Voni Wahyu Kartika Sari (11123521), Perancangan Animasi Interaktif Belajar Mengenal Batik Jogja
Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang sudah dikenal oleh nenek moyang kita dalam rentan waktu ratusan tahun yang lalu, hingga hari ini tetap dilestarikan. Kita patut berterima kasih kepada nenek moyang yang telah menjaga dan mewariskan budaya membatik melintasi generasi demi generasi.
Permasalahan yang timbul di Indonesia saat ini adalah kurangnya pengetahuan tentang batik dinegeri sendiri merupakan masalah yang dialami saat ini. Kurangnya ketersediaan sarana dan informasi yang mendukung menjadikan minat keingintahuan masyarakat tentang batik di Indonesia itu sendiri menurun. Padahal antara batik dan Indonesia merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Karena batik merupakan warisan budaya Indonesia yang wajib untuk dilestarikan khususnya batik Jogja.
Kata Kunci: Animasi Interaktif, Batik Jogja, Belajar Membatik
Bab II
Keaslian Skripsi
Persetujuan
Bab III
Lembar Konsultasi
Judul
Persembahan
Bab III
Kadir. Abdul dan Triwahyuni. Terra Ch. 2005. Pengenalan Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi.
Komputer. Wahana. 2012. Adobe Flash CS6. Yogyakarta: Andi Offiset.
Madcoms. 2012. Adobe Photoshop CS6. Yogyakarta: Andi.
Nalurita. Liya, Rusdy A Siroj dan Ratu Ilma Indra Putri. 2010. Bahan Ajaran Kesebangunan dan Simetri Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) menggunkan Macromedia Flash di Kelas 5 Sekolah Dasar. Volume 4. No.1 Juni 2010.
Pressman, Roger S. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak-Buku Satu, Pendekatan Praktisi (Edisi 7). Yogyakarta: ANDI.
Sari, Pandan Rina. 2013. Keterampilan Membatik Untuk Anak. Mojosongo, Solo:Arcita.
Wardhani, Wuri Galih dan Warjiono. 2014. Perancangan Animasi Interaktif Berbentuk Puzzle Guna Melatih Kecerdasan Visual Spasial Anak. Evolusi Volume II Maret 2014.
Faroqi, Adam dan Barikly Maula. 2014. Aplikasi Multimedia Interaktif Pembelajaran Membaca, Menulis, Berhitung (Calistung). ISSN: 1979 – 8911. Volume VIII No. 2 Agustus 2014.
Busran,Fitri 2015. Perancangan Permainan (Game) Edukasi Belajar Membaca pada Anak Prasekolah Berbasis Smartphone Android ISSN: 2338:2724 Volume 03, No.1 – 2015.