Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Komputer Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Android

Abstraksi

Komputer yang digunakan dalam waktu yang cukup lama dan terus menerus dapat menyebabkan kerusakan pada komputer. Apabila tidak ditangani dengan tepat maka bisa menimbulkan kerusakan yang cukup besar. Sayangnya banyak pengguna yang hanya mengerti menggunakan komputer tapi tidak bisa memperbaiki apabila terjadi kerusakan. Karena kerusakan komputer merupakan masalah yang cukup kompleks sehingga dibutuhkan pengetahuan komputer yang cukup baik untuk menyelesaikan masalah tersebut. Adanya aplikasi sistem pakar diagnosa kerusakan komputer yang berfungsi sebagai pengganti seorang pakar di bidang komputer diharapkan bisa membantu para pengguna yang awam agar sekiranya dapat mendiagnosa sendiri kerusakan komputer dan mendapatkan solusi dari permasalahan yang dialami sebelum pergi ke tempat servis komputer. Forward Chaining adalah salah satu metode sistem pakar yang merupakan teknik pencarian kesimpulan yang beralur maju, diawali dengan memberikan beberapa fakta yang kemudian harus dijawab sesuai fakta yang terkait untuk menentukan suatu kesimpulan akhir dari informasi yang telah diberikan. Aplikasi sistem pakar yang dibuat mampu mendiagnosa beberapa jenis kerusakan komputer dengan tepat dan bisa memberi solusi permasalah kerusakan komputer yang dialami tanpa memerlukan seorang pakar. Aplikasi yang dibuat dijalankan menggunakan smartphone berbasis Android sehingga sangat mudah digunakan oleh pengguna dan praktis dibawa ke manapun.

Kata Kunci: Sistem Pakar, Komputer, Forward Chaining, Android

Bidang ilmu
Etika IT (IT Ethics)

References

DAFTAR PUSTAKA

[1]      A. Farizi, “Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Kerusakan Komputer Dengan Menggunakan Metode Forward Chaining,” Edu Komputika J., vol. 1, no. 2, pp. 21–32, 2014.

[2]      Yasmiyati, “Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Pada Perokok Dengan Metode Forward Chaining Berbasis Web,” Paradig. - J. Komput. dan Inform., vol. 19, no. 1, pp. 69–73, 2017.

[3]      D. Puspitasari, “Sistem Informasi Perpustakaan Sekolah Berbasis Web,” J. Pilar Nusa Mandiri Vol. XII, vol. 12, no. 2, pp. 227–240, 2016.

[4]      R. Rosnelly, Sistem Pakar Konsep dan Teori. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2012.

[5]      M. Arhami, Konsep Dasar Sistem Pakar. Yogyakarta: Andi, 2005.

[6]      Suyanto, Artifficial Intelligent. Bandung: Informatika, 2007.

[7]      J. Enterprise, Belajar Java, Database dan NetBeans dari Nol. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2016.

[8]      A. Wahadyo, Android 4: Untuk Pengguna Pemula Tablet & Handphone. Jakarta: Mediakita, 2013.

[9]      A. Satyaputra and E. M. Aritonang, Let’s Build Your App with Android Studio. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2016.

[10]    V. Yasin, Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2012.

[11]    A. Rosa and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika, 2016.

[12]    Suminten and Rani, “Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Laptop Menggunakan Metode Forward Chaining,” J. RESTI, vol. 2, no. 3, pp. 604–610, 2018.

[13]    N. E. Putri, “Sistem Pakar Kerusakan Hardware Komputer Dengan Metode Forward Chaining,” J. Momentum, vol. 18, no. 2, pp. 53–59, 2016.

[14]    R. Ambarita, “Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Mainboard Komputer,” Indones. J. Inf. Syst., vol. 2, no. 1, pp. 10–17, 2017.