PEMBUATAN APLIKASI ANDROID MEDIA PEMASARAN APARTEMEN INTERAKTIF BERBASIS AUGMENTED REALITY

research
  • 14 Aug
  • 2018

PEMBUATAN APLIKASI ANDROID MEDIA PEMASARAN APARTEMEN INTERAKTIF BERBASIS AUGMENTED REALITY


Albert Johan. P (12135360), Pembuatan Aplikasi Android Media Pemasaran Apartemen Interaktif Berbasis Augmented Reality


Perkembangan media promosi saat ini sudah berkembang sangat pesat. Didorong oleh kemajuan teknologi yang cepat dan mudah digunakan, cara menyampaikan sebuah promosipun menjadi lebih menarik, efektif, cepat dengan mengadopsi sebuah teknologi. Promosi dengan teknologi Augmented Reality di Indonesia yang masih terbilang baru tentu akan menjadi daya tarik tersendiri kepada calon konsumen. Selain karena teknologinya yang masih baru, aplikasi ini tentu akan sangat membantu calon konsumen dalam memilih apartemen, tidak perlu meluangkan waktu lebih hanya untuk melihat kondisi rumah secara langsung, cukup dengan aplikasi ini calon konsumen akan mendapatkan gambaran tipe ruangan apartemen secara baik. Dalam pengerjaannya penulis membuat aplikasi mobile ini dengan beberapa software seperti Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, Autodesk 3D Maya dan Unity. Adobe Illustrator dan Adobe Photoshop digunakan untuk mendesain layout interface pada aplikasi ini, software tersebut juga kembali digunakan untuk mendesain media pendukung. Autodesk 3D Maya digunakan untuk membuat model 3D apartemen yang mana aplikasi ini akan memvisualkan 3D. Hasil dari ketiga software di atas lalu dikomposisikan menggunakan Unity, software ini juga yang nantinya akan memproduksi aplikasi hingga selesai. Adapun tujuan aplikasi ini untuk menjadi salah satu media promosi apartemen. Dengan teknologi yang terbilang baru ini tentu akan menjadi media promosi yang baik karena calon pembeli tidak membutuhkan waktu lebih banyak untuk melihat rumah yang dipasarkan, cukup menggunakan aplikasi ini maka akan mendapatkan gambaran dengan baik.


Unduhan

 

REFERENSI


Aji, Bagus. 2016. Mengenal Teknologi Augmented Reality dibalik Pokemon Go.


          Diambil dari: www.codepolitan.com/mengenal-teknologi-augmentedreality-


          dibalik-pokemono-go /. (14 Desemer 2016)


 


Ali, Ahmad, I wayan Saryada, Norman Sasono, dan Fathur Rahman. 2004.Pengenalan


         Bahasa C#. Jakarta: Team Project Otak


 


Azuma, Ronald T. 1997.A Survey of Augmented Reality. Presence:Teleoperator and


         virtual  Environnments


 


Butchart, Ben. 2011. Augmented Reality for Smartphone. JISC Observatory Diambil  


           dari: aii.Igrace.com/documents/Games_types_and_genres.pdf/. (27 Desember  


           2016)


 


Domhan, Tobias. 2010. Augmented Reality on Android Smartphone.


           DualenHochschule Baden-Wurttembberg. Jerman


 


Jacobs, Paul E. 2010. Qualcom memuka austria research center utuk fokus pada       


          Augmented Reality Diambil dari:www.qualcomm.com/news/releases


         /2010/03/23/qualcomm-opens-austria-research-center-focus-augmented-reality 


         (27 Desember 2016)


 


Sinaga, Budi. 2016.Menjadi Marketing Solution dengan Augmented Reality.Jakarta:


         Majalah Marketing Vol. 47 Thn. 2016 (Juli 2016)


 


Suprapto, Kadarisman Tejo Yuwono, Totok Sukardiyono, dan Adi Dewanto. 2008.


         Bahasa Pemograman. Jakarta: Tim


 


Suryawinata, B A 2010. Pemanfaatan Augmented Reality dalam memvisualisasikan     


         produk perumahan melalui internet. Comtech