Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Tas Pada Toko Lokalop

Lihat/Buka

Tanggal

Penerbit

Jurnal Sistem Informasi STMIK Antar Bangsa

Abstraksi

Teknologi informasi memegang peranan penting, diantaranya dalam dunia bisnis, hal ini dapat dilihat dengan munculnya electronic commerce (e-commerce). Dengan adanya internet dalam proses bisnis khususnya kegiatan promosi dan layanan pembelian produk, menjadikan e-commerce dalam suatu organisasi bisnis akan memberikan manfaat. E-commerce adalah kegiatan bisnis dengan tujuan mengambil keuntungan seperti penjualan, pembelian, pelayanan, informasi dan perdagangan melalui perantara yaitu jaringan komputer terutama internet. Manfaat e-commerce yaitu meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan serta meningkatkan daya saing terhadap perusahaan. Toko Lokalop salah satu toko yang bergerak dibidang usaha penjualan tas, dimana sistem yang digunakan masih menggunakan sistem konvensional yang pastinya kurang efektif dalam hal promosi dan kurang efisien dalam hal penjualan. Sistem konvensional yaitu pembeli harus datang langsung ke toko sehingga menyita waktu pembeli yang berada jauh dari toko tersebut. Penjualan secara konvensional tidak terlalu banyak membantu karena sulitnya dalam berpromosi. Melakukan promosi secara langsung mendatangi calon pembelinya yang sudah pasti akan memakan biaya yang cukup besar. Maka dari itu dibuatlah sistem penjualan online dengan tujuan dapat membantu transaksi penjualan pada toko Lokalop.

Kata Kunci: Sistem, Informasi, Penjualan, Lokalop

URI
http://www.ejournalab.com/index.php/jsi/article/view/34

Bidang ilmu
Sistem Informasi

References

Al-Rosyid, Harun., Bambang Eka Purnama, Indah Uly Wardati. Sistem Informasi Penjualan Buku Berbasis Website Pada Toko Buku Standart Book Seller Pacitan. Indonesian Journal on Networking and Security- ISSN: 2302-5700.

 Amin, Fatkhul, R. Soelistijadi, dan Aji Priambodo. Aplikasi E-commerce Sentra Batik di kota Semarang Sebagai salah satu upaya Media Promosi dan Transaksi Secara Online. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK Volume 17, No.1, Januari 2012:67-74. ISSN : 0854-9524.

Fatta, Al Hanif. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta:Andi Offset. 2007.

Handita, Ditya Banu, Umar, dan Umi Fadlillah. Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada USANTEX. Jurnal Emitor Vol. 12 No. 01. ISSN : 1411-8890.

Irawan.  Panduan Berinternet untuk Orang Awam. 2011. Maxicom: Palembang.

Irnawati, Dewi. Pemanfaatan E-Commerce Dalam Dunia Bisnis. November 2011. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis-Edisi ke VI, November 2011. ISSN:2085-1375.

Kadir, A. Membuat Aplikasi Web dengan PHP dan Databse MySQL. Andi Offset: Yogyakarta. 2009.

 Nugorho, Adi. Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek dengan Menggunakan Metode USDP (Unified Software Development Process). Yogyakarta:Andi Offset. 2010.

Rejeki, Rara Sri Artati, Agus Prasetyo utomo, dan Stefiana Sri Susanti. Perancangan dan Pengaplikasian Sistem Penjualan pada “Distro Smith” Berbasis E-Commerce. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK Volume 16, No.1, Juli 2011:150-159. ISSN : 0854-9524.

Ramadhan, Arief. Pemrograman Web Databse dengan PHP dan MySQL. Bogor: Elex Media Komputindo. 2006.

Rudy, Suyan Alias Wati, Reinaldi, Natalini. Analisis dan Perancangan Sistem E-commerce (Studi Kasus: PT. Istana Romantik Dekorindo). Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2008. Yogyakarta, 21 Juni 2008. ISSN: 1907-5022.

Sadeli, Muhammad. 7 Jam Belajar Interaktif Dreamweaver CS5 untuk Orang Awam. Maxicom: Palembang. 2011.

Sugara, Eka Prasetya Adhy. Sistem  Informasi Pencarian dan Penjualan Barang Berbasis Web Pada Toko Bagus.Jurnal Teknologi dan Informatika Vol. 1 No.2 Mei 2011

Wily, Indrajani. Analisis dan Perancangan Sistem Penjualan Berbasis Web Pada PT. Sarang Imitasi. Seminar Nasional Teknologi 2007. Yogyakarta, 24 November 2007. ISSN: 1978-9777.