Jurnal Prosisko Implementasi Quality Of Services (QOS) Untuk Optimalisasi Manajemen Bandwidth

Abstraksi

Kebutuhan pengaturan jaringan tidak bisa dipungkiri lagi di perusahaan. Banyaknya jumlah pengguna dalam sebuah jaringan dapat menyebabkan terjadinya kemacetan trafik sehingga mengakibatkan pengguna tidak bisa mengakses jaringan tersebut. PT. Mitra Adiperkasa memiliki banyak store yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Masalah yang sering terjadi saat ini adalah banyaknya jumlah pengguna yang menggunakan jaringan komputer di perusahaan tersebut yang disebabkan tidak ada pengaturan sehingga dapat mengakibatkan pengguna tidak dapat melakukan akses terhadap jaringan tersebut. Quality of services (QoS) memungkinkan aplikasi atau layanan dapat beroperasi sesuai yang diharapkan dengan melakukan pengaturan bandwidth. Quality of services (QoS) dalam sebuah jaringan dapat membantu mengatasi ketidaksinambungan bandwidth yang diterima client. Hierarchical Token Bucket (HTB) merupakan salah satu metode yang dapat memaksimalkan bandwidth yang tidak terpakai dengan konsep Queue yang berhirarki.
 

Kata Kunci: Quality of Services (QoS), Bandwidth, Mikrotik, Trafik

URI
https://zenodo.org/record/3369472#.XiVd425uLIU

Bidang ilmu
Jaringan Komputer

References

Anton, & Anggraini, R. (2008). Dipetik November Selasa, 2017, dari http://repository.unand.ac.id/1117/1/3337_ANTON_VOIP_OKT_08.pdf.

Irawati, & Indrarini, D. (2015). Jaringan Komputer dan Data Lanjut. Yogyakarta: Deepublish.

Kustanto, & Saputro, D. T. (2015). Belajar Jaringan Komputer Berbasis Mikrotik OS Edisi Revisi. Yogyakarta:

Gava Media. Madcom. (2010). Sistem Jaringan Komputer untuk Pemula. Yogyakarta: Andi Publisher.

Santosa, B. (2012). Dipetik Mei 26, 2017, dari http://kurusetra.web.id/bandwidth.pdf

Saputra, E., & Lestari, I. (2014). Analisis dan Perancangan Voice Over Internet Protokol (Voip) Menggunakan Teknologi Open Source Pada Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data Uin Suska Riau. SiTeKIn, 106.

Silitonga, P., & Morina, I. S. (2014). Analisis QoS (Quality of services) Jaringan Kampus dengan Menggunakan Microtic Routerboard. jurnalTIMES.

Sofana, I. (2013). Membangun Jaringan Komputer,Mudah Membuat Jaringan Komputer (Wire & Wireless) untuk Pengguna Windows dan Linux. Bandung: Informatika .

Sopandi, D. (2010). Instalasi dan konfigurasi jaringan komputer. Bandung: Informatika.

Sukaridhoto, S. (2014). Buku Jaringan Komputer I. Surabaya: PENS. Towidjojo, R. (2016). Mikrotik Kung Fu Kitab 3. Jakarta: Jasakom.

Warman, I., & Maknun, J. (2014). Implemntasi vioce over internet protocol (VOIP) IP Phone sebagai Media Komunikasi Pengganti PABX. Jurnal Momentum, 57.