Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Pasien Berbasis Costumer Relation Managent (CRM)Pada Rsud Palabuan Ratu

research
  • 16 Jul
  • 2018

Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Pasien Berbasis Costumer Relation Managent (CRM)Pada Rsud Palabuan Ratu


ABSTRAKSI


Aria Sumarna(11161480),Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Pasien Berbasis Costumer Relation Managent (CRM)Pada Rsud Palabuan Ratu


 


RSUD merupakan instansi milik pemerintah daerah yang mengurusi masalah kondisi kesehatan masyarakat yang membutuhkan suatu sistem informasi yang akurat, serta cukup memadai untuk meningkatkan pelayanan kepada pasien serta lingkungan yang terkait lainnya. Dengan lingkup pelayanan yang begitu luas, tentunya banyak sekali permasalahan kompleks yang terjadi pada proses pelayanan di RSUD. RSUD PelabuhanRatukmerupakan unit pelaksana teknis kesehatan. Dalam pengelolaan data di RSUD inibanyak kelemahan yang terjadipada proses pengolahan data secara manual, hal ini akan memperlambat dalampencarianinformasirekam medik pasien, pencarian kartu pasien maupun pembuatan laporan bulanan. Banyak pasien yang daftartapibelum tau harusperiksapenyakitnyakebagianapa. Untukituperlupenerapan perancangan Sistem Informasi berbasis web denganmenerapkanCostumer RelationManagent (CRM) ini untuk meminimalisir waktu pendaftaran sehingga terhindar dari antrian panjang, pencarian pasien secara cepat dan efesien waktu dan konsultasionline.


REFERENSI


DAFTAR PUSTAKA


 


 


 


Anhar. 2010. Panduan Menguasai PHP & MySQL secara Otodidak. Jakarta: MediaKita.


 


Fadilla.2010.Jago Tips Trik Internet. Jakarta Selatan:PT wahyumedia


Fahrurrozi Imam dan Azhari SN. 2012. Proses Pemodelan Software Dengan Metode Waterfall dan Extreme. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.


 


Gunawan, Wahyu. 2010. Kebut Sehari Jadi Webmaster. Yogyakarta : Genius Publisher.


 


Hawari, L, Kaswidjanti, Heri, 2011APLIKASI e-CRM BERBASIS WEB PADA            RUMAH SAKIT, Jurnal Telematika Vol 8, No 1 2011


 


Krismiaji.2005. Accounting Information Systems, Second Edition; Yogyakarta:


             Academy of Management. YKPN company.


 


Madcoms.  2011. Aplikasi Web Database dengan Dreamweaver dan  PHP - MySQL.  Yogyakarta : CV Andi Offset.


 


Madcoms. 2012.  JavaScript untuk  membangun Website Profesional. Yogyakarta:CV Andi Offset.


 


Mulyanto, Agus. 2009. Sistem Informasi Konsep & Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Puspitosari, A. Heni. 2010. Membangun Website Interaktif  dengan Adobe Creative Suite 5. Yogyakarta: PT. Skripta Media Creative.


 


 


Rizky dan Soetam. 2011. Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: Prestasi Pustaka.


 


Rosa, A.S. dan M. Shalahuddin. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung : Informatika.


 


Simarmata. Janner. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi.


 


Siahaan, Hotlan,2008. Costumer Relationship Management (CRM) sebagai Sarana Meraih ImagePositif untuk Perpustakaan.jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi, Vol. 4, No. 2, Desember 2008


 


Sutabri, T. 2012. Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta : CV Andi Offset.


 


Suhartono, J, Cahyadi, Yunus, 2015. Perancangan Aplikasi Customer Relationship Management untuk Meningkatkan Pelayanan pada Rumah Sakit St. Carolus. Jurnal Comtech Vol. 6, No 2 2015


 


Sutariyani, Joyo H, Adelya , 2017 Electronic Customer Relationship Management (E-Crm) Pada Rsu Assalam Gemolong Vol 6 No 2, 2017


 


 


Solihin, Achmad.2010.  MySQL 5 dari pemula  hingga mahir. Jakarta : Universitas Budi Luhur.


 


Tantra, Rudy, 2012, Project Management SystemInformation, London: Andi


 


 


Wicaksono, Aloysius Sigit, 2011. Website Super Canggih dengan Plugin JQuery Terbaik.  Yogyakarta: Mediakita.