Dalam
penyampaian materi disebagian besar sekolah saat ini masih mengunakan sistem
seperti sekolah-sekolah pada umumnya,yaitu guru menyampaikan materi didepan
kelas dengan sarana papan tulis dengan kapur atau spidol untuk memberikan
contoh atau gambaran kepada siswa didiknya. Dengan penyampaian materi pelajaran
seperti itu,kualitas ilmu yang tersampaikan kepada siswa cenderung monoton,
kreatifitas siswa tidak berkembang dan suasana kelas menjadi biasa saja. Oleh
karena itu sebagai inovasi dan salah satu cara untuk mendekat siswa dengan
sarana teknologi informasi yaitu komputer,diperlukan adanya media pembelajaran
berbasis multimedia yang dapat membantu kegiatan penyampaian materi pada para
siswa. Diharapkan dengan penyampaian materi mengunkan media pembelajaran
berbasis multimedia ini akan lebih mudah diingat karena indra para siswa lebih
dipancing untuk semakin aktif,khususnya indra penglihatan dan pendengaran. Penulis membuat bahan penulisan didapat dari hasil pengamatan,
wawancara dan referensi buku-buku dari perpustakaan. Adapun program yang
diambil adalah tentang pembelajaran pengenalan
bangun ruang, dimana pembelajaran pada saat ini hanya dengan buku dan guru
sebagai mediator. Maka penulis merancang suatu perangkat pembelajaran
pengenalan bangun ruang berrbasis animasi interaktif. Dengan menggunakan
perangkat pembelajaran ini tentu saja akan mempermudah dan mempercepat
penyampaian informasi serta semakin menarik siswa untuk belajar tentang
pengenalan bangun ruang. Agar perangkat pembelajaran dapat berjalan dan
menarik,penulis berusaha untuk merancang perangkat pembelajaran dengan animasi
intreaktif dengan mengunakan Adobe Flash
CS. Didalam animasi ini terdapat materi pengertian bangun ruang,
rumus-rumus bangun ruang, ciri-ciri bangun ruang.
Kata Kunci:
Animasi Interaktif, Pengenal Bangun Ruang, Flash
Binanto,
Iwan. 2010. Multimesia Digital DasarTeori + Pengembangannya. Yogyakarta: C.V
Andi.
Habibie,
ady. 2010. Gudang Rumus Matematika SD/MI Kelas 4-6. Tangerang
Selatan: Iloken Media 2010
Hartanto,
Agus. 2013. Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Balok Dengan Aplikasi
Multimedia Interaktif Di SD Negeri Teguhan Sragen. Vol 2 No.1, Maret 2013. Diambil dari: http// http://ejournal.unsa.ac.id/index.php/seruni/article/view/700
Hasrul, Bakri. 2011. Desian Media
Pembelajaran Animasi Berbasis Abobe Flash CS3 Pada Mata Kuliah Instalasi
Listrik 2. Vol 3 No . 2, Oktober 2011, Diambil Dari: http://www.ft-unm.net/medtek/Jurnal_MEDTEK_Vol.3_No.2_Oktober_2011_pdf/Jurnal%20Hasrul%20Bakri.pdf
Preesman,
Roger S. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi
Rusita,
Esti. 2013. Pembuatan Media Pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Kelas III
Mengunakan Komputer
Multimedia Sekolah Dasar.
Vol 2 No. 1, Maret 2013, Diambil dari:
http://ejournal.unsa.ac.id/index.php/seruni/article/view/687
Wibowo,
EndroJoko. 2013. Media Pembelajaran Interaktif Matematika Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas
IV. Vol 2 No. 1, Maret 2013, Diambil dari: http://ejournal.unsa.ac.idindex.phpseruniarticleview698
Widodo,
Prabowo Pudjo dan Herlawati. 2011. Menggunakan UML. Bandung: Informatoka