Ridwan Setiawan (12135288), Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Pengenalan Sistem Tata Surya Berbasis Android.
Augmented reality (AR) adalah jenis teknologi interaktif menggabungkan benda nyata dan virtual yang akan menghasilkan objek 3D yang akan ditampilkan pada layar. Augmented reality yang telah diaplikasikan memiliki cara kerja berdasarkan deteksi citra atau gambar dan biasa disebut marker, dengan menggunakan kamera smartphone kemudian mendeteksi marker yang telah dicetak. Augmented realitybanyak digunakan diberbagai bidang, salah satunya bidang pendidikan. Pada bidang pendidikan augmented reality digunakan sebagai media pembelajaran agar lebih menarik. Teknologi augmented reality ini dapat diterapkan dalam pembelajaran sistem tata surya. Penggunaan teknologi augmented reality diharapkan bisa menampilkan objek berupa planet-planet dalam sistem tata surya secara virtual 3D dengan menggunakan gambar yang dijadikan marker. Pembuatan aplikasi ini dibangun menggunakan software Unity 3D.
Skripsi Gabungan
Adami , Feby Zulham dan Cahyani Budihartanti. 2016.Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Berbasis Android. Jakarta: Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI. Vol II, NO. 1:122-131
Admiranto, Agustinus Gunawan. 2017. EKSPLORASI TATA SURYA. Bandung : Mizan Pustaka.
Irawan. 2012.membuat APLIKASI ANDROID untuk Orang Awam.Palembang : Penerbit Maxicom.
K.Lee, "Augmented Reality in Education and Training," TechTrends Link. Res. Pr. Improve Learn., vol.56, no.2, pp. 13-21,Mar.2012.
Maulana, Angga dan Wahyu Kusuma. 2014. Aplikasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Tata Surya. Depok : Jurnal Prosiding Seminar Ilmiah Nasional Komputer dan Sistem Intelijen (KOMMIT 2014). Vol. 8, ISSN : 2302-3740
Mustika, dkk. 2015. Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Interaktif. Palembang : Citec Journal. Vol. 2, No. 4, ISSN : 2460-4259
Pressman, Roger S. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak – Buku Satu, Pendekatan Praktisi(Edisi 7). Yogyakarta : Andi.
Qualcomm. Developing with Vuforia. Diambil dari : https://library.vuforia.com/getting-started (9 Mei 2017)
Roedavan Rickman. 2016. Unity - Tutorial Game Engine. Bandung : Informatika Bandung.
Sadeli, Muhammad. 2014. Toko Buku Online dengan ANDROID. Palembang : Maxikom.
Safaat, Nazaruddin. 2015. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet Pc Berbasis Android Revisi Kedua. Bandung: Informatika.
Setiawan, Erwin, Undang Syaripudin dan Yana Aditya Gerhana. 2016. Implementasi Teknologi Augmented Reality Pada Buku Panduan Wudhu Berbasis Mobile Android.Bandung:Jurnal Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi. Vol. 1, ISSN : 2527-9165
Sukamto,Rosa A. dan M.Shalahuddin.2014.Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek.Bandung : Informatika Bandung.