PERANCANGAN GAME KUIS INTERAKTIF SEBAGAI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DRILL AND PRACTICE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

research
  • 12 Apr
  • 2018

PERANCANGAN GAME KUIS INTERAKTIF SEBAGAI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DRILL AND PRACTICE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Penelitian ini bertujuan untuk membangun multimedia pembelajaran model drill and practice untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development(R&D). Menguji kinerja media serta mengetahui tingkat kelayakan game ini diujikan ke lapangan. Diharapkan game ini mampu membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pandangan dan ketertarikan siswa terhadap pembelajaran yang menggunakan multimedia pembelajaran model drill and practice dan untuk melihat validitas atau kelayakan game kuis interaktif yang telah dibangun serta untuk melihat penilaian siswa terhadap multimedia yang telah dikembangkan. Kuisioner yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya adalah kuisioner survey lapangan yang diberikan kepada 2 siswa SMP IBS Darul Muta’allimin Tasikmalaya dan kuisioner penilaian siswa terhadap game kuis interaktif. Dari penelitian ini didapatkan hasil yaitu hampir seluruh siswa memberikan respon positif mengenai pembelajaran yang menggunakan multimedia pembelajaran model drill and practice dengan game kuis interaktif , siswa memberikan penilaian sangat baik terhadap multimedia pembelajaran game kuis interaktif dengan persentase penilaian sebesar 91.979%, dan mengalami peningkatan hasil belajar.

Unduhan

  • 67-232-1-PB.pdf

    Jurnal Informatika

    •   diunduh 900x | Ukuran 492 KB

 

REFERENSI

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta : PT.

RajaGrafindo Persada.

Haryatno, Agung Hendri. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Alat Ukur Catodhe Ray Oscilloscope (CRO) untuk Siswa SMK. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta.

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. 2008. Media Pendidikan:Pengertian,Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta : Rajawali Press.

Sardiman A. M. 2007. Interakasi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Press.

Virvou, M. (2005). Combining Software Games with Education: Evaluation of Its Educational Effectivinnes. Journal Educational Technology and Society, 8 (2) , 54-65.