Evni Derisnawan (11135205), Analisis Tingkat kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Fasilitas Dengan Metode Regresi Linier Berganda
Kesadaran masyarakat yang semakin meningkat terhadap perhatian akan pentingnya kesehatan, menempatkan pelayanan kesehatan, yang berkualitas menjadi sesuatu hal yang sangat di butuhkan, di samping itu beberapa pelayanan kesehatan tertentu relatif cukup mahal. Fasilitas pendukung layanan kesahatan yang memadai juga turut mendukung keberhasilan pelayana kesehatan bagi pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan, harga dan fasilitas. Teknik analisis yang di gunakan regresi linier berganda. Teknik yang di gunakan untuk pengumpulan data adalah simple random sampling, dengan jumlah sampel 60 yang di ambil dari keseluruhan populasi 150. Hasil penelitian ini menunjukan kualitas pelayanan, harga dan fasilitas secara signifikan mempengaruhi kepuasaan pasien pada Klinik Anggra Medika baik secara simultan maupun parsial. Pimpinan Klinik Anggra Medika harus menciptakan hubungan kerja yang lebih baik di antara karyawan dokter atau para medis maupun pasien sehingga pelayanan kesehatan secara keseluruhan dapat meningkatkan kepuasaan pasien.
Cristianty, Pareraway Denise, Heedy Tjitrosantoso dan Widdhi Bodhi 2016. Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Dalam Pelayanan Kefarmasian Di Instalasi Farmasi RSUP Prof. Dr. R. D Kandou. ISSN: 2302-2493. J4urnal Ilmiah Farmasi – UNSRAT Vol. 5 No.4 November 2016: 273-279. Diambil Dari www.ejournal.unsrat.ac.id/index.php/pharmacon/article/view/14050/13623
Haryanto, Edy. 2013. Kualitas Layanan, Fasilitas dan Harga Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Layanan Pada Kantor Samsat Manado. ISSN: 2303-1174. Jurnal EMBA Vol.1 No.3 September 2013: 750:760. Diambil dari: www.ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/2212/1769
Moha, Sartika dan Sjendry, Loindong 2016. Analisis Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Yuta Di Kota Manado. ISSN: 2303-1174. Jurnal EMBA Vol.4 No.1 Maret 2016: 575-584. Diambil dari: www.ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/download/11715/11308
Mongkaren, Steffi. 2013. Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Rumah Sakit Advent Manado. ISSN:2303-1174. Jurnal EMBA Vol.1 No.4 Desember 2013: 493-503. Diambil dari: www.ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/2723
Pelle, Randy. 2013. Analisis Mutu Layanan, Harga Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien (Studi Pada Puskesmas Motoling Kabupaten Minahasan Selatan). ISSN: 2303-1174. Jurnal EMBA Vol.1 No.3 September 2013: 374-384. Diambil dari: www.ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/download/2051/1625
Riduwan, 2005. Dasar-dasar Statistika, CV.Alfabeta,Bandung.
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Manajemen, CV.Alfabeta,Bandung.
Ulfah, Maria, Asih Tri Rachmi, Agung Yuniarinto. 2013. Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Rawat Jalan Di Rumah Sakit Bina Sehat Jember. ISSN: 1693-5241. Jurnal Aplikasi Manajemen Vol.11 No.3 September 2013: 384-391. Diambil dari: www.jurnaljam.ub.ac.id/index.php/jam/article/download/121/592
Wahana, Komputer. 2014. Analisis Data Penelitian Dengan SPSS, PT. Gramedia Pustaka Umum, Jakarta.