Haviz Hardianto (11160254), Perancangan Animasi Interaktif Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Android Pada SD Negeri 01 Tegal Alur Jakarta.
Bahasa adalah alat yang digunakan untuk komunikasi, bahasa inggris merupakan bahasa paling banyak digunakan dalam berkomunikasi secara internasional. Bahasa inggris akan lebih mudah di ajarkan pada anak sejak usia dini. Namun, pada umumnya anak – anak mengalami kesulitan mempelajari bahasa asing, terutama bahasa inggris. Oleh karena itu diperlukan metode pembelajaran yang menyenangkan, kontekstual, efektif, efisien, dan bermakna. Pemilihan suatu metode pembelajaran sangat penting sekali dilakukan. Metode yang paling digemari oleh anak – anak adalah dengan menerapkan pembelajaran bahasa inggris dengan menggunakan metode permainan (game). Sarana pembelajaran bahasa inggris dengan metode permainan (game) merupakan salah satu inovasi yang banyak digemari oleh kalangan anak usia dini, dimana anak – anak di usia dini masih sangat senang bermain. Maka dari itu alangkah baiknya jika sebuah permainan anak yang dimainkan dapat mendidik anak sebagai sarana untuk belajar. Game yang dibuat akan berjalan di smartphone berbasis android. Hasil yang didapat menyatakan bahwa aplikasi edukasi berbasis android digunakan untuk membantu anak belajar bahasa inggris. Selain itu aplikasi edukasi bahasa inggris ini dapat membantu menunjang daya ingat anak-anak yang masih sangat peka terhadap apa yang dilihat. Dengan bantuan gambar, anak – anak akan cepat belajar.
Kata Kunci: Android, Game, Smartphone
Andriyanto, Bambang.2010. Konten Jardiknas Pembuatan Animasi dengan Macromedia Flash8. Jakarta:Kementrian Pendidikan Nasional.
Binanto, Iwan. 2010.Multimedia Digital Dasar + Teori. Yogyakarta: ANDI
Ismanto, Heru. 2012. Pembuatan Alat Bantu Ajar Bahasa Inggris Pada TK OKKI
International Menggunakan Macromedia Flash Profesional 8. ISSN: 2089-
6697: Jurnal Ilmiah Mustek anim Ha Vol.1 No.1, April 2012.
Komputer. Wahana. 2012. Adobe Flash CS6. Yogyakarta: Andi.
Madcoms. 2012. Adobe Photoshop CS6. Yogyakarta: Andi.
Madcoms. 2007, Mahir Dalam 7 HAri Macromedia Flash Pro 8. Yogyakarta: Andi Offiset
Munir, 2012. Multimedia ( Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan ). Bandung :Alfabeta
Nugroho, Sentot. 2013. Pembuatan Media Pembelajaran Pengenalan Dasar
Bahasa Inggris Kelas Satu dan Dua Pada Sekolah Dasar Negeri Kacangan
2.ISSN: 2302-1136. Vol 2. No 1. Maret 2013
Pressman, Roger S. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak-Buku Satu, Pendekatan Praktisi (Edisi 7). Yogyakarta: ANDI.
Santi. Isma Trisna. 2014. Pembuatan Game Pembelajaran Pengenalan Huruf Hijaiyah Di Taman Kanan-kanak(TK) Az-Zalfa Sidoharji Pacitan. Volume 11 No 4 - 2014.
Susilana dan Riyana. 2009. Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima
Triadi. 2013. Bedah Tuntas Fitur Android. Yogyakarta: Great! Publisher
Wijayanto, Ridho. 2014. Perancangan Animasi Interaktif Pembelajaran Bahasa
Inggris Untuk Kelas 2 Pada MI Nurul Falah Ciater. Vol.II No.1 Maret 2014
Yasin, Verdi. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek Pemodelan, Arsitektur dan Perancangan (Modeling Architecture and Design). Jakarta : Mitra WAcana Media