Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Gigi Pada Manusia Dengan Menggunakan Metode Forword Chaining Berbasis Android

Abstraksi

Muhammad Rizki Hidayat (1216004), Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Gigi Pada Manusia Dengan Menggunakan Metode Forword Chaining Berbasis Android

 

 

 

Mempunyai gigi yang baik bukan hanya untuk menjaga penampilan fisik manusia namun juga untuk kesehatan. Gigi adalah bagian terpenting pada bagian tubuh manusia karena dengan tergantungnya kesehatan gigi maka dapat mengganggu aktifitas dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu untuk dapat  mencapai kesehatan gigi yang diinginkan harus dilakukan perawatan secara rutin. Namun minimnya suatu informasi terkait kesehatan gigi dapat menimbulkan suatu masalah. Untuk itu dibutuhkan suatu aplikasi yang menginformasikan kepada pasien tentang penyakit yang dialaminya. Melihat pada masalah yang dihadapi pasien tersebut maka dibuatlah sistem pakar diagnosa penyakit gigi dengan menerapkan pengetahuan dokter gigi ke dalam suatu aplikasi yang terkomputerisasi. Sistem pakar merupakan salah satu bagian dari kecerdasan buatan manusia yang mengandung pengetahuan dan pengalaman yang dimasukan oleh satu atau banyak pakar ke dalam satu lingkup pengetahuan tertentu, sedangkan metode yang digunakan adalah forward chaining. Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat membuahkan solusi berupa informasi yang tepat sebagai langkah awal untuk menangani penyakit yang dialami oleh pasien.

Kata Kunci: Gigi, Sistem Pakar, Android, forward chaining

Bidang ilmu
Etika IT (IT Ethics)

References

 

[1]      E. A. Tristiani, R. Ariyanto, and D. Puspitasari, “SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT GIGI DAN MULUT MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING (Studi Kasus: Rs. Brawijaya Malang),” in Seminar Informatika Aplikatif Polinema, 2016.

[2]      B. Yuwono, “Pengembangan sistem pakar pada perangkat mobile untuk mendiagnosa penyakit gigi,” in Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF), 2015, vol. 1, no. 4.

[3]      H. Jaya, S. Sabran, M. Idris, Y. A. Djawad, A. Ilham, and A. S. Ahmar, “Kecerdasan Buatan.” Fakultas MIPA Universitas Negeri Makassar, 2018.

[4]      E. T. Prasetyo and N. D. Retnowati, “Penerapan Kecerdasan Buatan Pada Game ‘Air Strike Stta’ Berbasis Client Server Pada Android,” Compiler, vol. 4, no. 1, 2015.

[5]      J. Permadi, H. Rhomadhona, and W. Aprianti, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Jagung Manis Menggunakan Runut Maju,” J. ELTIKOM J. Tek. Elektro, Teknol. Inf. dan Komput., vol. 3, no. 2, pp. 93–103, 2019.

[6]      A. R. Taufani and H. A. A. Rosyid, “Sistem Tutorial Berbasis Kecerdasan Buatan Pada Proses Pengambilan Keputusan Perawatan dan Perbaikan Gitar,” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 3, no. 1, pp. 79–86, 2019.

[7]      M. Hadi, M. Misdram, and R. F. Aini, “Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ayam Dengan Metode Forward Chaining,” JIMP-Jurnal Inform. Merdeka Pasuruan, vol. 1, no. 2, 2016.

[8]      B. H. Hayadi, Sistem Pakar. Deepublish, 2018.

[9]      B. Haqi, M. Kom, and H. S. Setiawan, Aplikasi Absensi Dosen dengan Java dan Smartphone sebagai Barcode Reader. Elex Media Komputindo, 2019.

[10]    M. Wasil, L. M. Samsu, and Y. K. Putra, “SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK PEMETAAN HOMESTAY DI LOMBOK TIMUR BERBASIS ANDROID,” Infotek J. Inform. dan Teknol., vol. 3, no. 1, pp. 15–19, 2020.

[11]    E. F. Wati and A. A. Kusumo, “Penerapan Metode Unified Modeling Language (UML) Berbasis Dekstop pada Sistem Pengolahan Kas Kecil Studi Kasus pada PT Indo Mada Yasa Tangerang,” Syntax J. Inform., vol. 5, no. 1, pp. 24–36, 2017.

[12]    F. Muhammad, K. Djumati, S. Hasan, and D. Lombo, “SISTEM INFORMASI AKUNTANSI POTONGAN PAJAK PPh 21 MENGGUNAKAN VISUAL STUDIO PADA PT. YUSHINDO YASA PERKASA TERNATE,” IJIS-Indonesian J. Inf. Syst., vol. 4, no. 2, 2019.

[13]    R. Yanto, Manajemen Basis Data Menggunakan MySQL. Deepublish, 2016.

[14]    A. Syawitri, S. Defit, and G. W. Nurcahyo, “Diagnosis Penyakit Gigi dan Mulut Dengan Metode Forward Chaining,” J. Sains dan Teknol. Ind., vol. 16, no. 1, pp. 24–29, 2018.

[15]    E. D. S. Mulyani and N. N. F. SM, “Aplikasi Pakar Diagnosa Penyakit Gigi Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Mobile,” E-Proceedings KNS&I STIKOM Bali, pp. 119–124, 2017.