Akhmad Zaini (11135111), Perancangan Animasi Interaktif Edukatif Rambu-rambu Lalu Lintas Berbasis Android Untuk Siswa Sekolah Dasar
Media pembelajaran yang hanya mengandalkan alat-alat seperti buku, kertas, pensil atau pena dalam proses belajar-mengajar menyebabkan terjadinya ketidak lancaran komunikasi antara orang tua atau guru dengan anak atau siswa. Animasi intarktif media pembelajaran yang cukup populer saat ini. Penyampaian yang lebih interaktif dan berwarna serta memiliki nilai seni dan kreatifitas tinggi dalam penyampaian materi, menjadikan pengaruh yang signifikan dibandingkan dengan menyampaikan informasi secara manual. Pembuatan animasi interaktif yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran disini adalah untuk mengenalkan tata tertib berlalu lintas kepada siswa sekolah dasar.
Dalam memenuhi target pemahaman siswa terhadap informasi yang disampaikan, dibuat beberapa bagian/scene tahapan. Bagian-bagian tersebut adalah bagian pengenalan rambu-rambu yaitu: rambu larangan, rambu perintah, rambu petuinjuk soal latihan. Anak-anak lebih menyukai belajar dengan menggunakan animasi interaktif dibandingkan dengan buku, siswa akan lebih cepat memahami tentang rambu-rambu lalu lintas,dan belajar jadi lebih menyenangkan.
Kata Kunci : Animasi, Edukatif, Interaktif, Rambu Lalu Lintas.
Azhar Arsyad.(2011). Media Pembelajaran. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada. ED (2009).Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Yudhistira.
Bagus Ida Adi Jaya, dkk. 2015. Game Edukasi Rambu Lalu Lintas Berbasis Android. Vol.3 No -2015.
Kadir, Abdul dan Triwahyuni. Terra Ch. 2005. Pengenalan Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi.
Komputer Wahana. 2012. Adobe Flash CS6. Yogyakarta: Andi. Madcoms.2012. Adobe Flash CS6. Yogyakarta: Andi.
Nalurita Lia dkk (2010:47) Bahasa Ajar Kesembangunan dan Simetri Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Menggunakan Macro Media Flash di Kelas 5 Dasar. Volume 4 no.1 Juni 2010
Prabowo Arief dan Mei P. Kurniawan (2012) Perancangan Iklan Layanan Masyaralfa kat “Tertib Lalu Lintas” Berbasis Animasi 2D Sebagai Media Sosialisasi DitLanTas Polda DIY.
Pressman, Roger S. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak- Buku Satu, Pendekatan Praktisi (Edisi 7 ). Yogyakarta: Andi.
Siddik dkk (2016 :57) Rancang Bangun Media Pembelajaran Kampanye Sefty Reding Berbasis Animasi Interaktif. Volume XVIII No.1. 2016.
Santi. Isma Trisna. 2014. Pembuatan Game Pembelajaran Pengenalan Huruf Hijaiyah Di Taman Kanak-Kanak(TK) az-Zalfa Sidoharji Pacitan. Volume 11 No 4 – 2014.
Wardani Galih Wuri, Warjiyono (2014:55) Perancangan Animasi Interaktif Berbentuk Puzzle Guna Melatih Kecerdasan Visual Spasial Anak Volume II No.1 Maret 2014