Simple Additive Weighting Dalam Penentuan Rekomendasi Kenaikan Jabatan Karyawan

research
  • 23 Aug
  • 2020

Simple Additive Weighting Dalam Penentuan Rekomendasi Kenaikan Jabatan Karyawan

Kenaikan jabatan atau jenjang karir merupakan hal yang sangat diimpikan bagi setiap karyawan karena mempengaruhi fasilitas apa saja dan besar yang akan didapatkan selain gaji itu sendiri. Namun tidaklah diraih dengan mudah. Setiap perusahaan pastinya memiliki kriteria atau persyaratan yang berbeda-beda dalam menentukan apakah seorang karyawan layak atau tidak naik jabatan. bukan hanya sekedar berkontribusi baik, namun juga dilihat dan dinilai dari berbagai aspek. Pengambilan keputusan bukanlah hal mudah, pimpinan harus berlaku adil dan bersikap objektif dalam menilai kondite setiap karyawan. Metode Simple Additive Weighting adalah metode terpilih dalam membantu pimpinan menerapkan sistem pendukung keputusan dengan lima kriteria, yaitu pendidikan dengan bobot 20%, absensi 25%, lama kerja 10%, prestasi kerja 20%, dan attitude 25%. Sistem Pendukung Keputusan dibutuhkan karena jika lima kriteria kenaikan jabatan tersebut jika dinilai dan dilakukan pemilihan secara manual dikhawatirkan akan menimbulkan kebingungan, dan kesulitan bagi pimpinan dalam memilih sejumlah karyawan yang masing-masingnya bisa jadi unggul pada kriteria yang berbeda, selain itu juga menghindari adanya praktek kkn di lingkungan perusahaan dengan melakukan pemilihan karyawan secara adil dan objektif. Didapatkan hasil rating nilai karyawan dengan nama Tole, Bambang dan Dikdik dengan peringkat teratas sebagai karyawan terekomendasi untuk naik jabatan, yaitu Tole 86,25%, Bambang 77,91%, dan Dikdik 77,5%.

Unduhan

 

REFERENSI

Basyaib F. 2006. Teori Pembuatan Keputusan. Jakarta: PT. Grasindo.
Fitriah A, Irfiani E. 2018. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pegawai Terbaik PT Pegadaian Jakarta Dengan Metode Simple Additive Weighting. Inf. Syst. Educ. Prof. 2: 105–114.
Khasanah FN, Permanasari AE. 2015. Fuzzy MADM for major selection at senior high school. In: 2015 2nd International Conference on Information Technology, Computer, and Electrical Engineering (ICITACEE). Semarang: ICITACEE, p 41–45.
Latif, Lita Asyriati, Mohamad Jamil, Said Hi A. 2018. Buku Ajar: Sistem Pendukung Keputusan Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Deepublish.
Permatasari, Diah, Dewi Sartika S. 2018. Penerapan Metode AHP Dan SAW Untuk Penentuan Kenaikan Jabatan Karyawan. J. Teknol. Inform. dan Sist. Inf. 5: 60–73.
Rahmawati, Anita, Yuli A. 2018. Implementasi Weighted Product Untuk Penerimaan Karyawan. J. Mantik Penusa 2: 28–34.
Sari F. 2018. Metode Pengambilan Keputusan. Yogyakarta: Deepublish.
Sembiring JJ. 2010. Smart HRD Perusahaan Tenang, Karyawan Senang. Jakarta: Transmedia Pustaka.
Sutikno RB. 2018. HR Division, ITS Scope Of Works: Personnel Administration + Training & Development + General Affairs. Yogyakarta: Deepublish.