ABSTRAK
Cep Rais Permana (16120037), Perancangan Sistem Animasi
Interaktif Pembelajaran Bahasa Jepang Dasar (Hiragana Dan Katakana).
Bahasa Jepang
merupakan salah satu bahasa asing yang banyak dipelajari di lembaga-lembaga
pendidikan formal maupun non-formal di Indonesia.
Saat ini, cara
belajar LPK/LPBA Mirai
Nusantara Bandung kepada para
pelajar pemula masih dengan media buku tanpa ada contoh bunyi nada, tulisan bahkan latihan yang diajarkan oleh orang yang telah menguasai bahasa Jepang, jadi
para pelajar pemula akan kebingungan dan cepat merasa bosan.
Oleh karena itu, dibutuhkan suatu metode pembelajaran yang
multimedia dan interaktif agar mudah di pelajari dan dapat bisa menarik para
pelajar dalam belajar. Maka dalam membuat media pembelajaran menggunakan animasi
yang menarik yaitu dari segi gambar, suara, animasi, serta bentuk pembelajarannya.
Adapun Metode pengumpulan data yang digunakan untuk penelitian ini adalah
dengan observasi, wawancara dan studi pustaka secara langsung terhadap kegiatan
belajar mengajar baik dari sudut pandang pengajar, pelajar dan yang lainnya
untuk mendapatkan gambaran yang optimal terhadap rancangan aplikasi yang
dibangun.
Sistem animasi interaktif pembelajaran bahasa Jepang dasar (Hiragana dan Katakana) di rancang
untuk membantu dan mempermudah para pelajar pemula untuk belajar bahasa Jepang mulai
dari mengenal, menulis, berbicara, atau latihan soal. Dengan adanya aplikasi ini
para pelajar juga masih bisa belajar, baik ada pengajar ataupun tidak ada
pengajar. karena aplikasi ini di rancang
dengan berbasis desktop yang
memungkinkan para pelajar belajar dengan
efektif dan fleksible.
CEP RAIS PERMANA_File_4 Surat Pernyataan Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah U.doc
CEP RAIS PERMANA_File_1 Lembar Judul Skripsi.docx
CEP RAIS PERMANA_File_18 Daftar Pustaka.docx
CEP RAIS PERMANA_File_13 Daftar Lampiran.docx
CEP RAIS PERMANA_File_11 Daftar Gambar.docx
CEP RAIS PERMANA_File_17 BAB IV Penutup.docx
CEP RAIS PERMANA_File_10 Daftar Simbol.docx
CEP RAIS PERMANA_File_12 Daftar Tabel.docx
CEP RAIS PERMANA_File_3 Surat Pernyataan Keaslian SKRIPSI.docx
CEP RAIS PERMANA_File_21 Surat Keterangan Riset.docx
CEP RAIS PERMANA_File_5 Persetujuan dan Pengesahan Skripsi.docx
CEP RAIS PERMANA_File_19 Daftar Riwayat Hidup.docx
CEP RAIS PERMANA_File_20 lembar kartu Bimbingan.docx
CEP RAIS PERMANA_File_2 Lembar Persembahan.docx
CEP RAIS PERMANA_File_16 BAB III Perancangan Dan Pembahasan.docx
CEP RAIS PERMANA_File_22 Lampiran - Lampiran.docx
CEP RAIS PERMANA_File_9 Daftar Isi.docx
CEP RAIS PERMANA_File_8 Abstrack.docx
CEP RAIS PERMANA_File_7 Kata Pengantar.docx
CEP RAIS PERMANA_File_6 Penggunaan Hak Cipta.docx
CEP RAIS PERMANA_File_14 BAB I Pendahuluan.docx
CEP RAIS PERMANA_File_15 Bab II Landasan Teori.docx
DAFTAR PUSTAKA
Akbar, M Amarulloh, Priyanto Hidayatulloh and Zaky Rahim. Animasi
Pendidikan Menggunakan Flash. Bandung: Informatika, 2008.
Anonim (2014) http://handiswanblog.blogspot.co.id/2014/06/mcam-macam-software-untuk-membuat.html
Anonim (2014) http://jaririndu.blogspot.co.id/2014/11/tugas-dan-tanggung-jawab-guru.html
Arsyad, A. (2011). Media pengajaran. Rajawali Pers.
Chandra.
(2012). Actionscript Flash CS5 Untuk Orang Awam. Palembang: Maxicom.
Chrystanti,
Cahya, Yulanita dan Sukadi. (2012). Pembangunan Media Pembelajaran Pengenalan
Huruf dan Angka Untuk Taman Kanak-Kanak. Jurnal APTIKOM-Vol 1 No 1 – 2012 ISSN:
2088-2335 (Print)
Enterprise,
Jubilee. (2010). 30 Bisnis Berbasis Ide bagi Siapa pun. Jakarta . PT Elex Media
Komputindo.
Hariyanto.
(2012). Pengertian Media Pembelajaran. Diambil dari : http://belajarpsikologi.com/pengertian-media-pembelajaran/(20 Mei 2013)
Imelda, I. (2014). Analisis
Penggunaan Huruf Kana Oleh Mahasiswa Bahasa Jepang Program Studi Sastra Jepang Universitas Hasanuddin. Widyaparwa,
42(2), 177-186.
Khairi, Ashabul. Modul Pembelajaran Struktur Data. (2012).
Mayya Nurbayanti Shobary, Dwiza Riana, Rangga
Sanjaya (2014). Aplikasi Animasi Interaktif Pencampuran Tiga Warna Primer Dan
Pengenalan Bentuk Geometri. Jurnal sistem informasi, Universitas BSI
Bandung. Vol. I no. 2 September 2014
Pressman,R.S.(2010).Software Enginering : a practitioner’s
approach, McGraw- Hill,New York.
Renariah, D.,
& Hum, M. (2002). Bahasa jepang dan Karakteristiknya. Jurnal Sastra
Jepang Fakultas Sastra Universitas Kristen Maranatha, Bandung.
Vol 1 No.2 edisi Februari 2002.
Ridho Wijayanto (2014).Perancangan Animasi Interaktif Pembelajaran
Bahasa Inggris. Jurnal Program Studi Manajemen Informatika, AMIK Bina Sarana Informatika
Purwokerto. Evolusi Vol. II No. 1 Maret 2014.
Sri
Ariyati1, Titik Misriati2. (2016).Perancangan Animasi Interaktif Pembelajaran Asmaul
Husna. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, Bekasi. ISSN. 2442-2436 Perancangan Animasi Interaktif, VOL.2, No.1 Febuari 2016
Salahuddin, M., & Rosa, A. S.
(2013). Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan
Berorientasi Objek). Modula, Bandung.
Sri
Ariyati1, Titik Misriati2. (2016).Perancangan Animasi Interaktif Pembelajaran Asmaul
Husna. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, Bekasi. ISSN. 2442-2436 Perancangan Animasi Interaktif, VOL.2, No.1 Febuari 2016.
Sugiyono, Drs. (2010). Metode
penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta.
Srikandi, Lista. "Media Interaktif Oboeyasui Kanji Sebagai Media
Pembelajaran Kanji N4." (2012): 1.
Suryana, Febriyanno. (2011) "Metode Pengujian Perangkat
Lunak." 2011. 2.
Tommy Freibert Lalujan. (2012). Mudah
Menulis dan Membaca Huruf Hiragana Dan Katakana Dalam Bahasa Jepang,Jurnal
Sastra Jepang Fakultas Sastra Universitas Krisnadwipayana.
Waryanto, Nur Hadi. "Story board dalam Media Pembelajaran
Interaktif." (2005): 1.