Break Even Point Sebagai Dasar Pengambilan Keputusan Manajemen Terhadap Perencanaan Volume Penjualan dan Laba

Tanggal

2018-06-01

Penerbit

Jurnal Online Insan Akuntan Bina Insani Universitas

Abstraksi

Analisis Break even point merupakan suatu teknik analisis yang digunakan untuk mengetahui pada saat perusahaan tidak mendapatkan laba dan tidak mengalami kerugian atau impas. Analisis Break even point ini dapat digunakan perusahaan untuk membantu dalam mengambil keputusan merencanakan tingkat penjualan dan laba yang akan di capai oleh perusahaan.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat BEP yang dicapai dalam perencanaan volume penjualan dan laba pada PT. Unilever TBk periode 2015-2017 dan untuk mengetahui tingkat penjualan yang harus dicapai oleh PT. Unilever TBk untuk memenuhi target laba yang diinginkan pada periode 2018. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai BEP mix yang dicapai perusahaan untuk tahun 2015 sebesar Rp.6.955.170. Tahun 2016 BEP mix yang dicapai adalah sebesar Rp. 7.856.608.,75 dan tahun 2017 BEP mix yang didapatkan sebesar Rp.7.864.385,18 . Tahun 2017 menjadi tahun dasar untuk perencanaan volume penjualan dan laba di tahun 2018, sehingga nilai BEP Mix yang akan di capai perusahaan pada tahun 2018 adalah sebesar Rp.8.257.604,44.

Kata Kunci: Break even point, Laba, Perencanaan, Unilever, Volume Penjualan

URI
http://www.ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JOIA/article/view/912

Bidang ilmu
Sistem Informasi

References

Adisaputro G. 2010. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: UPP STIM YKPN. Blocher E, Stout D, Cokins G. 2009. Manajemen Biaya Penekanan Strategis Buku 1 Edisi kelima. Jakarta: Salemba Empat. Carter WK. 2009. Akuntansi Biaya. Edisi 14. Dialihbahasakan oleh Krista. Jakarta: Salemba Empat. Djarwanto. 2010. Pokok-Pokok Analisa Laporan Keuangan Edisi Kedua. Yogyakarta: BPFE Group . Duniа FA, Abdullah W. 2009. Аkuntаnsi Biаyа. Edisi 2. Jаkаrtа: Sаlembа Empаt. Kasmir. 2010. Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Kencana Prenada Media. Kuswandi. 2005. Meningkatkan Laba Melalui Pendekatan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Biaya. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Hаnsen DR, Mowen MM. 2004.Mаnаgement Аccounting. Buku 1, edisi tujuh. Jаkаrtа: Sаlembа Empаt. Horngren CT, Dаtаr SM, Foster G. 2005. Аkuntаnsi Biаyа Pendekаnаn Mаnаjeriаl. Jilid 1, edisi 11. Jаkаrtа : PT Indeks Kelompok Grаmediа. Mulyаdi. 2015. Аkuntаnsi Biаyа. Yogyаkаrtа: Sekolаh Tinggi Ilmu Mаnаjemen YKPN. Munawir S. 2012. Analisa Laporan Keuangan.Edisi Keempat.Yogyakarta: Liberty. Nafarin M. 2004. Penganggaran Perusahaan. Jakarta: Salemba Empat. Narbuko C, Achmadi A. 2007. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara. Nazir M. 2003. Metodologi Penelitian. Jakarta:Ghalia Indonesia. Syamsudin L. 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan Konsep Aplikasi dalam Perencanaan, Pengawasan, dan Pengambilan Keputusan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Riyanto B. 2001. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE.