akses pada 29 april 2017


 


Http://www.sukabumikota.go.id/page/geografis di akses pada 08-04-2017 07.36.


 


Irwansyah, Edy. 2013. SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS: Prinsip Dasar dan Pengembangan Aplikasi. Yogyakarta. Digibooks.


 


Kambuna, Dimas Agil Roeseno dan Panggih Basuki. 2014. Sistem Rekayasa Balik Sinyal Elektrokardiogram (EKG). Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika, FMIPA UGM, Yogyakarta. ISSN 2088-3714.


https://jurnal.ugm.ac.id/ijeis/article/view/7116/5563


 


Muhardin, Endy. 2008. Materi Pelatihan Java Fundamental. Jakarta. ArtivisiIntermedia.


 


Muttaqin, Imam, Inggih Permana dan Febi Nur Salisah. 2017. Aplikasi Navigasi Objek Wisata Kabupaten Lingga Berbasis Mobile. Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau ISSN 2502-8995.


http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/RMSI/article/view/2756


 


Mustaqbal,  Sidi. M, Roeri Fajri Firdaus, Hendra Rahmadi. 2105. Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus : Aplikasi Prediksi Kelulusan Snmptn). Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Widyatama. http://jitter.widyatama.ac.id/index.php/jitter/article/view/70


 


Nandi. 2008. Pariwisata dan Pengembangan Sumberdaya Manusia. Jurnal “GEA” Jurusan Pendidikan Geografi Vol. 8, No.1, April 2008. ejournal.upi.edu/index.php/gea/article/download/1689/1140


 


Putra, Andra Dwika, Rinda Cahyana dan Partono. 2014. Pengembangan Aplikasi Peta Wisata Garut Berbasis Android Menggunakan Metode Rapid Application Development. Jurnal Algoritma. Sekolah Tinggi Teknologi Garut. 2302-7339 Vol. 11 No. 1.


http://sttgarut.ac.id/jurnal/index.php/algoritma/article/view/141


 


Putra. Anna Arthdi. 2012. Buku Praktis Belajar Pemrograman Android. Diakses 28 April 2017 dari. Slideshare.


 


Prasetyo, Dwi dan Khafiizh Hastuti. 2015. Penerapan Haversine Formula Pada AplikasiPencarian Lokasi Dan Informasi Gereja Kristen Di Semarang Berbasis Mobile. Jurnal. http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/15004 di akses tanggal 10 Mei 2017.


 


Putra, Dian Wahyu, A. Prasita Nugroho dan Erri Wahyu Puspitarini. 2016. Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. JIMP - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan Vol.1, No.1 Maret. ISSN.5025716.


http://ejurnal.unmerpas.ac.id/index.php/informatika/article/view/7


 


Putra, Ryan Herwan Dwi, Herry Sujiani dan Novi Safriadi, 2015. Penerapan Metode Haversine Formula Pada Sistem Informasi Geografis Pengukuran Luas Tanah. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN) Vol. 1, No. 1.


http://jurnal.untan.ac.id/index.php/justin/article/view/12904


 


Reskanida, Fajri. 2016. Pemetaan Prestasi Sekolah Menengah Atas/Kejuruan Di Kota Bandar Lampung Berbasis Android. Skripsi. Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Lampung Bandar Lampung 2016.


http://jurnal.fmipa.unila.ac.id/index.php/komputasi/article/view/1180


 


Setyawan, Dodiet Aditya.2014. Pengantar Sistem Informasi Geografis
[Manfaat SIG dalam Kesehatan Masyarakat]. Program Studi Diploma Iv Kebidanan Komunitas Politeknik Kesehatan Surakarta.