Pengkajian Penerimaan Dan Penggunaan Aplikasi Transportasi Online (Ride Sharing) Di Jakarta Dan Sekitarnya

research
  • 27 Feb
  • 2020

Pengkajian Penerimaan Dan Penggunaan Aplikasi Transportasi Online (Ride Sharing) Di Jakarta Dan Sekitarnya

Pengkajian atas penerimaan dan penggunaan terhadap teknologi telah diungkapkan melalui metode  Unified Theory of Acceptance and Use of Technology  (UTAUT). Metode lain juga berkembang
adalah  Technology Acceptance Model  (TAM). Keunggulan model UTAUT  misalnya adanya faktor pengaruh sosial yang tidak terdapat di TAM. Dari  beberapa metode yang ada, ada faktor yang tidak
terdapat didalamnya yaitu faktor keamanan. Faktor keamanan akan ditambahkan dalam melengkapi kajian model penerimaan dan penggunaan aplikasi transportasi online di Jakarta dan sekitarnya. Uji statistik dengan metode Structural Equation Modeling  (SEM) yang akan dianalisis dengan menggunakan software  AMOS. Hasil dari analisis SEM diperoleh bahwa model tidak fit. Hipotesis yang diterima adalah bahwa faktor  social  mempengaruhi penggunaan  actual, dan  attitude toward mobile service  juga memberikan nilai signifikan atas penerimaan teknologi ini.

Unduhan

 

REFERENSI

[1]Baptista, G., & Oliveira, T. (2015). Understanding mobile banking: The unified theory of acceptance and use of technology combined with cultural moderators. Computers in Human Behavior, 50, 418–430. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.04.024


[2]  Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology.  MIS Quarterly,13(3), 319–340. https://doi.org/10.1016/S0305-0483(98)00028-0


[3]  Di Pietro, L., Guglielmetti Mugion, R., Mattia, G., Renzi, M. F., & Toni, M. (2015). The Integrated Model on Mobile Payment Acceptance (IMMPA): An empirical application to public transport. Transportation Research Part C: Emerging Technologies, 56, 463–479. https://doi.org/10.1016/j.trc.2015.05.001


[4]  Escobar-Rodríguez, T., & Carvajal-Trujillo, E. (2014). Online purchasing tickets for low costcarriers: An application of the unified theory of  acceptance and use of technology (UTAUT) model.  Tourism Management,  43, 70–88. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2014.01.017


[5]  Ghozali, I. (2008).  Model Persamaan Struktural, Konsep dan Aplikasi dengan Program Amos 16. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.


[6]  Hair, J. F., Tatham, R. L., Black, W. C., & Anderson, R. E. (1998).  Multivariate data analysis (5th ed., Vol. 5). Prentice Hall Upper Saddle River, NJ.


[7]  Haryono, S., & Wardoyo, P. (2013). Structural equation modeling untuk penelitian manajemen menggunakan AMOS 18.00. Jakarta: Intermedia Personalia Utama.


[8]  Stiglic, M., Agatz, N., Savelsbergh, M., & Gradisar, M. (2015). The benefits of meeting points in ride-sharing systems. Transportation Research Part B: Methodological,  82, 36–53. https://doi.org/10.1016/j.trb.2015.07.025


[9]  Venkatesh, V., & Bala, H. (2008). Technology Acceptance Model 3 and a Research Agenda on Interventions.  Decision Sciences,  39(2), 273–315. https://doi.org/10.1111/j.1540-5915.2008.00192.x


[10]  Venkatesh, V., Morris, M. G., Davis, G. B., & Davis, F. D. (2003). User Acceptance of Information Technology: Toward a Unified View.  MIS Quarterly,  27(3), 425–478. https://doi.org/10.2307/30036540


[11]  Venkatesh, V., Thong, J. Y. L., & Xu, X. (2012). Consumer Acceptance and  Use of Information Technology: Extending the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology.  MIS Quarterly,  36(1), 157–178. https://doi.org/10.1111/j.1540-4560.1981.tb02627.x


[12]  Widhiarso, W. (2009). Praktek Model Persamaan Struktural (SEM) Melalui Program Amos, 1–11.


[13]  Xu, C., Peak, D., & Prybutok, V. (2015). A customer value, satisfaction, and loyalty perspective of mobile application recommendations.  Decision Support Systems,  79(June 2017), 171–183. https://doi.org/10.1016/j.dss.2015.08.008