- Sistem Pendukung Keputusan Untuk Rekomendasi Pembelian Smartphone Dengan Menggunakan Metode Topsis

Lihat/Buka

Tanggal

2020-06-27

Penerbit

Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas

Abstraksi

Begitu banyaknya spesifikasi dan fitur-fitur yang ditawarkan berbagai macam merk smartphone, sering kali membuat pembeli kebingungan didalam memilih smartphone yang dibutuhkan. Untuk itu dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan (SPK) untuk membantu pembeli dalam menentukan keputusan memilih smartphone yang akan dibeli. Penulis menggunakan metode Technique for Others Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) untuk membantu pembeli dalam menentukan smartphone yang akan dibeli berdasarkan spesifikasi yang ditawarkan. Penulis menggunakan jenis data data primer yang diperoleh melalui wawancara dan observasi secara langsung pada pembeli dan sumber terkait lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rekomendasi smartphone kepada pembeli. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara tersebut, maka diperoleh 8 kriteria yaitu Kamera Depan (C1), Kamera Belakang (C2), Harga (C3), RAM (C4), ROM (C5), Prosesor (C6), Baterai (C7), dan Garansi (C8). Sedangkan, data sekunder diperoleh melalui tulisan ilmiah dan studi literatur yang berhubungan dengan sistem pendukung keputusan (SPK) rekomendasi pembelian smartphone dan metode Topsis. Penelitian ini menghasilkan output yang memenuhi tujuan yaitu dapat membantu memberikan rekomendasi kepada pembeli didalam menentukan smartphone yang akan dibeli dan dapat mempermudah proses pengambilan keputusan sehingga menjadi lebih akurat, efektif dan efisien dalam menghasilkan informasi.

Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan,Smartphone, Metode TOPSIS.

URI
http://www.ejournal.ust.ac.id/index.php/JTIUST/article/view/714

Bidang ilmu
Sistem Informasi

References

A. Mukhlasin, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Smartphone Me,” in SEMINAR NASIONAL SISFOTEK, 2018, pp. 46–52.

H. Slamet, R. Irviani, and Kasmi, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Teladan MA Al Mubarok Batu Raja Menggunakan Metode Topsis,” J. TAM (Technology Accept. Model., vol. 6, pp. 1–8, 2016.

A. P. Windarto, “Implementasi Metode Topsis Dan Saw Dalam Memberikan Reward Pelanggan,” Kumpul. J. Ilmu Komput., pp. 88–101, 2017.

Ilmadi and D. N. Muskananfola, “SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM PEMILIHAN MERK SMARTPHONE ANDROID TERBAIK DIKALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS PAMULANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE TOPSIS,” J. Sains dan Mat. Unpam, vol. 2, no. 1, pp. 58–75, 2019.

D. Nofriansyah, Konsep Data Mining Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Deepublish, 2014.

S. Kusumadewi and H. Purnomo, Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Pendukung Keputusan. Edisi Kedua. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.