Sistem Pakar Berbasis Web Kerusakan Pada Mesin Electronic Data Capture (EDC)

research
  • 24 May
  • 2018

Sistem Pakar Berbasis Web Kerusakan Pada Mesin Electronic Data Capture (EDC)


        EDC  adalah  singkatan  dari  Electronic  Data  Capture.  Fungsi  EDC  ini  untuk  bertransaksi  Debit/Tunai/Kartu kredit. EDC banyak digunakan oleh kasir-kasir di berbagai  tempat pembelanjaan (Indrajani, 2008). Pada Mei 2014 mesin EDC yang ditangani oleh PT. Visionet Internasional untuk area Sukabumi sebanyak 580 EDC Bank mandiri, 7 EDC Bank BRI, 20 EDC Bank CIMB Niaga, 40 EDC Bank BNI, 1 EDC Bank Mega, dan 2 EDC Bank Pertama, mesin EDC tersebut tersebar di merchant-merchant diantaranya alfamart, hotel selabintana, resort pangrango, terus jaya motor, dan lain-lain (Hakim, 2014). Berdasarkan uraian tersebut, dibutuhkan alat bantu sebagai pengganti teknisi yang akan membantu kinerja seorang teknisi EDC dalam mendiagnosa kerusakan pada mesin EDC. Alat bantu tersebut berupa sebuah perangkat lunak sistem pakar untuk mendiagnosa kerusakan mesin EDC dan memberikan saran penanganan yang tepat sesuai dengan petunjuk seorang pakar dibidangnya untuk tiap jenis kerusakan yang ditemukan oleh merchant.

REFERENSI

Arief, M Rudyanto. 2011. Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP & MySQL. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Darma, dkk. 2010. Buku Pintar Menguasai Internet. Jakarta: Mediakita.
Depriyanto, Wamiliana, & Aristoteles. (2012). Pengembangan sistem pakar berbasis web mobile untuk mengidentifikasi penyebab kerusakan telepon seluler dengan menggunakan metode forward dan backward chaining. Journal Komputasi, 1-9.
Fatta, Hanif Al. 2007. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Hakim, F. R. (2014, Juni 2). Mesin EDC yang ditangani oleh PT. Visionet Internasional untuk area Sukabumi. (A. M. Aji, Interviewer).
Honggowibowo, A. S. (2009). Sistem Pakar Diagnosa Tanaman Padi Berbasis Web Dengan Forward dan Backward Chaining. Telkomnika, Vol. 7, No. 3, 187-194.
Indrajani. (2008). Analisis dan perancangan aplikasi edc gateway. Seminar Nasional Informatika (semnasIF), 365-371.
Iswanti, Sari. 2008. Sistem Pakar Dan Pengembangannya. Yogyakarta:        Graha Ilmu.
Jamal, A., & Purnama, B. E. (2014). Rancang Bangun Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Notebook Pada Widodo Computer Ngadirojo Kabupaten Pacitan. Indonesian Jurnal on Computer Science (Volume 11 No.1), 55-61.
Khairil. (2009). Penerapan expert system untuk troubleshooting pada perangkat keras komputer berbasis multimedia. Media Infotama, Volume 4, No.8,1-8.
Mertayasa Putu, Cipta Wayan, dan Suwendra I Wayan. (2014). Pengaruh return on asset dan economic value added terhadap market value added pada perusahaan perbankan go public. e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen (Volume 2), 1-8.
Nugroho, Adi. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek dengan metode USDP. Yogyakarta: Andi Offset.
Pressman, R. S. (2010). Software Engineering a Practitioner's approach.
Tolle, H. (2008). Pengantar Sistem Pakar. Diakses tanggal 28 Mei 2014. http://www.hermantolle.com/blog/file-sharing/.
Widodo, Prabowo Pudjo, Herlawati. 2011. Menggunakan UML. Bandung:      Informatika.