PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN UNTUK PENGENALAN HURUF HIJAIYAH DAN BAHASA ARAB BERBASIS ANDROID

research
  • 13 Aug
  • 2018

PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN UNTUK PENGENALAN HURUF HIJAIYAH DAN BAHASA ARAB BERBASIS ANDROID


Naila Fakhriyah Zein (12135072), Perancangan Aplikasi Pembelajaran Untuk Pengenalan Huruf Hijaiyah Dan Bahasa Arab Berbasis Android


 


Masyarakat saat ini sudah banyak sekali yang menggunakan smartphone untuk kebutuhan sehari-hari. Smartphone berbasis android merupakan yang paling berkembang saat ini. Selain untuk media komunikasi, smartphone android juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran adapun salah satunya adalah dalam pembelajaran huruf hijaiyah dan bahasa Arab yang mungkin sebagian orang tua yang ingin mengajarkan anak-anaknya masih ada yang kesulitan dikarenakan pembelajaran masih tergolong secara manual. Maka dari itu aplikasi ini diharapkan dapat mempermudah anak-anak dalam mengenal huruf hijaiyah dan bahasa Arab. Aplikasi Pengenalan Huruf Hijaiyah dan Bahasa Arab ini berbasis android dengan menggunakan bahasa pemrograman java dan software android studio yang dapat digunakan untuk smartphone / ponsel dengan tampilan program yang full colour dan dengan menggunakan pengetahuan huruf hijaiyah, angka, benda, hewan, buah, anggota badan, anggota keluarga, kendaraan serta warna menggunakan bahasa Arab sehingga dapat digunakan oleh anak pada usia 3 (tiga) sampai 8 (delapan) tahun. Aplikasi ini meliputi tombol aktif untuk mendengarkan suara, dan tombol aktif untuk pindah halaman. Dari sistem yang dibuat, anak akan mendengarkan suara dari gambar yang telah dipilih, anak akan mudah memahami huruf hijaiyah dan kosa kata bahasa Arab yang tersedia didalam aplikasi tersebut.


Unduhan

 

  • 18_BAB IV.pdf

    Bab IV

    •   diunduh 290x | Ukuran 8,376
  • 17_BAB III.pdf

    Bab III

    •   diunduh 633x | Ukuran 1,603,729
  • 16_BAB II.pdf

    Bab II

    •   diunduh 707x | Ukuran 334,058

REFERENSI


Algoritma, Programing. [t.th]. Fisher-Yates-shuffle. Diambil dari : http://www.programming-algorithms.net/article/43676/Fisher-Yates-shuffle. (28 Desember 2016)


Budiono. [t.th]. Kamus 3 Bahasa Bergambar. Jakarta: Bintang Indonesia


Gunawan. 2016. Tabel Tingkatan Versi Android. Diambil dari: https://haiwiki.info/aplikasi/tingkatan-versi-android/.  (21 November 2016)


Herdi, Hafizh. 2014. Belajar Membuat Aplikasi Android Menggunakan Android Studio. Diambil dari: https://www.twoh.co/2014/09/belajar-membuat-aplikasi-android-menggunakan-android-studio/. (21 November 2016)


Hidayatullah, MJ Dewiyanti Sunarto dan Teguh Sutanto. 2013. Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Sandi Pramuka Pada Siswa Tingkat Sekolah Dasar Berbasis Android. ISSN: 2338-137X. Surabaya: JSIKA Vol 2, No 2 2013: 25-29


Meltari, Cul dan Huzaeni. 2016. Aplikasi Pembelajaran Agama Islam Untuk Anak-anak Berbasis Android Menggunakan Algoritma Fisher-Yates Shuffle. ISSN: 2527-9858. Aceh: Jurnal Infomedia Vol. 1 No. 1 September 2016: 27-32


Raharjo, Budi, Imam Haryanto dan Arif Haryono. 2012. Mudah Belajar Java. Bandung: Informatika


S, Rosa A dan M. Shalahuddin. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika


Safaat, Nazruddin H. 2012. Android Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika


Safaat, Nazruddin H. 2015. Aplikasi Berbasis Android. Bandung: Informatika


Sobri, Muhammad. 2014. Perancangan Aplikasi Pembelajaran Untuk Pengenalan Angka Dengan Multilingual Berbasis Mobile. ISSN: 2338-2899. Palembang: Konferensi Nasional Ilmu Komputer (KONIK) 2014: 236-238


Suarga. 2012. Algoritma dan Pemrograman. Yogyakarta: Andi


Supraja, Chaisir Ibnu dan Emha Taufiq Luthfi. 2012. Pembuatan Game “Jalan Ke Ibu Kota” berbasis Android. ISSN: 1411-3201. Yogyakarta: Jurnal Dasi Vol. 13 No. 1 Maret 2012: 6-13


Surasman, Otong. 2009. Yuk, Belajar Huruf Hijaiyah. Jakarta: Erlangga