WIDYA CIPTA, VOL III NO. 1 STRATEGI MEREK DALAM PEMASARAN PRODUK

Tanggal

2012-03-01

Abstraksi

Dengan semakin banyaknya jumlah merek di pasar maka dalam aktualisasinya semakin meningkat pula ketajaman persaingan diantara merek-merek yang beredar tersebut,  hanya merek yang memiliki ekuitas merek kuatlah yang akan tetap mampu bersaing dan menguasai pasar. Memahami substansi dan pentingnya suatu merek merupakan keharusan bagi pemasar untuk merancang merek secara maksimal jika menginginkan merek yang diluncurkan bisa sinergis bersama nilai jual pada pemasaran produk di pasaran. Merek merupakan identitas produk atau bahkan harga diri pertaruhan nama baik perusahaan yang mana didalamnya terkandung citra perusahaan. Merek yang dirancang berdasarkan strategi yang tepat  bagi pelanggan akan menghasilkan citra yang bisa menghubungkan produk dan layanan yang diterima oleh pelanggan dengan simbol-simbol identitas perusahaaan yang menjadi lebih positif dan sebaliknya dengan mengabaikan hal tersebut maka akan beresiko merusak citra maupun nama baik perusahaan di mata pelanggan, oleh sebab itu memperhatikan penamaan merek, segmen dan target dari produk yang dihasilkan maupun penempatan pencitraan atau positioning yang diharapkan oleh pemasar (perusahaan) merupakan modal utama strategi dalam merancang merek agar merek yang dibuat bisa terbangun sinergis dengan harapan yang ada di benak pelanggan dan terealisasi pula dalam kenyataan kualitas produk serta tepat sasaran. Maka sudah merupakan keniscayaan bagi setiap pemasar untuk memiki keahlian dan pengetahuan terhadap produk. Dengan penanganan produk yang serius diharapkan dapat menyisipkan strategi pemasaran merek yang terkonsep dan terpadu kedalam subtansi produk jauh hari sebelum produk tersebut dibuat, persiapan yang matang terhadap suatu produk akan membantu dalam mengantarkan produk yang beredar dipasaran kelak untuk bisa memiliki ekuitas merek yang bertahan lama. 

Kata Kunci: Merek, Strategi, Pemasaran, Produk

URI
https://drive.google.com/file/d/0B7ZOdXfKhwUCMlpFSTBYOVRsRm8/view

References

Kadaryatmo. 2012. Brand, Positioning adalah janji merek Anda. Solo. Diambil dari : http://koransolo.com/metro/konsultasi/1283-brand-positioning-adalah-janji-merek-anda

 

Kartajaya, Hermawan. 2004. Positioning Differentiation Brand. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.

 

Rangkuti, Freddy. 2004. The Power of Brands: Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.

 

Sutomo, Djati. 2006. Cara Pintar Menembus Pasar 23 Jurus Jitu Marketing. Jakarta. Republika.

 

Tim Redaksi. 2011. Strategi merek Dalam Pemasaran Produk. Yogyakarta. Diambil dari : http://bisnisukm.com/strategi-merek-dalam-pemasaran-produk.html

 

Tim Redaksi. 2009. Apa Itu Segmentasi Pasar. Yogyakarta. Diambil dari : http://bisnisukm.com/apa-itu-segmentasi-pasar.html

 

Tim Redaksi. 2010. Strategi Penetapan Target Pasar. Yogyakarta. Diambil dari http://bisnisukm.com/strategi-penetapan-target-pasar.html