Perancangan Animasi Interaktif Pengenalan Bangun Ruang Untuk Siswa Sekolah Dasar

research
  • 28 May
  • 2018

Perancangan Animasi Interaktif Pengenalan Bangun Ruang Untuk Siswa Sekolah Dasar

Dalam penyampaian materi disebagian besar sekolah saat ini masih mengunakan sistem seperti sekolah-sekolah pada umumnya,yaitu guru menyampaikan materi didepan kelas dengan sarana papan tulis dengan kapur atau spidol untuk memberikan contoh atau gambaran kepada siswa didiknya. Dengan penyampaian materi pelajaran seperti itu,kualitas ilmu yang tersampaikan kepada siswa cenderung monoton, kreatifitas siswa tidak berkembang dan suasana kelas menjadi biasa saja. Oleh karena itu sebagai inovasi dan salah satu cara untuk mendekat siswa dengan sarana teknologi informasi yaitu komputer,diperlukan adanya media pembelajaran berbasis multimedia yang dapat membantu kegiatan penyampaian materi pada para siswa. Diharapkan dengan penyampaian materi mengunkan media pembelajaran berbasis multimedia ini akan lebih mudah diingat karena indra para siswa lebih dipancing untuk semakin aktif,khususnya indra penglihatan dan pendengaran. Penulis membuat bahan penulisan didapat dari hasil pengamatan, wawancara dan referensi buku-buku dari perpustakaan. Adapun program yang diambil adalah tentang pembelajaran pengenalan bangun ruang, dimana pembelajaran pada saat ini hanya dengan buku dan guru sebagai mediator. Maka penulis merancang suatu perangkat pembelajaran pengenalan bangun ruang berrbasis animasi interaktif. Dengan menggunakan perangkat pembelajaran ini tentu saja akan mempermudah dan mempercepat penyampaian informasi serta semakin menarik siswa untuk belajar tentang pengenalan bangun ruang. Agar perangkat pembelajaran dapat berjalan dan menarik,penulis berusaha untuk merancang perangkat pembelajaran dengan animasi intreaktif dengan mengunakan Adobe Flash CS. Didalam animasi ini terdapat materi pengertian bangun ruang, rumus-rumus bangun ruang, ciri-ciri bangun ruang.
        
Kata Kunci: Animasi Interaktif, Pengenal Bangun Ruang, Flash
 
 
 
 

REFERENSI

Binanto, Iwan. 2010. Multimesia Digital DasarTeori + Pengembangannya. Yogyakarta: C.V Andi.

 

Habibie, ady. 2010. Gudang Rumus Matematika SD/MI Kelas 4-6. Tangerang Selatan: Iloken Media 2010

 

Hartanto, Agus. 2013. Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Balok Dengan Aplikasi Multimedia Interaktif Di SD Negeri Teguhan Sragen.    Vol 2 No.1, Maret 2013. Diambil dari: http// http://ejournal.unsa.ac.id/index.php/seruni/article/view/700

 

Hasrul, Bakri. 2011. Desian Media Pembelajaran Animasi Berbasis Abobe Flash CS3 Pada Mata Kuliah Instalasi Listrik 2. Vol 3 No . 2, Oktober 2011, Diambil Dari: http://www.ft-unm.net/medtek/Jurnal_MEDTEK_Vol.3_No.2_Oktober_2011_pdf/Jurnal%20Hasrul%20Bakri.pdf

 

Preesman, Roger S. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi

Rusita, Esti. 2013. Pembuatan Media Pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Kelas III Mengunakan Komputer Multimedia Sekolah Dasar. Vol 2 No. 1, Maret 2013, Diambil dari: http://ejournal.unsa.ac.id/index.php/seruni/article/view/687

 

Wibowo, EndroJoko. 2013. Media Pembelajaran Interaktif Matematika Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas IV. Vol 2 No. 1, Maret 2013, Diambil dari:  http://ejournal.unsa.ac.idindex.phpseruniarticleview698

 

Widodo, Prabowo Pudjo dan Herlawati. 2011. Menggunakan UML.             Bandung: Informatoka