Analisa Pengaruh Kualitas Website PPDB Terhadap Kepuasan Pengguna

research
  • 03 Aug
  • 2020

Analisa Pengaruh Kualitas Website PPDB Terhadap Kepuasan Pengguna

Website Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) memberikan kemudahan bagi orang tua dan calon peserta didik baru dalam mengetahui informasi mengenai pelaksanaan seleksi penerimaan peserta didik baru, melakukan pendaftaran serta melakukan pemantauan hasil seleksi karena dapat dengan mudah diakses melalui gadget atau perangkat lain yang terkoneksi dengan internet. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah kualitas dari website PPDB berpengaruh terhadap kepuasan pengguna pada SMKN 57 Jakarta. Penelitian ini berfokus pada kepuasan pengguna website PPDB menggunakan metode webqual yang terdiri dari 3 variabel yaitu kualitas kegunaan (usability), kualitas informasi (information quality), dan kualitas interaksi (interaction quality). Data yang digunakan dalah data primer, yaitu dengan menyebar kuesioner menggunakan skala likert dengan 20 pernyataan kepada 95 responden. Data yang diperoleh dan diolah menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS 16. Berdasarkan variabel webqual, hasil analisis menyatakan kualitas kegunaan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna, sedangkan kualitas informasi dan kualitas interaksi berpengaruh terhadap kepuasan pengguna.

Unduhan

  • 163-1-665-1-10-20180922.pdf

    Analisa Pengaruh Kualitas Website PPDB Terhadap Kepuasan Pengguna

    •   diunduh 235x | Ukuran 597 KB
  • Cover & Daftar isi Jurnal PPDB.pdf

    Dokumen Jurnal Analisa Pengaruh Kualitas Website PPDB Terhadap Kepuasan Pengguna

    •   diunduh 304x | Ukuran 1,436 KB

 

REFERENSI

[1] S. Level, A. In, O. F. Online, P. Smkn, and K. Palembang, “Analisis Tingkat Kepuasan dalam Penerapan PPDB Online SMKN Kota Palembang,” vol. 07, no. 02, pp. 23–35, 2017.

[2] Imam Masyhuri; Febriliyan Samopa, “Pengembangan Manajemen Resiko Teknologi Informasi Pada Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (Ppdb Online) Kemdikbud Menggunakan Framework Nist Sp800-30,” Pros. Semin. Nas. Manaj. Teknol. XVIII, no. ISBN: 978-602-97491-7-5, pp. 1–7, 2013. 

[3] M. R. Afsah, M. Adri, and A. Hadi, “Hubungan Efektifitas Psb Sma Online Dan Kinerja Website Terhadap Kepuasan User Diwilayah Dinas Pendidikan Kota Padang,” J. Vokasional Tek. Elektron. Inform., vol. 3, no. 1, 2015. 

[4] J. Hutahaean, Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish, 2015.

[5] J. S. P. Tyoso, Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Deepublish, 2016. 

[6] S. Hartini, “Metode Webqual pada Analisis Layanan Website PPBD Online Kabupaten Bekasi,” Inf. Syst. Educ. Prof., vol. 1, no. 1, pp. 35–41, 2016. 

[7] O. G. Hekhmatyar and D. Supriyadi, “Measurement Satisfaction Information System Quality Service On BSI Using Webqual And CSI,” Indones. J. onComputer Inf. Technol., vol. 2, no. 2, pp. 1–6, 2017. 

[8] A. P. Astuti and P. K. Sari, “Analisis Kualitas Website LAZADA Indonesia Berdasarkan Metode Webqual 4.0 dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pengguna,” e-Proceeding Manag., vol. 3, no. 2, pp. 1341–1348, 2016. 

[9] Y. Farlina and J. M. Hudin, “Kajian Kepuasan Pengguna Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB ) Online,” Kaji. Kepuasan Pengguna Inf. Penerimaan Peserta Didik Baru Online, vol. 2, no. 2, pp. 48–54, 2017. 

[10] M. Kharisma and S. Anggraeni, “Pengaruh Kualitas Layanan BJB Net Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BJB Rasuna Said Menggunakan Metode Webqual 4.0,” J. Techno Nusa Mandiri, vol. 15, no. 1, pp. 13–18, 2018.