Tata Surya adalah kumpulan benda-benda langit yang terdiri dari sebuah bintang besar yang disebut matahari dan semua objek yang terkait oleh gaya grafitasinya. Sebagian banyak salah satu dalam teori yaitu bumi dianggap sebagai pusat sistem tata surya. Sedangkan dalam perkembangan teori yang diterima adalah teori heliosentris, yakni matahari sebagai pusat alam semesta dan bumi merupakan salah satu planet yang mengitari bumi. Media pendukung proses belajar mengajar haruslah berubah mengikuti zaman. Salah satunya menggunakan media pembelajaran yang bersifat animasi interaktif. Karena tidak hanya dari segi tampilannya tetapi animasi interaktif ini juga dapat didengar suara dan adanya proses interaksi antara siswa dan aplikasi. Maka dari itu animasi interaktif sangatlah membantu sekali dalam dunia pendidikan khususnya tinggkat anak usia dini. Adapun metode penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data adalah memberikan kuisioner kepada 25 siswapendidikan anak usia dini. Metode ini digunakan untuk memperoleh data tentang tanggapan anak usia dini terhadap media pembelajaran yang bersifat animasi interaktif ini. Dengan adanya animasi interaktif ini pengajar dapat meningkatkan minat belajar anak muridnya dengan harapan siswa dapat dengan mudah memahami isi materi yang dipelajari. Adapun manfaat yang dapat diambil dari aplikasi ini diharpkan dapat membantu nsiswa sekolah dasar mempelajari inggris.
Kata Kunci: Animasi Interaktif, Media Pembelajaran, Tata Surya
Azwar Anas, Wahyu Hardyanto, dan Isa Akhlis. (2006,
Juli).Pengembangan Program VRML (Virtual Realty Modelling Languange) Untuk
E-Learning Berbasis Web terintegrasi dalam PHP MY-SQL Mata kuliah Ilmu
Pengetahuan Bumi Dan Antariksa Pokok Bahasan Sistem Tata Surya. Jurnal
pendidikan Fisika Indonesia, 4, 67-74.
Budi susilo, D. S. (2010). Mahire Pemograman WEB
dengan Adobe Flax. (Hernita.P, Ed.) Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia:
Andi.
Island Script. (2008). Panduan Mudah Membuat
Animasi. (A. Wahadyo, Ed.) Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia: Media
Kita.
Jevri Setia Nugraha, Wamiliana, dan Dian Kurniasari.
(2012). Jurnal Komputasi. Pembuatan Media Pengenalan Tata Surya dan
exoplanet dengan menggunakan unity untuk sekolah menengah pertama, 1,
63-70.
Multimedia Pembelajaran Tata Surya dengan pendekatan
Inkuiri bagi kelas X SMK. (2010, April). jurnal teknologi informasi, 6,
38-42.
Redaksi Kawan Pustaka. (2008). Pintar 256 Software
Komputer. (A. Irmawan, Ed.) Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia:
Redaksi Kawan Pustaka.
Roger S. Pressman. (2010). Software Engineering.
the united states : Higher Education.
Soma, I. H. (2007). Pengenalan 3DX Max.
Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia: PT Elex Media Kompotido.
Sulyanto, d. (2010). Pembelajaran Autocad Dengan Modus
Interaktif. Volume 6, No.2 (ISSN 1414-9999).
Sommerville. (2009). Software Enginering. The
United States Of Amerika: Pearson.
Teguh Wahyono. (n.d.). Membuat Sendiri Aplikasi
Dengan Memanfaatkan Barcode. Indonesia: Elex Media Komputido.