Penerapan Data Mining Terhadap Data Penjualan Lapis Bogor Sangkuriang Dengan Metode Algoritma Apriori

research
  • 13 Mar
  • 2020

Penerapan Data Mining Terhadap Data Penjualan Lapis Bogor Sangkuriang Dengan Metode Algoritma Apriori

Penentuan pola pembelian barang dan tata letak barang berdasarkan kencenderungan konsumen membeli barang dapat menjadi salah satu solusi bagi Toko Lapis Bogor Sangkuriang dalam pengembangan strategi pemasaran sehingga dapat meningkatkan penjualan produk Lapis Bogor Sangkuriang. Algoritma yang dapat digunakan untuk penentuan pola pembelian barang dan tata letak ini adalah Algoritma Apriori yang merupakan salah satu algoritma data mining dalam pembentukan asosiasi rule mining. Dengan frequent item/itemset pada algoritma apriori dapat mengakibatkan hasil frequent yang tidak banyak, tanpa melakukan candidate generation dan mengurangi langkah penyelesaian yang dimulai pada k-1 item atau langkah pertama pada algoritma apriori selanjutnya digunakan dengan metode FP-Growth dimana metode ini sangat signifikan menggunakan algoritma apriori, langkah penyelesaian lebih cepat, efesien dari segi waktu, sedikit menghasilkan pattern frequent item/itemset dan lebih terperinci dalam menguraikan hasil frequent item karena hasil frequent yang bernilai < 1 masih diperlihatkan, tidak di hapus. Penelitian ini menghasilkan Produk yang paling banyak terjual untuk kue lapis adalah Original Keju, Brownies Keju, Full Talas. Berdasarkan aturan asosiasi final yang diketahui jika membeli kue Lapis Bogor Sangkuriang varian Original Keju maka akan membeli Lapis Bogor Sangkuriang varian  Brownies Keju dan Full Talas Keju dengan nilai support 30% dan nilai confidence 70%. Berdasarkan hasil inilah perusahan dapat mengambil keputusan pengembangan strategi yang dilakukan selanjutntya.


Unduhan

  • 6765-21035-1-PB.pdf

    jurnal lapis bogor dengan logika apripori

    •   diunduh 1543x | Ukuran 617 KB

 

REFERENSI

Aprianti, W., Permadi, J., & Oktaviyani. (2017). Penerapan Algoritma Apriori untuk Transaksi Penjualan Obat pada Apotek Azka. Seminar Nasional Matematika Dan Aplikasinya, 436–442.


Gunadi, G., & Sensuse, D. I. (2012). Penerapan Metode Data Mining Market Basket Analysis Terhadap Data Penjualan Produk Buku Dengan Menggunakan Algoritma Apriori Dan Frequent Pattern Growth ( Fp-Growth ) : Telematika, 4(1), 118–132.


Halim, J. (1917). Penerapan Data Mining Untuk Mengukur Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Pelayanan Di Bimbingan Belajar Al-Misbah Dengan. SAINTIKOM Vol. 16, No. 1, 16(1), 1–6. Retrieved from https://prpm.trigunadharma.ac.id/public/fileJurnal/hplH11 Jufri.pdf


Hidayat, A. Z., & Wijanarto. (2017). Dokumen Karya Ilmiah | Skripsi | Prodi Teknik Informatika - S1 | FIK | UDINUS | 2016. Fik, 1(1), 1–2. https://doi.org/10.1021/jf901375e


Lestari, N. (2017). PENERAPAN DATA MINING ALGORITMA APRIORI DALAM SISTEM INFORMASI PENJUALAN. Jurnal Edik Informatika, 2.


Najib, B. A., & Suryani, N. (2019). LAPORAN PENELITIAN: PENERAPAN DATA MINING ANALISIS TERHADAP DATA PENJUALAN LAPIS BOGOR SANGKURIANG DENGAN METODE ALGORITMA APRIORI. Jakarta: STMIK NUSA MANDIRI.


Prisilla, E. N., Farmadi, A., & Candra, H. K. (2014). IMPLEMENTASI METODE ALGORITMA APRIORI PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN, 01(01), 46–55.


Rahmawati, F., & Merlina, N. (2018). Metode Data Mining Terhadap Data Penjualan Sparepart Mesin Fotocopy Menggunakan Algoritma Apriori. PIKSEL : Penelitian Ilmu Komputer Sistem Embedded and Logic, 6(1), 9–20. https://doi.org/10.33558/piksel.v6i1.1390


Ristianingrum, & Sulastri. (2017). Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori. Prosiding SINTAK 2017, 2(2), 372–382.


Sianturi, F. A. (2018). Penerapan Algoritma Apriori Untuk Penentuan Tingkat Pesanan. Mantik Penusa, 2(1), 50–57. Retrieved from http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/view/330


Siregar, S. R. (2014). IMPLEMENTASI DATA MINING PADA PENJUALAN TIKET PESAWAT MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI ( Studi Kasus : Jumbo Travel Medan ). Pelita Informatika Budi Darma, Volume Vii, Nomor 1, Juli 2014, VII(1), 152–156.


ULVAH. (2018). IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI ATURAN KETERKAITAN DATA UNTUK ANALISA KERANJANG SISTEM PERSEDIAN OBAT. JURNAL INSTEK, 3(2), 231–240. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/instek/article/download/5948/5132